Tips Lolos Seleksi PTN 2025, Lakukan 5 Persiapan Ini dari Sekarang!
3 mins read

Tips Lolos Seleksi PTN 2025, Lakukan 5 Persiapan Ini dari Sekarang!

Tips Lolos Seleksi PTN 2025 – Ada ratusan ribu lulusan SMA yang mengincar perguruan tinggi negeri (PTN) untuk melanjutkan studi. Tak heran jika jalur masuk PTN, baik SNBP, SNBT, dan seleksi mandiri selalu memiliki tingkat persaingan yang tinggi.

Untuk masuk PTN favorit memang tidak mudah. Namun, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan peluang lolos seleksi PTN 2025

Lantas, apa saja tips lolos seleksi PTN yang perlu diperhatikan? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tips Lolos Seleksi PTN 2025

  • Buat timeline belajar per hari

Tips lolos seleksi PTN 2025 yang pertama adalah membuat timeline belajar per hari.Kamu bisa membagi waktu berdasarkan mata pelajaran yang ingin dikuasi. Dengan begitu, kamu akan lebih terpacu dalam belajar dan melatih kedisiplinan.

Kamu juga bisa membuat deadline untuk penguasaan materi atau soal UTBK yang kamu anggap sulit.

Jangan lupa luangkan waktu untuk refreshing sejenak agar kamu terhindar dari stres. Lakukan juga hal-hal kecil yang bisa bikin kamu senang agar semakin rileks dalam belajar.

  • Pilih jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri

Setidaknya ada tiga jalur seleksi masuk PTN yang bisa kamu pilih, yakni SNBP, SNBT, dan seleksi mandiri. Masing-masing jalur seleksi mempunyai karakteristik dan persyaratannya masing-masing, sehingga membutuhkan persiapan yang berbeda pula.

Jalur SNBP ditujukan untuk menjaring siswa berprestasi, baik akademik maupun non-akademik. Oleh sebab itu, pastikan nilai rapor kamu masuk dalam 40 persen tertinggi utuk sekolah akreditasi A, 25 persen untuk sekolah akreditasi B, dan 5 persen untuk sekolah akreditasi C. Prestasi non-akademik seperti mejuarai kompetisi Saintek dan seni budaya dapat meningkatkan peluang lolos SNBP.

Pada jalur SNBT, keberhasilan seleksi tergantung pada kemampuan penalaran dan potensi skolastik. Jalur ini bertujuan menjaring siswa dengan kompetensi akademik dan skolastik tinggi.

Sementara jalur seleksi mandiri diadakan untuk menaring siswa dengan profil kompetensi akademik yang sesuai dengan profil masing-masing PTN.

  • Perbanyak latihan soal

Tips lolos seleksi PTN yang berikutnya adalah memperbanyak latihan soal, sebab berbagai macam soal yang muncul di dalam UTBK tersebut merupakan soal yang membutuhkan nalar atau berpikir secara kritis.

Untuk melakukan tips ini, kamu bisa meminjam buku-buku soal dari kakak kelas kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti program bimbingan belajar UTBK SNBT yang disediakan oleh Lembaga Bimbingan Belajar Indonesia College.

Di tempat ini, kamu akan diberi modul dan materi lengkap sehingga kamu tidak akan kesulitan ketika mengerjakan latihan soal UTBK SNBT.

Selain modul dan materi yang lengkap, di Indonesia College Anda juga akan mendapatkan tryout progresif yang materinya mirip dengan soal UTBK. Program bimbel UTBK-SNBT yang disediakan oleh Indonesia College didukung oleh pengajar yang berkualitas mahasiswa/alumni/dosen UI & UGM yang kompeten, metode cerdas, PAKEM (Pendekatan, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), serta target yang jelas disesuaikan dengan Universitas yang dituju. Sehingga kuliah di perguruan tinggi negeri bukanlah sekedar mimpi.

  • Pahami konsep dasar materi ujian UTBK

Jangan bosan-bosan untuk mendalami konsep dasar materi ujian UTBK. Sebab, tes UTBK-SNBT adalah bentuk evaluasi terhadap pengetahuan serta cara berpikir kamu. Jika kamu berhasil memahami konsep dasar, rumus yang sudah dihafal bisa kamu gunakan secara efektif.

  • Ikuti tryout atau simulasi UTBK-SNBT

Tujuan Tryout UTBK-SNBT adalah untuk mengujur sejauh makan kemampuanmu dalam menghadapi tes.

Dengan mengikuti simulasi, kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu dalam menghadapi tes. Selain itu, tryout juga ditujukan untuk melatih mental.

Nah, Indonesia college memiliki ribuan latihan soal UTBK yang mirip dengan BPPP. Yuk, cek dan daftar segera agar persiapanmu makin matang.

Sekarang kamu sudah tahu kan tips sukses masuk PTN. Kamu masih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum proses seleksi masuk PTN di tahun 2025 mendatang. Agar persiapanmu makin matang, kamu yang saat ini duduk di bangku kelas XII bisa mengikuti program bimbel UTBK-SNBT di Indonesia College. Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan https://indonesia-college.com/bimbel-utbk-snbt/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *