Lolos Seleksi SNBT? Segera Siapkan Berkas Daftar Ulang SNBT 2024 Ini
3 mins read

Lolos Seleksi SNBT? Segera Siapkan Berkas Daftar Ulang SNBT 2024 Ini

Berkas Daftar Ulang SNBT 2024 – Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun ini sudah resmi dirilis 13 Juni 2024 kemarin. Sebanyak 231.104 peserta sudah berhasil menjadi mahasiswa baru di kampus tujuannya masing-masing. Setelah lolos, peserta juga akan melakukan pendaftaran ulang langsung di PTN yang sudah menerima peserta tersebut.

Daftar ulang ini dilakukan untuk memastikan apakah peserta yang lolos berkenan untuk melanjutkan dan menjadi mahasiswa baru kampus tersebut. Tahun ini, ada 145 Perguruan Tinggi Negeri yang terdaftar dalam seleksi UTBK SNBT. Jumlah ini terdiri dari Perguruan Tinggi Neger (PTN) Akademik, 26 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan 44 Politeknik Negeri yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri Vokasi.

Daftar Berkas Daftar Ulang SNBT 2024

Karena pengumuman hasil seleksi UTBK sudah dirilis kemarin, sudah saatnya bagi kamu yang lolos untuk mempersiapkan diri dalam melakukan daftar ulang di kampus masing-masing. Daftar ulang bisa dilakukan online maupun offline sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masing-masing PTN.

“Menunjukkan rapor asli, ijazah/surat keterangan lulus (SKL) asli, dan persyaratan lain yang ditetapkan oleh PTN yang dituju,” ungkap Ganefri yang dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, 13 Juni 2024.

Dalam proses daftar ulang ini, peserta yang sudah berhasil lolos dalam seleksi SNBT diharuskan melengkapi berkas-berkas yang masih kurang. Berikut beberapa dokumen yang wajib dilampirkan saat proses daftar ulang:

  • Foto Peserta terbaru
  • Kartu Peserta SNBT 2024
  • Surat Pernyataan Ekonomi dan sebagainya yang diminta
  • Rapor Asli semester 1 sampai 5
  • Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Tanda Siswa (KTS)
  • Camaba KIP Kuliah menyertakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)
  • Slip gaji orang tua atau wali 
  • Bukti pembayaran listrik
  • Bukti pembayaran air
  • Bukti pembayaran PBB
  • Bukti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Untuk kelengkapan berkas lainnya akan ditentukan oleh masing-masing kampus. Jadi pastikan untuk mengecek situs resmi kampus kamu untuk informasi lebih lengkapnya.

Baca juga: Pendaftaran Seleksi Mandiri Undip 2024: Syarat, Tata Cara, Materi Ujian Dan Jadwal Pendaftarannya

Pengumpulan Berkas Daftar Ulang untuk Peserta KIP-K

Untuk mahasiswa baru yang sudah terdaftar sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), ada beberapa tambahan dokumen yang harus disertakan dalam proses pendaftaran ulang. Mahasiswa baru harus menyertakan bukti pendaftaran KIP_KUliah, Surat Pernyataan Kesediaan Membayar UKT jika pendaftaran KIP-K tidak memenuhi persyaratan.

Kemudian, mahasiswa baru yang terdaftar dalam KIP-K juga menyertakan foto rumah tampak depan, tampak samping, tampak belakang (jika memungkinkan), serta garasi jika ada. Lalu, mahasiswa harus menyertakan bukti pembayaran tagihan penggunaan listrik/pembelian token listrik prabayar terakhir.

Lampiran selanjutnya adalah mutasi rekening tabungan kedua orang tua/wali/penanggung biaya dalam 3 bulan terakhir, atau Surat Keterangan Penghasilan Pokok kedua orang tua/wali/penanggung biaya yang sudah disahkan oleh Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak memiliki rekening tabungan.

Jadwal Daftar Ulang PTN 2024

Jadwal daftar ulang SNBT 2024 akan diumumkan di situs resmi masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. Sebagai mahasiswa baru, kamu harus aktif untuk mengecek situs resmi kampus baru kamu. Jangan sampai ketinggalan terutama dalam daftar ulang, karena proses daftar ulang ini wajib dilakukan sebagai proses melaporkan diri setiap mahasiswa baru. Peserta yang tidak melakukan daftar ulang akan dinyatakan gugur.

Jadi bagi kamu yang dinyatakan lolos SNBT kemarin, apakah sudah menyiapkan berkas daftar ulang SNBT 2024 nanti? Pastikan untuk melakukan daftar ulang di waktu yang sudah ditentukan kampus kamu, ya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One thought on “Lolos Seleksi SNBT? Segera Siapkan Berkas Daftar Ulang SNBT 2024 Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *