Sudah Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri Kemitraan ITS 2024
3 mins read

Sudah Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri Kemitraan ITS 2024

Seleksi Mandiri Kemitraan ITS – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya kembali membuka kesempatan untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri. Seleksi Mandiri ITS ini terdiri dari 3 pembagian, namun peserta hanya diperbolehkan untuk memilih satu seleksi saja. Ketiganya diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang mau melanjutkan pendidikan di jenjang Sarjana/Sarjana Terapan.

Pembagian Seleksi Mandiri ITS 2024

Seleksi mandiri ITS tahun ini dibuka untuk 3 jalur, yakni:

  1. Seleksi Mandiri Beasiswa: bagi lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan memiliki prestasi akademik dan non akademik.
  2. Seleksi Mandiri Umum: bagi lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.
  3. Seleksi Mandiri Kemitraan: bagi siswa SMA/MA/SMK sederajat yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan rekomendasi instansi mitra ITS (Perusahaan/Pemprov/ Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya Perjanjian Kerjasama.

Seleksi Mandiri Kemitraan ITS 2024

Pihak ITS menyelenggarakan Seleksi Mandiri Kemitraan untuk lulusan SMA/MA/SMK sederajat dari tiga tahun terakhir (2022, 2023, dan 2024) yang mendapat rekomendasi dari instansi mitra yang berminat pada program Sarjana dan Sarjana Terapan. Peserta juga harus memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh ITS, yaitu menggunakan nilai UTBK dan nilai tes tulis TKA SMITS serta didukung oleh prestasi akademik dan non-akademik jika ada.

Baca juga: Pendaftaran Sudah Dibuka! Ini Batas Minimal Nilai UTBK Untuk Masuk STAN 2024

Persyaratan Pendaftaran Peserta

Dikarenakan Seleksi Mandiri Umum dan Seleksi Mandiri Kemitraan dilaksanakan dalam periode waktu yang sama, peserta hanya diperbolehkan memilih satu seleksi. Lalu peserta juga diharuskan memenuhi persyaratan berikut:

  1. Membuat Akun di laman myITS Admission;
  2. Warga Negara Indonesia, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  3. Putra/putri karyawan dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) dan memiliki nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya Perjanjian Kerjasama sesuai daftar mitra di tab Instansi Mitra;
  4. Lulus SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C tahun 2024, 2023, atau 2022 dan maksimal berusia 25 tahun (per 1 Juli 2024);
  5. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional);
  6. Mengikuti UTBK-SNBT 2024 dan/atau mengikuti TKA SMITS 2024;
  7. Mengunggah nilai rapor SMA/MA/SMK/Paket C lengkap, dari semester 1 s.d. semester 6;
  8. Tidak dinyatakan lulus jalur SNBP 2024 dan mengikuti ketentuan dan pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kemdikbudristek;
  9. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh ITS, termasuk memiliki kesehatan yang prima sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Jadwal Penting Seleksi Mandiri Kemitraan 2024

Pendaftaran seleksi mandiri kemitraan ITS akan dilaksanakan dengan timeline di bawah ini. Untuk pendaftarannya akan ditutup di haru terakhir jadwal pada pukul 15.00 WIB.

TahapanTanggal Pelaksanaan
Pendaftaran28 Mei – 16 Juni 2024
Batas Kirim Rekomendasi oleh Instansi18 Juni 2024
TKA SMITS* (ITS dan Jakarta)22-23 Juni 2024
TKA SMITS* (Surakarta, Denpasar, Makassar, Padang, dan Balikpapan)22 Juni 2024
Pengumuman8 Juli 2024
Daftar Ulang**Diumumkan kemudian

*) Peserta mendapat jadwal ujian secara otomatis setelah menyelesaikan pendaftaran. Panitia tidak dapat mengubah sesi dan hari pelaksanaan TKA SMITS. ITS hanya menyelenggarakan TKA Campuran di Lokasi Ujian ITS (Surabaya).
**)
Informasi terkait jadwal, persyaratan, kegiatan, dan lain-lain akan kami informasikan lebih lanjut bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi.

Demikian informasi seputar pendaftaran Seleksi Mandiri Kemitraan ITS 2024 yang sudah dimulai sejak 28 Mei kemarin. Untuk kamu yang ingin menjadi mahasiswa ITS bisa ikut jalur seleksi mandiri ini sebagai jalur alternatif. Semoga informasinya membantu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *