3 mins read

Mulai Berlangsung Hari Ini, Berapa Nilai Ambang Batas SKD Kedinasan 2024?

Nilai Ambang Batas SKD Kedinasan 2024 – Setelah seleksi administrasi dalam penerimaan mahasiswa/taruna/praja baru di sekolah kedinasan sudah selesai dan sudah diumumkan siapa saja yang sudah berhasil lolos, sekarang saatnya seleksi selanjutnya dilangsungkan yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Seleksi ini sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara, akan dilaksanakan mulai 18 Juli sampai dengan 06 Agustus 2024.

Ketentuan Pelaksanaan SKD Sekolah Kedinasan 2024

nilai ambang batas SKD Kedinasan 2024

Pelaksanaan tes SKD akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) BKN dan akan dilaksanakan di berbagai titik lokasi sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh Panitia. Peserta SKD diwajibkan mematuhi Tata Tertib Seleksi dan wajib membawa dokumen-dokumen yang disyaratkan oleh masing-masing Instansi, di antaranya:

  • Kartu Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang sudah dicetak.
  • KTP asli atau Surat Keterangan Pengganti KTP yang masih berlaku atau Kartu Keluarga asli atau Kartu Keluarga yang mempunyai Barcode atau Salinan Kartu Keluarga yang dilegalisasi basah oleh pejabat yang berwenang. Bagi peserta yang belum berusia 17 (tujuh belas) tahun dapat membawa Kartu Identitas Anak (KIA) asli.
  • Bagi peserta yang menggunakan KTP Digital agar mencetak (berwarna) dan membawa KTP Digital untuk diverifikasi oleh Panitia.

Peserta SKD wajib mengikuti tes di titik lokasi, hari dan sesi pelaksanaan SKD yang sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Bagi peserta yang tidak mengikuti tes SKD sesuai ketetapan yang ditentukan, panitia tidak akan memberikan ujian susulan jadi bisa dipastikan peserta akan dinyatakan GUGUR.

Baca juga: Berkas, Ketentuan dan Lokasi Pelaksanaan SKD STIS 2024

Jadwal SKD Sekolah Kedinasan 2024

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi calon mahasiswa/taruna/calon praja sekolah kedinasan tahun 2024. Masing-masing jadwal dan lokasinya sudah diumumkan di website masing-masing:

Sekolah KedinasanJadwal SKD
PKN STAN01-05 Agustus 2024
POLSTAT STIS19-31 Juli 2024
POLTEKIP & POLTEKIM20 Juli – 03 Agustus 2024
IPDN18-25 Juli 2024
STINMulai 18 Juli 2024
STMKGMulai 19 Juli 2024
KEMENHUB20-29 Juli 2024
POLTEK SSN18-20 Juli 2024

Nilai Ambang Batas SKD Kedinasan 2024

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Nomor 144 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan 2024, bahwa Nilai Ambang Batas yang harus dipenuhi oleh setiap peserta adalah:

1.     Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

  • Jumlah soal: 45
  • Nilai ambang batas: 156
  • Nilai kumulatif tertinggi: 225
  • Bobot jawaban: paling tinggi +5, paling rendah +1, dan tidak menjawab +0

2.     TWK ( Tes Wawasan Kebangsaan)

  • Jumlah soal: 30
  • Nilai ambang batas: 65
  • Nilai kumulatif tertinggi: 150
  • Bobot jawaban: benar +5, salah dan tidak menjawab +0

3.     TIU (Tes Intelegensia Umum)

  • Jumlah soal: 35
  • Nilai ambang batas: 80
  • Nilai kumulatif tertinggi: 175
  • Bobot jawaban: benar +5, salah dan tidak menjawab +0

Nilai Ambang Batas Khusus Afirmasi:

  • Nilai Kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar paling rendah 281 (dua ratus delapan puluh satu);
  • Nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) paling rendah 55 (lima puluh lima).

Jika terdapat peserta yang meraih nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar sama dengan peserta lain, maka penentuan peserta yang dapat bisa lolos di seleksi lanjutkan didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021 tentang Seleksi penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan dan Kementerian/Lembaga.

Demikianlah informasi seputar SKD dan nilai ambang batas SKD Kedinasan 2024. Semoga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan lolos sampai tahap akhir, ya! Butuh bimbel kedinasan terpercaya? Indonesia College jadi rekomendasi tepat untuk memberikan persiapan maksimal buat kamu. Sudah terpercaya sejak 1993 dan ribuan siswa sudah jadi buktinya. Yuk jadi bagian dari mereka!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *