4 Kampus yang Menyediakan Program Kuliah Ekstensi D3 ke S1 Online
5 mins read

4 Kampus yang Menyediakan Program Kuliah Ekstensi D3 ke S1 Online

Kuliah Ekstensi D3 ke S1 Online – Melanjutkan kuliah di jenjang Diploma memang unggul dengan pembelajaran praktiknya, karena lebih ditujukan untuk mahasiswa yang ingin langsung terjun dalam dunia kerja. Namun tidak sedikit lulusan diploma terutama Diploma 3 (D3) yang ingin berkuliah lagi di jenjang S1, tapi secara normalnya D3 harus lanjut ke D4 baru bisa lanjut ke S1.

Sekarang ini sudah ada program kuliah ekstensi yang memudahkan dan mempersingkat proses pendidikan dari D3 ke S1. Kampus mana saja yang menyediakan program kuliah ekstensi ini?

Kuliah Ekstensi D3 ke S1 Online

kuliah ekstensi D3 ke S1 online

Kuliah ekstensi adalah program kuliah yang diselenggarakan khusus bagi lulusan Diploma (D3) yang mau melanjutkan pendidikan ke tingkat Sarjana (S1) tanpa perlu mengulang perkuliahan dari tahap awal. Dengan begitu mahasiswa bisa lanjut pendidikan tanpa harus mempelajari mata kuliah yang sama dengan yang sudah didapatkan di perkuliahan Diploma sebelumnya.

Banyak kampus yang menyediakan perkuliahan ekstensi online meski belum sepenuhnya, karena rata-rata kampus menggunakan metode blended learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online. Berikut daftar kampusnya:

1.    Universitas Esa Unggul

Kampus ini menyediakan program S1 kelas karyawan yang bisa diikuti mahasiswa ekstensi. Beban studinya nanti sudah dalam paket, yang membuat kamu bisa langsung tahu beban studi yang akan didapatkan tanpa harus menunggu hasil konversi nilai. Jadwal kuliah ekstensi ini dibuka dalam metode blended learning, dengan pembelajaran offline dan online.

Ada 3 paket beban studi kuliah ekstensi, yaitu:

  • Paket D3 ke S1 Sejurusan: beban studi yang didapat 55 SKS dengan masa studi 3 semester
  • Paket D3 ke S1 Serumpun: beban studi yang didapat 72 SKS dengan masa studi 4 semester
  • Paket D3 ke S1 Berbeda Jurusan: beban studi yang didapat 90 SKS dengan masa studi 5 semester

Jurusan yang didapat: Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Hukum, Farmasi, Jurnalistik, Public Relation, Marketing Communications, Visual Communication, Broadcasting, Design Graphis, Design Interior, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Produk, Desain Interior, Gizi, Rekam Medis, Keperawatan, Manajemen Informasi Kesehatan, Bioteknologi, Fisioterapi, PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris.

Baca juga: 5 Rekomendasi Universitas Yang Ada Jurusan Manajemen Pemasaran

2.    Universitas Dian Nusantara

Kampus ini juga menyediakan kelas karyawan yang bisa diikuti mahasiswa ekstensi. Beban studinya akan berupa paket, sehingga bisa langsung tahu beban studi yang akan didapatkan tanpa harus menunggu hasil konversi nilai. Kampus ini menjalin kerja sama dengan Universitas Esa Unggul, sehingga pelaksanaannya sama. Terdapat 3 paket beban studi, yaitu:

  • Paket D3 ke S1 Sejurusan: beban studi sebanyak 55 SKD dengan masa studi 3 semester
  • Paket D3 ke S1 Serumpun: beban studi sebanyak 72 SKS dengan masa studi 4 semester
  • Paket D3 ke S1 Berbeda Jurusan: beban studi sebanyak 90 SKS dengan masa studi 5 semester

Namun untuk penentuan paketnya akan ditentukan oleh Ketua Program Studi saat pendaftaran. Untuk pelaksanaan kuliahnya juga akan dilaksanakan secara blended, yaitu online dan offline.

3.    Binus University

Kampus ketiga adalah kampus swasta ternama Binus University, yang menyediakan kuliah ekstensi sepenuhnya secara online. Untuk pilihan program studinya ada Akuntansi, Business Management, Sistem Informasi, Teknik Industri, dan Teknik Informatika. Program studi tersebut bisa dipilih bagi:

Baca juga: 5 Daftar Kampus Swasta Termahal di Indonesia dan Rata-Rata Biaya Kuliahnya

  • S1 Akuntansi: untuk lulusan D3 Akuntansi, Keuangan, Perbankan, serta Perpajakan.
  • S1 Business Management: untuk lulusan D3 manajemen, hubungan masyarakat, bisnis, komunikasi, sekretari, hubungan internasional, bahasa, perhotelan, pariwisata, sistem informasi, dan teknik industri.
  • S1 Sistem Informasi: untuk lulusan D3 sistem informasi, manajemen informasi, komputerisasi akuntansi, teknik komputer, teknik elektro, teknik industri, teknologi listrik, teknologi instrumentasi, teknik mesin, teknik mekatronika, teknik kelistrikan kapal, rekayasa perangkat lunak aplikasi, perawatan dan perbaikan mesin, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen serta teknik telekomunikasi.
  • S1 Teknik Informatika: untuk lulusan D3 teknik informatika, manajemen informatika, sistem informasi, teknik komputer, komputerisasi akuntansi, sistem komputer, teknik elektro, teknik industri, teknik telekomunikasi, teknik multimedia dan jaringan, teknik pertambangan, teknik perkapalan, elektronika, teknik listrik, manajemen transportasi, metrologi dan instrumentasi, serta statistika terapan dan komputasi.
  • S1 Teknik Industri: untuk lulusan dari D3 teknik elektro, teknik perminyakan, teknik mekatronika, MIPA, teknik fisika, teknik elektronika, teknik konversi tinggi, teknik telekomunikasi, teknik pemeliharaan sistem, teknik kimia, teknik sipil, teknologi pembuatan perkakas presisi, teknik mesin, teknik pemeliharaan mesin, teknik pengecoran logam, dan teknik manufaktur.

Jika ijazah D3 kamu tidak sesuai kualifikasi, kamu tetap bisa mengirimkan scan ijazah dan transkrip nilai D3 ke alamat email [email protected].

4.    Universitas Paramadina

Kampus Paramadina membuka program kuliah ekstensi dengan masa studi 4 semester atau 2 tahun, dengan beban studi yang ditempuh sebanyak 70 – 80 SKS. Namun masa studi, beban studi dan jumlah yang diakui/disetarakan nantinya tergantung kepada Jurusan D3 dan S1 yang akan diambil. Jika D3 dan S1 sama maka masa studinya 4 semester.

Pelaksanaan perkuliahannya juga akan dilakukan dengan metode blended learning, yaitu dilakukan secara online dan offline. Tersedia 2 pilihan waktu kuliah:

  • Kelas B: Senin s.d Jum’at (18.30 – 21.00) + kelas online (Sabtu)
  • Kelas C: Sabtu (07.00 – 18.00) + kelas online (Weekdays)

Jadi itu 4 rekomendasi kampus yang menyediakan kuliah ekstensi D3 ke S1 online, rata-rata akan masuk dalam kelas karyawan. Dengan begitu kamu bisa kuliah sambil bekerja. Kira-kira kampus mana yang akan jadi pilihan kamu?

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *