Menjanjikan di Masa Depan! Apa Saja Prospek Kerja Cyber Security?
4 mins read

Menjanjikan di Masa Depan! Apa Saja Prospek Kerja Cyber Security?

Prospek Kerja Cyber Security – Pernah dengar soal kejahatan cyber yang sering terjadi di  jagat maya baik melalui komputer, perangkat seluler, maupun jejaring internet? Baik individu, perusahaan sampai dengan instansi pemerintah bisa terkena kejahatan cyber ini. Maka dari itu, peluang kerja seseorang yang berkompetensi dalam cyber security ini sangat luas dan tentu memiliki rate gaji yang fantastis. Nah, kira-kira apa saja prospek kerja cyber security ini?

Prospek Kerja Cyber Security

Cyber crime biasanya bisa berupa ujaran kebencian, penipuan lelang online, pencucian data, penipuan identitas, website defacement, penipuan kartu kredit, pornografi anak, confidence fraud, pemalsuan cek, dan masih banyak lagi. Dari banyaknya kejahatan cyber ini, tenaga-tenaga ahli dibidang Cyber Security pun banyak dibutuhkan.

Lulusan jurusan cyber security memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan di masa sekarang ini, di antaranya:

1.    Computer Programmer

Profesi ini bertugas merancang, mengembangkan, memodifikasi, dan juga menguji code, form, dan script di aplikasi komputer untuk dijalankan. Seorang programmer diharuskan mampu mengoreksi kesalahan dan mampu membuat perubahan dengan tepat, dan memeriksa kembali program supaya bisa memproduksi fitur dengan baik.

Baca juga: Cara Melihat Pengumuman SMMPTN Barat 2024, Begini Cara Melakukan Sanggahnya

2.    Information Security Analyst

Profesi ini memiliki tugas utama mengembangkan sistem keamanan yang menjaga jaringan dan sistem suatu instansi maupun perusahaan. Tentunya dengan semakin berkembangnya teknologi yang sangat pesat ini, kejahatan cyber juga akan sangat meningkat. Profesi ini akan merancang, mengimplementasikan, meng-upgrade, dan memantau langkah-langkah keamanan untuk melindungi jaringan komputer dan informasi perusahaan dari serangan dunia maya (cyber attack).

3.    Big Data Architect

Selanjutnya adalah Big Data Architect yang akan bertugas merancang, membuat, menyebarkan dan mengelola arsitektur data instansi. Untuk menjadi profesi ini, kamu harus mahir dalam SQL dan XML, pemecahan masalah, visualisasi kreatif dan orientasi detail. Seorang big data architect banyak dibutuhkan di berbagai instansi perusahaan, karena bisa menciptakan sebuat infrastruktur data yang sama dan efektif untuk keberlangsungan perusahaan.

4.    Cyber Security Consultant 

Seorang Cyber securrity consutant adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menawarkan solusi terhadap ancaman keamanan di dunia cyber. Keamanan cyber menjadi kebutuhan esensial bagi setiap perusahaan yang terhubung ke internet, mengingat hampir semua perusahaan menyimpan data penting mereka. Upaya ini bertujuan untuk mengurangi risiko serangan terhadap sistem atau jaringan mereka. Dengan kehadiran konsultan keamanan cyber, perusahaan dapat menghindari insiden yang tidak diinginkan dan dapat memperbaiki sistem atau jaringan jika terkena serangan cyber.

5.    Computer Forensics Analyst

Seseorang computer forensics analyst bertanggung jawab membantu penegak hukum dalam mengumpulkan bukti terkait kejahatan di dunia digital. Tugasnya mencakup penyelidikan pelanggaran data, kejadian keamanan, dan aktivitas kriminal online. Dengan keterampilan analisis yang handal, lulusan dalam keamanan cyber memiliki posisi kompetitif di bidang pekerjaan ini.

6.    Full Stack Developer 

Full stact developer memiliki keahlian di front-end dan back-end developer, dan harus bisa menangani segala yang berhubungan dengan User Interface biasanya dengan metode CSS serta mengembangkan fitur-fitur aplikasi dan merancang database.

7.    Java programmer

Posisi Java programmer memiliki tanggung jawab di bidang pengembangan program java untuk membangun sebuah website, aplikasi, dan softwareJava Programmer harus bisa menguasai beberapa skill seperti Oracle database, XML, X Query, dan Enterprise Java Beans.

8.    Secure Software Developer

Terakhir profesi yang bisa jadi pilihan adalah Secure Software Developer yang bertanggung jawab mengembangkan perangkat lunak keamanan dan mengintegrasikan keamanan ke dalam perangkat lunak pada aplikasi untuk menghentikan peretas atau hacker agar tidak dapat mengeksploitasi data perusahaan.

Demikianlah 8 prospek kerja cyber security yang banyak dibutuhkan di masa sekarang dan masa depan. Bagaimana, tertarik untuk menekuni bidang cyber security ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *