Masih Bingung? Ini Arti Yudisium dalam Perkuliahan dan Perbedaannya dengan Wisuda

Dalam jadwal perkuliahan selalu tertulis yudisium, namun tidak semua mahasiswa tau. Sebenarnya apa arti yudisium dalam perkuliahan?

Ditulis Oleh Nofa Chasanah

On November 4, 2023
"

Baca

Arti yudisium dalam perkuliahan – Dalam perkuliahan, ada istilah yudisium yang kerap kali muncul dalam jadwal perkuliahan semester. Tapi untuk mahasiswa semester awal rata-rata akan jarang yang memahami apa itu yudisium.

Banyak juga yang menyangka bahwa yudisium dengan wisuda adalah sama. Nyatanya kedua hal tersebut berbeda, lho. Nah untuk mengetahui pengertian yudisium dan perbedaannya dengan wisuda, simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: 6 Jenis Ujian di Kampus yang Jadi Penentu IPK

Apa Arti Yudisium dalam Perkuliahan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia itu sendiri, yudisium berarti penentuan (nilai) setelah mahasiswa melakukan seluruh ujian sarjana di peguruan tinggi. Jadi kegiatan yudisium ini akan dilaksanakan sebelum wisuda nanti dan akan dihadiri oleh calon wisudawan.

Jadi ketika mahasiswa sudah menyelesaikan ujian skripsi, mereka belum bisa langsung dikatakan lulus karena pastinya akan ada revisi. Nah, waktu yudisium inilah yang menjadi penentu apakah nanti mereka lulus atau tidak.

Untuk ketentuan waktunya sendiri akan menyesuaikan fakultas masing-masing. Pihak akademik akan mengumumkan nilai dan juga penentuan predikat kelulusan cumlaude. Cumlaude sendiri adalah lulus dengan pujian, biasanya setiap kampus menerapkan nilai minimalnya sendiri.

Namun sebelum yudisium dilaksanakan, akan ada rapat pra-yudisium untuk menentukan kelulusan, urutan acara, tata cara penerimaan ijazah dan banyak persiapan lain untuk yudisium dan wisuda nanti. Rapat ini akan diadakan oleh Senat Fakultas dan keputusannya akan dinyatakan oleh Dekan atau direktur program pascasarjana.

Syarat dan Proses Yudisium

Dalam pelaksanaan yudisium, pihak akademik perguruan tinggi akan meminta mahasiswanya untuk mengumpulkan beberapa berkas penting untuk mengikuti wisuda nanti, seperti:

  • Fotokopi Ijazah SMA/SMK/Sederajat
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa
  • Pas Foto resmi 3×4 berlatar belakang biru (bukan hasil edit sendiri)
  • Untuk wanita menggunakan kemeja putih, berdasi hitam panjang, dan memakai jas hitam polos, untuk yang berhijab menggunakan hijab putih polos dan tidak berkacamata.
  • Untuk pria menggunakan kemeja putih, berdasi hitam panjang, dan memakai jas hitam polos.
  • Surat Bukti Penyerahan tugas akhir
  • Fotokopi sertifikat TOEFL berlegalisir dengan nilai minimal yang ditentukan
  • Fotokopi Kartu Keluarga, cantumkan nama mahasiswa dan nama ibu kandung untuk keperluan laporan data DIKTI.

Kurang lebih syarat yang dibutuhkan seperti di atas, namun untuk kurang dan lebihnya akan disampaikan oleh pihak kampus masing-masing.

Perbedaan Yudisium dan Wisuda

Yudisium menjadi rangkaian proses yang harus dijalani oleh mahasiswa akhir sebelum kelulusan. Waktu pelaksanaannya cenderung berdekatan dengan waktu wisuda, namun proses dan tujuannya berbeda.

Yudisium juga menjadi syarat wajib mahasiswa untuk mengikuti wisuda. Jadi tanpa menghadiri yudisium, mahasiswa yang sudah lulus sidang skripsi tidak akan diperbolehkan mengikuti wisuda. Karena dalam proses yudisium membutuhkan beberapa berkas yang harus dikumpulkan.

Untuk wisuda sendiri merupakan proses pelantikan atau perayaan dimana mahasiswa sudah berhasil menempuh masa belajar dan mendapatkan gelar baru di perguruan tinggi. Kegiatan ini akan bisa dikenali karena wisudawan akan menggunakan toga kelulusan.

Dibanding dengan yudisium, wisuda tidak bisa dikatakan wajib hadir karena hanya bersifat peneguhan. Tapi ada juga perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti proses wisuda supaya bisa mendapatkan SKL dan juga Ijazah.

Untuk prosesnya tentu akan lebih formal dan megah dibanding yudisium, dan akan dihadiri oleh para calon wisudawan dan juga para petinggi fakultas dan perguruan tinggi untuk memberikan peresmian.

Jadi proses yudisium dan wisuda saling berkaitan, hanya saja tujuannya berbeda. Jadi demikian penjelasan arti yudisium dalam perkuliahan dan perbedaannya dengan wisuda. Semoga bermanfaat.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *