10 Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024
3 mins read

10 Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024

Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia – Bingung mau melanjutkan kuliah di mana? Politeknik adalah salah satu jenis perguruan tinggi dengan pilihan jenjang vokasi (diploma dan sarjana terapan). Tentunya ini bisa jadi pilihan, apalagi jika kamu lebih suka pembelajaran yang banyak praktik.

Kuliah di jenjang vokasi akan memiliki komposisi pembelajaran praktik yang lebih banyak, dengan perbandingan rata-rata 70% praktik dan 30% teori, sebagai upaya mempersiapkan mahasiswanya untuk siap terjun di dunia kerja dan berkompeten di bidangnya. Bidang pendidikan di politeknik sangat beragam, mulai dari teknologi, pertanian, media, tata niaga dan banyak lagi bidang lainnya.

Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Berdasarkan situs pemeringkatan Webometrics tahun 2024, daftar Politeknik negeri dan swasta yang berada di bawah binaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berikut masuk dalam peringkat 10 terbaik di Indonesia:

1.    Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

PENS berlokasi di Jl. Raya ITS, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111. Kampus vokasi ini menempati peringkat Nasional 25.

2.    Politeknik Pertanian Negeri Kupang

Kampus ini berlokasi di Jl. Prof. Dr. Herman Johanes, Lasiana, Kec. Klp. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim. Politanikoe menempati peringkat Nasional ke 136.

3.    Politeknik Negeri Lhokseumawe

PNL berlokasi di Jl. Medan – Banda Aceh No.Km. 280 3, RW.Buketrata, Mesjid Punteut, Kec. Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh 24301. Dan menempati posisi ke 146.

Baca juga: Pendaftaran Universitas Pancasila 2024: Program Studi, Syarat Pendaftaran, dan Materi Tesnya

4.    Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

PPNS beralamat di Jl. Teknik Kimia, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111, dan mendapat peringkat nasional 148.

5.    Politeknik Negeri Tanah Laut

Politala berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.Km.06, Pemuda, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70815. Kampus vokasi ini mendapat peringkat nasional 167.

6.    Politeknik Negeri Banjarmasin

Politeknik Negeri Banjarmasin berlokasi di Jl. Brig Jend. Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70124. Lalu kampus ini mendapat peringkat nasional 171.

7.    Politeknik Negeri Batam

Kampus Politeknik Negeri Batam berada di Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29461. Kampus ini mendapat peringkat nasional 178.

8.    Politeknik Negeri Manado

Kampus yang biasa disebut Polimdo ini berlokasi di Jl. Raya Politeknik, Buha, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara. Polimdo menempati peringkat nasional 179.

9.    Politeknik Harapan Bersama Tegal

Poltekharber berlokasi di Jl. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah 52147. Kampus Poltekharber menempati peringkat nasional 199.

10. Politeknik Negeri Malang

Polinema atau Politeknik Negeri Malang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No.9, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141. Polinema menempati posisi ke 203 dalam peringkat nasional Politeknik terbaik di Indonesia.

Webometrics melakukan pemeringkatan dengan menggunakan 3 indikator penilaian, di antaranya adalah visibility, opennes, dan excellence. Masing-masing menggunakan bobot 50%, 10% dan 40%.

Indikator Visibility menilai web content impact, yakni dampak dari informasi yang dipublikasi di website perguruan tinggi. Openness menilai jumlah sitasi, dengan menggunakan data yang berasal dari Google Scholar Profiles. Lalu untuk Excellence akan menilai banyaknya karya tulis di sitasi, dengan data dari Scimago.

Jadi demikianlah 10 daftar Politeknik terbaik di Indonesia versi Webometrics 2024. Dari 10 daftar tersebut, kira-kira kampus Politeknik mana yang akan jadi pilihan kamu untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One thought on “10 Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *