Cara Melihat Pengumuman SMMPTN Barat 2024, Begini Cara Melakukan Sanggahnya
4 mins read

Cara Melihat Pengumuman SMMPTN Barat 2024, Begini Cara Melakukan Sanggahnya

Cara Melihat Pengumuman SMMPTN Barat – Pengumuman hasil Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat sudah secara resmi diumumkan pada Selasa, 09 Juli 2024 kemarin. SMMPTN sendiri merupakan jalur seleksi nasional khusus untuk perguruan tinggi negeri di wilayah Indonesia barat. Sampai sekarang ini, PTN yang terdaftar dalam PTN Barat ini berjumlah total 25 PTN.

Untuk pengumumannya ini bisa dicek secara mandiri di laman http://pengumuman.smmptnbarat.id dan setiap peserta diberikan masa sanggah sebagai bentuk protes atas ketidaksesuaian atau bentuk lainnya dari hasil seleksi yang sudah diumumkan. Nah, untuk lebih jelasnya simak informasi berikut sampai habis.

Cara Melihat Pengumuman SMMPTN Barat 2024

Peserta yang sudah mengikuti seleksi SMMPTN Barat 2024 kemarin, pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui hasilnya. Tentu masuk perguruan tinggi negeri impian jadi hal yang diidam-idamkan sekarang ini. Nah seperti yang sudah dijelaskan tadi, untuk melihat pengumumannya kamu bisa mengakses http://pengumuman.smmptnbarat.id. Berikut tata caranya:

  • Kunjungi portal resmi pengumuman SMMPTN Barat melalui link berikut klik.
  • Silakan login dengan memasukkan nomor peserta dan NISN peserta
  • Klik opsi Lihat Hasil Seleksi
  • Laman akan menampilkan hasil pengumuman secara otomatis mengenai lolos atau tidaknya peserta.

Baca juga: Siap Untuk Jadi Mahasiswa Unair? Seleksi Mandiri Reguler Unair 2024 Masih Buka Pendaftaran!

Link Pengumuman SMMPTN Barat 2024

Selain link yang sudah disebutkan tadi, pengumuman SMMPTN Barat juga bisa diakses di beberapa link. Link tersebut merupakan link resmi beberapa PTN yang tentunya tergabung dalam SMMPTN Barat. Berikut adalah 15 link mirror untuk membuka pengumuman hasil SMMPTN Barat 2024:

Untuk tata cara melihat pengumumannya sama, yakni dengan memasukkan nomor peserta dan NISN, kemudian klik “Lihat Hasil Seleksi” untuk menampilkan hasil pengumumannya.

Tata Cara Sanggah Hasil SMMPTN Barat

Peserta yang tidak lolos seleksi SMMPTN Barat diberikan kesempatan untuk menyanggah hasil pengumuman seleksi SMMPTN Barat 2024. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi No. 62 Tahun 2023, masa sanggah ini diberlakukan paling lama adalah 5 hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi.

Jadi di tahun 2024 ini, karena pengumuman keluar pada hari Selasa, 9 Juli 2024 kemarin maka masa sanggah bisa dilakukan mulai tanggal 10 sampai 12 Juli, dan dilanjut pada 15 dan 16 Juli 2024. Setelah melewati waktu tersebut, maka masa sanggah dianggap sudah selesai.

Untuk sanggahannya bisa dilakukan dengan mengajukan permohonan sanggah, peserta diharuskan mengisi form sanggah di laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan menggunakan akun peserta. Peserta juga harus mengisi data-data berikut:

  • Melampirkan kartu tanda peserta yang sah
  • Menyebutkan perguruan tinggi yang disanggah
  • Menyatakan materi sanggahan
  • Menyebutkan alamat email untuk menyampaikan jawaban dari sanggahan yang dilaporkan
  • Materi sanggahan divalidasi oleh PPUM PTN, untuk selanjutnya diproses sebagaimana mestinya.

Apabila permintaan sanggahan ditolak, PPUM yang bersangkutan akan langsung mengirimkan penjelasan sanggahan tersebut ke email peserta yang bersangkutan. Jika hasil sanggahan diterima dan peserta dinyatakan lulus, maka PPUM PTN akan melaporkan kepada Tim TIK SMMPTN-Barat 2024, agar bisa ditetapkan kelulusannya oleh Rektor PTN yang bersangkutan dan peserta bisa segera melakukan daftar ulang.

Demikianlah informasi mengenai cara melihat pengumuman SMMPTN Barat 2024, link pengumuman mirrornya dan juga tata cara melakukan sanggah. Nah, jadi kira-kira bagaimana hasil seleksi di jalur SMMPTN kamu kemarin? Semoga hasilnya memuaskan ya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One thought on “Cara Melihat Pengumuman SMMPTN Barat 2024, Begini Cara Melakukan Sanggahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *