15 Universitas Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia 2024, Ada Kampus Impianmu?
4 mins read

15 Universitas Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia 2024, Ada Kampus Impianmu?

Universitas Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia – Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan bidang studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif kepada masyarakat. Mahasiswanya akan belajar proses penyampaian pesan yang efektif dan efisien, namun tentunya mahasiswa tidak hanya belajar public speaking saja.

Ilmu komunikasi ini menjadi induk dari beberapa ilmu turunannya, seperti periklanan, jurnalistik, kajian media, penyiaran atau broadcasting, public relations dan sebagainya. Di waktu sekarang ini dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, jurusan ini memberikan peluang kerja yang menjanjikan bagi lulusannya nanti.

Universitas Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia

Jurusan ilmu komunikasi sudah tersedia di banyak sekali kampus di Indonesia, baik kampus negeri maupun kampus swasta. Nah, berdasarkan perankingan yang dilakukan oleh THE Asia University Rankings pada tahun 2024, berikut 15 kampus dengan jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia:

1.    Universitas Indonesia

Di urutan pertama ada salah satu kampus unggulan Indonesia, program Sarjana Ilmu Komunikasi UI sudah terakreditasi A dengan berdasarkan SK No. 2815/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020.

2.    Universitas Gadjah mada

Disusul UGM, Sarjana Ilmu Komunikasi UGM sudah terakreditasi Unggul berdasarkan SK LAM INFOKOM No. 104/SK/LAM-INFOKOM/Ak/S/VIII/2023.

3.    Institut Teknologi Bandung

ITB memiliki jurusan Sarjana Teknik Telekomunikasi yang berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 6092/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/IX/2020, menyatakan bahwa Program Studi Teknik Telekomunikasi sudah terakreditasi Unggul.

Baca juga: Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM, Jurusan yang Mempelajari Cara Membuat Peta

4.    BINUS University

BINUS University juga telah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT yang kian mengukuhkannya sebagai salah satu kampus dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia.

5.    Universitas Sebelas Maret

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor : 690/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2020, program studi Sarjana Ilmu Komunikasi sudah mendapat akreditasi A dengan Nilai 362.

6.    Universitas Diponegoro

Kampus selanjutnya adalah Undip yang berlokasi di Ibukota Jawa Tengah. Berdasarkan SK No. 9867/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/I/2023, Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro sudah terakreditasi Unggul.

7.    Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS membuka jurusan Teknik Telekomunikasi yang sudah terakreditasi Baik Sekali dengan SK No. 0326/SK/LAM Teknik/AS/VIII/2024.

8.    IPB University

Ilmu Komunikasi IPS sudah terakreditasi A dan memiliki kurikulum yang dirancang untuk menghasilkan lulusan kompeten dan inovatif di bidang ilmu komunikasi terutama komputasi sains, pengembangan sistem, komunikasi data dan jaringan, serta mendukung kolaborasi penelitian dengan disiplin ilmu lain, khususnya ilmu-ilmu pertanian dalam arti luas, yang didukung dengan manajeman berstandar ISO 9001:2015.

Baca juga: Apa Saja Sekolah Kedinasan di Jawa Timur? Ada AAL dan Sekolah Pilot!

9.    Universitas Airlangga

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 13161/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021, menyatakan bahwa Program Studi Ilmu Komunikasi sudah terakreditasi Unggul

10. Universitas Syiah Kuala

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 4510/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2019, menyatakan bahwa Program Studi Ilmu Komunikasi sudah terakreditasi B

11. Universitas Islam Indonesia

Program Sarjana Ilmu Komunikasi UII sudah terakreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT No. 2387/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019

12. Universitas Jember

Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Jember sudah terakreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1332/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2021.

13. Universitas Negeri Malang

Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang sudah terakreditasi Baik dengan berdasarkan SK No. 3/SK/BAN-PT/AK.P/S/I/2023.

14. Telkom University

Program Studi Ilmu Komunikasi Telkom University sudah terakreditasi Unggul berdasarkan SK No. 2522/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/VI/2023.

15. Universitas Andalas

Program studi ilmu komunikasi Unand sudah terakreditasi A berdasarkan SK No. 496/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/S/II/2023

Demikianlah 15 universitas ilmu komunikasi terbaik di Indonesia berdasarkan versi THE Asia University Rankings 2024. Terbukti kampus-kampus di atas adalah kampus unggulan yang membuka jurusan dengan kualitas pembelajaran yang sangat baik. Jadi di antara 15 kampus tadi, kamu berencana melanjutkan di kampus mana?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *