Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja, Ini 10 Universitas yang Ada Jurusan Cyber Security
3 mins read

Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja, Ini 10 Universitas yang Ada Jurusan Cyber Security

Universitas yang Ada Jurusan Cyber Security –Semakin melesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula bidang-bidang baru yang akan bermunculan untuk mengimbanginya. Salah satunya adalah cyber security, yang meskipun tidak bisa dikatakan baru namun bidang ini menjadi sesuatu yang harus ada mengiringi perkembangan teknologi.

Maka dari itu jurusan kuliah cyber security juga sangat dibutuhkan untuk menghasilkan SDM profesional yang bisa melindungi keamanan siber. Sistem yang dilindungi di antaranya adalah perangkat keras, perangkat lunak, dan juga data. Mahasiswa jurusan cyber security nanti akan belajar seputar computer network, cyber law, database system, dan lain sebagainya.

10 Universitas yang Ada Jurusan Cyber Security

Di Indonesia belum banyak kampus yang membuka jurusan Cyber Security. Nah berikut ada 10 kampus unggulan yang buka jurusan Cyber Security, antara lain:

1.    Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Kampus pertama yang menyediakan jurusan Cyber Security adalah Binus yang menerapkan program pendidikan berbasis proyek. Mahasiswanya akan belajar sambil langsung menerapkan ilmu keamanan siber di industri atau lembaga pemerintah.

2.    Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN)

Kedua ada perguruan tinggi kedinasan Poltek SSN yang menggunakan nama prodi Rekayasa Keamanan Siber (RKS). Sekdin ini juga menerapkan jenjang pendidikan vokasi, yang membuat Taruna dan Taruninya akan lebih banyak mendapatkan pembelajaran praktik dibandingkan teori, dengan perbandingan 60:40.

3.    Telkom University

Tel-U juga tidak ketinggalan, program studinya menggunakan nama Cyber Security and Digital Forensic untuk jenjang S2. Dan untuk jenjang S1 ada jurusan Teknologi Informasi yang berfokus pada ilmu tentang Internet of Things (IoT) dan cyber security.

Baca juga: Tidak Cuma Untuk Laki-Laki! 6 Jurusan Teknik Untuk Perempuan Ini Bisa Jadi Pilihan

4.    Institut Teknologi Bandung

PTN ternama kebanggaan Indonesia, ITB juga membuka program studi cyber security namun untuk jenjang S2. Program studi ini berada di bawah Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI-ITB).

5.    Politeknik Negeri Batam

Selanjutnya Politeknik Negeri Batam, yang mendidik mahasiswa prodi D4 Rekayasa Keamanan Siber yang memiliki kemampuan unggul di bidang keamanan siber dan jaringan. Mahasiswa siber Poltek Batam juga akan belajar arsitektur keamanan, kriptografi terapan, manajemen risiko keamanan siber, dan sebagainya.  

6.    Universitas Surabaya

Ubaya atau Universitas Indonesia membuka jurusan cyber security dengan nama jurusan network & Cyber Security. Kurikulumnya sendiri terbagi ke dalam bidang network infrastructure technology, network security, dan data security.

7.    Universitas Tanjungpura (Untan)

Untuk jurusan di Universitas Tanjungpura (Untan) ini adalah jurusan Sistem Komputer. Mahasiswanya akan mempelajari bahasa pemrograman, networking, dan juga embedded system. Untuk tujuan pembelajarannya sendiri adalah “Membangun Ekosistem Digital Menuju Universitas Siber”.

8.    Politeknik Bhakti Semesta

Selanjutnya adalah kampus yang berada di kota Salatiga, Jawa Tengah. Jurusannya bernama Rekayasa Keamanan Siber, dan sudah mendapatkan sertifikasi internasional di antaranya: CISCO, Mikrotik, dan EC-Council.

9.    Politeknik Piksi Input Serang

Jurusan Cyber Security di Politeknik Piksi Input Serang dibuka dalam jenjang Sarjana (S1), dengan tujuan menghasilkan aparatur keamanan siber yang unggul. Kampus ini bahkan menjalin kemitraan dengan banyak lembaga.

10. Politeknik Negeri Cilacap

Terakhir ada Politeknik Negeri Cilacap yang membuka jurusan dengan nama Rekayasa Keamanan Siber dengan jenjang pendidikan Diploma IV. Lulusannya akan memiliki prospek kerja sebagai cyber security analyst, network security administrator, atau, vulnerability assessment analyst.

Demikianlah 10 universitas yang ada jurusan Cyber Security di Indonesia. Jadi dari 10 rekomendasi tadi, mana yang kira-kira jadi pilihan kamu?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One thought on “Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja, Ini 10 Universitas yang Ada Jurusan Cyber Security

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *