Introvert Takut Pilih Jurusan Kuliah? Ini 6 Jurusan yang Cocok untuk Perempuan Introvert
4 mins read

Introvert Takut Pilih Jurusan Kuliah? Ini 6 Jurusan yang Cocok untuk Perempuan Introvert

Jurusan yang Cocok untuk Perempuan Introvert – Menjadi seorang perempuan yang introvert sering kali menguras energi ketika terlalu lama berinteraksi dengan banyak orang. Ketika seseorang yang introvert kehabisan energi, risiko yang akan timbul biasanya akan stress dan emosinya jadi tidak stabil. Hal ini sangat bisa berisiko merusak suasana. Oleh karena itu kamu memerlukan lingkungan yang sesuai, termasuk dalam memilih jurusan kuliah.

Jurusan yang Cocok untuk Perempuan Introvert

Seorang introvert rata-rata akan membutuhkan lingkungan yang tidak terlalu ramai dan tidak perlu banyak interaksi. Berikut beberapa rekomendasi jurusannya:

1.    Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika berfokus pada pengembangan sistem operasi, perangkat lunak, dan kinerja komputer. Untuk kamu yang memilih jurusan ini, bisa dipastikan dalam perkuliahannya kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Jadi kamu tidak akan sering-sering berinteraksi dengan banyak orang.

Untuk lulusannya memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan bekerja di bidang IT, dan posisi yang bisa didapatkan adalah menjadi seorang programmer web, programmer aplikasi, sampai dengan UI-UX Desainer. Banyak sekali perusahaan dan bidang industri lain yang membutuhkan, kamu bisa bekerja sebagai karyawan tetap atau bisa juga bekerja menjadi freelancer yang menangani banyak klien secara online maupun offline.

2.    Akuntansi

Jurusan kedua ada jurusan akuntansi, yang lebih identik dan mayoritas diisi dengan perempuan. Tentunya di jurusan ini kamu akan selalu bertemu dengan perhitungan, dan sangat membutuhkan ketelitian dan kedisiplinan. Nah dalam jurusan ini, kamu akan sangat minim berinteraksi langsung dengan orang, jadi sangat cocok untuk kamu perempuan yang introvert.

Jurusan ini juga menjadi jurusan yang banyak diminati di hampir setiap kampus, termasuk kampus unggulan seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian menghitung, mengelola dan membuat laporan keuangan bagus.

Baca juga: Fakultas Apa Saja Yang Ada Di UNY? Ini Daftar Fakultas Dan Program Studinya, Lengkap!

3.    Farmasi

Lalu kalau kamu ingin bekerja di bidang kesehatan, kamu bisa memilih jurusan farmasi ini. Jurusan ini akan sangat minim bertemu dengan banyak orang setelah dalam dunia kerja nanti, jika dibandingkan dengan dokter atau perawat. Jurusan ini akan mempelajari seputar obat-obatan, termasuk bagaimana cara mengenali struktur senyawa obat dan cara membentuk molekul dari senyawa-senyawa kimia tersebut. Tentunya kamu harus membuat obat-obatan yang sesuai dengan ketentuan Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM).

4.    Ilmu Perpustakaan

Kalau kamu perempuan introvert dan suka membaca dan sering berkunjung ke perpustakaan, jurusan ini bisa dijadikan pilihan. Jurusan ini akan melibatkan banyak keahlian di bidang informasi, manajemen dan pendidikan dengan tujuan mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data-data literasi.

5.    Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kalau kamu menyukai desain dan mengombinasikannya dengan nilai estetika, jurusan DKV ini cocok untuk kamu coba. Kamu akan belajar seputar desain grafis, ilustrasi, tipografi, fotografi dan media digital. Jurusan ini tidak hanya menghasilkan karya yang memanjakan mata, tapi juga menarik psikologis orang-orang yang melihatnya.

Jadi di dalam desain yang dihasilkan, harus terkandung makna atau pesan yang jelas dan menarik. Kemampuan ini banyak dibutuhkan perusahaan sebagai trik marketingnya. Untuk prospek kerjanya, kamu berkesempatan bekerja di bidang film, animasi, periklanan, game, dan pengembangan aplikasi.

6.    Arsitektur

Jurusan arsitektur ini juga bisa kamu coba, karena rata-rata mahasiswa jurusan ini akan banyak melakukan pengamatan, analisis, dan refleksi yang lebih mendalam guna menghasilkan perancangan desain termasuk perancangan anggaran yang sesuai. Kalaupun harus berinteraksi, biasanya mahasiswa akan dibagi dalam kelompok kecil sehingga tidak begitu menguras energi.

Kamu yang introvert biasanya akan cenderung puas dalam penelitian, analisis data, atau juga kerja secara mandiri untuk memahami teori-teori psikologi dan memecahkan masalah.

Bagaimana, itu dia 6 pilihan jurusan yang cocok untuk perempuan introvert. Apakah ada jurusan yang menarik perhatian kamu?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One thought on “Introvert Takut Pilih Jurusan Kuliah? Ini 6 Jurusan yang Cocok untuk Perempuan Introvert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *