Sekolah Desain Grafis dan Prospek Kerjanya dalam Dunia Creative

Seorang lulusan desain grafis ternyata memiliki prospek kerja yang sangat luas. Tapi sekolah desain grafis harus masuk jurusan apa?

Ditulis Oleh Nofa Chasanah

On November 3, 2023
"

Baca

Sekolah Desain Grafis – Profesi desain grafis saat ini sedang ramai diperbincangkan. Prospek kerjanya bagus dan tawaran gajinya pun lumayan dan bisa dibuat untuk kerja sampingan. Nah sebenarnya mereka yang bekerja sebagai desain grafis itu sekolah di jurusan apa?

Lalu apa yang membuat desain grafis banyak diminati? Kira-kira apa saja yang dipelajari selama perkuliahan dan apa saja yang harus dikuasai?

Sekolah Desain Grafis, Belajar Apa?

Untuk pertama-tama, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa sih desain grafis itu? Jadi desain grafis sendiri adalah cara komunikasi secara visual dengan gambaran yang indah dan menarik, dalam artian gambar tersebut harus memiliki pesan yang bisa dimengerti pembacanya.

Kalau dilihat-lihat memang karya yang dibuat oleh para desain grafis akan tampak estetik, seperti contohnya seperti typografi, tapi yang menjadi bagian terpenting dalam visual ini adalah bagaimana dalam hasil karya tersebut bisa menjadi sumber informasi untuk pembacanya.

Jadi seorang desain grafis harus memahami ruang, warna, tekstur, garis, bentuk, kontras, unity, repetisi, proporsi, ritme, balance, termasuk teknik creative drawing. Nah, dalam perkuliahan nanti kamu akan terbiasa menghadapi itu semua, dan biasanya akan lebih banyak praktik.

Untuk media pembelajaran yang akan sering kamu gunakan nanti saat mempelajari, termasuk ketika sudah menjadi profesi, adalah Adobe XD, Adobe Photoshop, Ilustrator, Adobe Design dan software lain yang berkaitan dengan desain. Untuk sekolahnya, kamu perlu mengambil jurusan desain grafis atau jurusan Desain Komunikasi Visual.

Peluang Karir Lulusan Desain Grafis

Ketika kamu sudah lulus kuliah dengan jurusan desain grafis atau desain komunikasi visual, kamu tidak hanya berpeluang menjadi desain grafis saja, lho! Ada banyak posisi pekerjaan yang bisa kamu lakukan, yang membutuhkan kemampuan desain kamu.

1.    Ilustrator

Pertama, kamu berpeluang besar menjadi ilustrator. Ilustrator juga membutuhkan kemampuan kreatif, dimana kamu harus bisa menjadikan teks menjadi sebuah gambar visual yang lebih menarik dan eye catching tanpa mengurangi pesan yang harus tersampaikan.

Baca juga: Berbagai Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah di Indonesia

2.    Web Designer

Posisi kedua ini bisa kamu geluti jika kamu memiliki kemampuan programming atau coding. Sama seperti namanya, kamu harus membuat desain dalam web sesuai dengan ketentuan dan gambaran yang klien mau.

3.    Editor Foto

Kamu yang suka seni fotografi juga bisa mencoba menjadi editor foto. Karena biasanya pengeditan foto akan butuh kemampuan untuk memperbaiki pencahayaan, tekstur, warna dan lainnya. Aplikasi yang bisa kamu gunakan seperti Adobe Photoshop, yang juga digunakan oleh desain grafis.

4.    Animator

Dalam mempelajari desain grafis, kamu juga biasanya tidak hanya harus bisa membuat konten visual berupa foto. Kamu juga akan diajarkan membuat animasi bergerak. Nah, seorang animator ini nantinya harus bisa membuat animasi untuk bisa ditayangkan di video game, film, iklan, website bahkan di tv.

5.    UI dan UX Designer

Untuk UI Desaigner akan berfokus pada pembuatan desain tampilan untuk di halaman website atau di aplikasi. Sedangkan untuk UX designer akan bertugas pada pembuatan produk, cara kerja dan layanan aplikasinya supaya bisa nyaman digunakan oleh konsumen. Mereka juga harus melakukan uji coba sampai bisa dinyatakan layak digunakan.

6.    Product Developer

Karena desain grafis sudah terbiasa dituntut untuk kreatif, posisi ini juga cocok untuk kamu coba nanti. Product developer adalah pengembang ide-ide baru supaya bisa diimplementasikan dan disesuaikan dengan selera pasar.

7.    Logo Designer

Posisi ini pasti tidak asing bagi kamu yang sudah belajar desain grafis selama ini. Karena kamu akan sangat terbiasa membuat logo untuk kebutuhan marketing campaign pada sebuah industri. Kamu yang cukup enjoy dengan pembuatan logo, bisa mencoba menjual jasa dengan menjadi freelancer atau juga bekerja dalam sebuah company.

Selain ketujuh profesi ini, masih banyak profesi lain yang bisa relevan dengan lulusan desain grafis. Kamu hanya perlu membaca deskripsi pekerjaannya apakah kira-kira sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Jadi itu dia pembahasan mengenai sekolah desain grafis dan prospek kerjanya.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *