Tidak Cuma untuk Laki-Laki! 6 Jurusan Teknik Untuk Perempuan Ini Bisa Jadi Pilihan
4 mins read

Tidak Cuma untuk Laki-Laki! 6 Jurusan Teknik Untuk Perempuan Ini Bisa Jadi Pilihan

Jurusan Teknik Untuk Perempuan – Jurusan teknik sering kali lebih banyak diisi oleh laki-laki, karena identiknya pekerjaan yang dilakukan berat dan berisiko.  Meski begitu, masih banyak loh jurusan teknik yang bisa dipilih para kaum perempuan. Jurusan teknik juga menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja bagus dan dibutuhkan setelah lulus nanti. Nah, kira-kira jurusan teknik apa saja yang bisa direkomendasikan untuk perempuan?

6 Jurusan Teknik Untuk Perempuan

Beberapa rekomendasi berikut memiliki perbandingan yang imbang bahkan didominasi oleh perempuan, pilihannya antara lain:

1.    Jurusan  Teknik Informatika

Pertama ada jurusan teknik di bidang informatika. Jurusan ini bisa dibilang lebih banyak diisi oleh mahasiswa perempuan dibandingkan laki-laki. Untuk prospek kerjanya pun ada di bidang informatika, dengan posisi mulai dari bidang database warehouse, sebagai konsultan IT, analis sistem, software engineer, web engineer, game developer dan jaringan komputer.

2.    Jurusan Teknik Kimia

Jurusan ini juga bisa jadi pilihan, yang mempelajari teknologi perancangan pabrik, mulai dari pabrik kimia, bioproses, makanan dan lainnya. Untuk prospek profesi kerjanya bisa di berbagai bidang seperti industri hulu & hilir perminyakan & gas alam, industri EPC (engineering, procurement & construction) sebagai quantity surveyor, site engineer, design engineer.

3.    Jurusan Arsitektur

Selanjutnya adalah jurusan Arsitektur, yang rata-rata masuk dalam fakultas Teknik. Mahasiswa arsitektur akan belajar seputar teori arsitektur modern, utilitas/kelengkapan bangunan, material bangunan, sistem struktur bangunan, desain bangunan, desain perkotaan dan hal lainnya.

Prospek kerjanya pun tentu bisa menjadi Arsitek, konsultan bangunan/gedung, peneliti lingkungan dan perkotaan, dosen arsitektur dan kementerian/lembaga pemerintah seperti Kementerian PUPR, Tata Ruang, Bappenas/Bappeda dan lain sebagainya.

Baca juga: 20 Prodi Psikologi Terbaik Di Indonesia Versi UniRank 2024

4.    Jurusan Teknik Industri

Jurusan ini juga sangat cocok untuk para perempuan. Prospek kerja lulusannya sangat terbuka di bidang industri, antara lain: bidang manufaktur/pabrik, bidang sistem informasi, bidang pengolahan big data, bidang logistik, bidang keuangan, bidang pemasaran manajemen SDM, konsultan manajemen, konsultan SDM, konsultan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan lain-lain.

5.    Jurusan Teknik Industri Pertanian

Selanjutnya jurusan ini menawarkan prospek karir yang luas, termasuk di industri pangan dan minuman dalam produksi, riset dan pengembangan, kontrol kualitas (QC), serta pemasaran produk-produk seperti roti, sosis, kecap, sambal, biskuit, kopi, susu, gula, daging, beras, minyak goreng, sirup, dan minuman ringan seperti Coca Cola dan Sprite, serta lainnya.

Selain itu, lulusan juga dapat mengembangkan karir di industri agribisnis atau agroteknologi lainnya yang banyak di Indonesia. Mereka dapat bekerja di instansi pemerintah sebagai tenaga periset dan analis kebijakan untuk pengembangan industri pangan, keamanan pangan, gizi, standarisasi mutu pangan, dan kebutuhan pangan nasional. Alternatif lainnya adalah menjadi penyuluh pangan atau berwirausaha di bidang pangan dan kuliner.

6.    Jurusan Perencanaan Wilayah dan Perkotaan

Rekomendasi terakhir di jurusan teknik adalah jurusan perencanaan wilayah dan perkotaan. Mahasiswa perempuan bahkan imbang dengan jumlah mahasiswa laki-laki. Jurusan ini akan mempelajari seputar mempelajari kondisi spasial dan merencanakannya untuk kebutuhan masa depan.

Lulusan PWK dapat mengembangkan karir mereka sebagai tenaga ahli di berbagai konsultan yang mengurus Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW) Provinsi/Kabupaten, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), serta Rencana Tata Letak Bangunan, dan sebagainya. Mereka juga dapat bekerja sebagai pegawai negeri (ASN) di Kementerian seperti Kementerian PU, Kementerian Perumahan Rakyat, atau lembaga pemerintah lainnya seperti Bappenas/Bappeda, BPPT, Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah, atau sebagai tenaga ahli di DPR/DPRD, dan sejenisnya.

Demikianlah 6 rekomendasi jurusan teknik untuk perempuan yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa cari tahu lebih mendalam untuk masing-masing pilihannya, pastikan juga kamu sudah mengetahui sistem pembelajaran sampai peluang kerjanya. Semoga bermanfaat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *