7 Tips Lancar UTBK Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tips UTBK – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK gelombang pertama dimulai pada Senin, 12 April 2021. Ujian ini dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pusat tes yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pada tahun 2021 ini, pelaksanaan UTBK baik gelombang 1 (12 – 18 April 2021) […]

Ditulis Oleh Safina Rahma

On April 12, 2021
"

Baca

Tips UTBK – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK gelombang pertama dimulai pada Senin, 12 April 2021. Ujian ini dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pusat tes yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pada tahun 2021 ini, pelaksanaan UTBK baik gelombang 1 (12 – 18 April 2021) maupun gelombang 2 (26 April – 2 Mei 2021) dilaksanakan bertepatan dengan momen bulan Ramadhan. Hal ini berarti sebagian peserta akan melangsungkan ujian dalam kondisi berpuasa.

Bagi kamu yang akan mengikuti UTBK dan khawatir tidak maksimal karena sedang berpuasa, tidak perlu khawatir! Ikuti 7 tips lancar UTBK saat berpuasa di bulan Ramadhan di bawah ini!

Istirahat yang Cukup

Hal pertama yang harus diperhatikan supaya lancar saat mengerjakan UTBK yaitu istirahat cukup di hari sebelumnya. Banyak orang yang terlalu gugup sebelum mengikuti tes sehingga terus belajar hingga larut malam. Jika kamu ingin tidak pusing dan mengantuk saat menjalani UTBK, pastikan untuk mendapat tidur yang cukup.

Terlebih lagi, di masa Ramadhan, kamu akan bangun lebih pagi untuk sahur. Kekurangan istirahat saat malam dan bangun awal akan membuat tubuhmu kelelahan. Hal ini berdampak pada ketidakmaksimalan saat mengerjakan UTBK.

Pastikan Sudah Sahur

Tips UTBK Ramadhan

Poin kedua yang juga penting yaitu tidak melewatkan sahur. Makan yang cukup saat sahur akan menjadi bekal berpikir saat mengerjakan UTBK. Hal ini menjadi lebih penting lagi apabila kamu mengambil ujian kelompok campuran yang berarti ujian sepanjang hari. Jangan sampai gagal di UTBK karena melewatkan sahur, ya!

Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Agar tidak tergesa-gesa saat akan berangkat ke lokasi pelaksanaan UTBK, ada baiknya untuk mempersiapkan segala kelengkapan di malam sebelumnya seperti berkas tertentu. Berdasarkan informasi dalam unggahan akun Instagram LTMPT, terdapat beberapa dokumen yang harus dibawa, yaitu:

  1. Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021;
  2. Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi, bagi lulusan 2019 dan 2020; atau
  3. Surat Keterangan Kelas 12 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, serta berisi nama siswa, NISN, NPSN, dan pas foto berwarna terbaru (ukuran bebas);
  4. Identitas diri lain seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar.

Baca juga Nilai Minimal UTBK Kedokteran yang Harus Anda Penuhi.

Kenakan Pakaian yang Nyaman Namun Tetap Rapi

Tips lain supaya lancar saat UTBK yaitu terkait dengan pakaian yang dikenakan. Pelaksanaan tes akan berlangsung dalam waktu yang tidak sebentar dan berada di dalam ruangan bersama banyak orang. Oleh karena itu, penggunaan pakaian yang nyaman sangatlah penting.

Meskipun begitu, jangan sampai kamu tiba di lokasi dengan pakaian tidur, ya! Hal ini dikarenakan salah satu aturan dari LTMPT bagi peserta UTBK yaitu berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu. Walaupun terkesan sepele, apabila tidak mematuhinya, bisa jadi kamu tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian.

Datang Lebih Awal

Tips Datang UTBK

UTBK dilaksanakan di berbagai lokasi yang telah ditentukan oleh LTMPT. Meskipun bisa memilih lokasi dan sesi ujian, bukan tidak mungkin kamu akan sedikit kebingungan saat tiba di tempat tes. Guna menghindari keterlambatan yang bisa berujung pada larangan untuk mengikuti ujian, ada baiknya kamu tiba di lokasi sebelum waktu yang ditentukan.

Berdasarkan peraturan dari LTMPT, peserta UTBK diwajibkan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai. Nah, apabila kamu berada di wilayah WIB dan mengikuti sesi 1, maka ujian akan dimulai dari pukul 06:45. Supaya lebih aman dan tidak terlambat, kamu harus sampai di tempat ujian sebelum pukul 6 pagi.

Pastikan bangun pagi, ya!

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Kesehatan Tips UTBK

Pelaksanaan UTBK di tahun 2021 ini berada di tengah-tengah pandemi COVID-19. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh peserta yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan. Saat tiba di lokasi, peserta akan mengikuti beberapa prosedur cek kesehatan yang dilakukan oleh panitia.

Pastikan kamu memakai masker, face shield, dan rajin mencuci tangan. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga jarak dengan peserta lainnya!

Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Tips terakhir untuk lancar UTBK yaitu banyak berdoa kepada Tuhan memohon kesuksesan dalam pelaksanaan tes. Selain itu, kamu juga bisa meminta restu kepada orang tua sebelum berangkat ke lokasi ujian. Semoga UTBK kamu lancar dan mendapat hasil terbaik!

Macam Tes Kesehatan Sekolah Kedinasan

Macam Tes Kesehatan Sekolah Kedinasan

Tes Kesehatan Sekolah Kedinasan - Sekolah kedinasan masih menjadi pilihan banyak orang untuk melanjutkan pendidikan. Faktor terbesar dari ramainya pendaftar Perguruan Tinggi Kedinasan selain ilmu dan keterampilan yang didapat, yaitu kesempatan untuk langsung bekerja...

IUP ITS, Informasi Lengkap Penerimaan Mahasiswa Baru

IUP ITS, Informasi Lengkap Penerimaan Mahasiswa Baru

IUP ITS – Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik di Indonesia, ITS atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember menyediakan berbagai pilihan program studi. Terdapat berbagai jenjang mulai dari sekolah vokasi sampai pascasarjana baik kelas reguler maupun...

Beragam Informasi Mengenai Kedokteran UNHAS

Beragam Informasi Mengenai Kedokteran UNHAS

Kedokteran UNHAS – Program studi Kedokteran masih menjadi salah satu tujuan favorit bagi masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya, tidak terlihat penurunan animo pendaftar untuk program ini. Salah satu kampus yang menjadi pilihan untuk program Kedokteran ini yaitu...

3 Jalur Prestasi yang Dibuka oleh UGM

3 Jalur Prestasi yang Dibuka oleh UGM

Jalur Prestasi UGM - Universitas Gadjah Mada atau UGM, menyediakan berbagai jalur masuk bagi siapa pun yang ingin menempuh pendidikan di kampus tersebut. Bagi jenjang Sarjana atau S1 sendiri, terdapat berbagai jalur mulai dari seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN)...

10 Prodi di UGM dengan Keketatan Tertinggi

10 Prodi di UGM dengan Keketatan Tertinggi

Prodi Keketatan Tertinggi - Ketika berbicara tentang Yogyakarta, selain tentang kekayaan budayanya, kita juga teringat mengenai sebutannya sebagai ‘Kota Pelajar’. Banyaknya institusi pendidikan serta pelajar dari luar kota yang datang merantau ke kota ini tiap...

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub Jalur Polbit

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub Jalur Polbit

Pendaftaran Polbit Kemenhub – Kementrian Perhubungan atau Kemenhub merupakan salah satu kementrian di Indonesia yang menyelenggarakan sekolah kedinasan untuk pembentukan Aparatur Sipil Negara (ASN). Berbeda dengan lembaga lainnya, Kemenhub menaungi banyak Perguruan...

7 Tips Sukses Memilih Sekolah Kedinasan

7 Tips Sukses Memilih Sekolah Kedinasan

Memilih Sekolah Kedinasan – Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) tahun 2021 sudah dibuka sejak 9 April lalu. Berbagai sekolah kedinasan yang berada dalam naungan lembaga negara ikut meramaikan seleksi peserta didik ini. Proses pendaftaran PTK ikatan dinas ini...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *