5 Kampus yang Buka IUP Kedokteran di Indonesia
4 mins read

5 Kampus yang Buka IUP Kedokteran di Indonesia

IUP Kedokteran di Indonesia – Banyak kampus di Indonesia yang tidak hanya membuka kelas reguler dalam perkuliahannya, ada juga yang membuka kelas internasional atau yang biasa dikenal IUP (Internasional Undergraduate Program) di berbagai kampus. Kelas IUP ini berbeda dengan kelas reguler, karena akan menerapkan kurikulum internasional.

Jurusan yang dibuka pun jauh lebih sedikit dibanding kelas reguler, salah satunya adalah jurusan kedokteran. Nah kampus mana saja sih yang membuka IUP kedokteran di Indonesia?

Daftar Kampus yang Buka IUP Kedokteran di Indonesia

Sudah banyak kampus yang membuka kelas internasional, tapi belum banyak yang membuka jurusan kedokteran dalam kelas IUP. Berikut beberapa pilihan kampus yang membuka IUP kedokteran:

1.    Universitas Gadjah Mada

Kampus pertama yang membuka IUP kedokteran adalah UGM yang sangat populer dan ramai pendaftar setiap tahunnya. Mahasiswa IUP kedokteran akan menempuh pendidikan selama 5,5 tahun dan nantinya bisa bekerja interprofesional, terampil dalam tanggap dalam kondisi darurat, dan selalu up to date. Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk memperkaya pengetahuannya terkait perkembangan teknologi informasi di era revolusi industri.

Untuk lolos IUP kedokteran UGM, setiap peserta harus bisa melewati tes AcEPT, GMST, Interview, MMPI, dan SJT.

Baca juga: Besaran Gaji Lulusan PKN STAN yang Langsung Jadi CPNS dan Prospek Kerjanya

2.    Universitas Indonesia

Kelas Internasional UI memiliki sebutan sendiri, bukan IUP melainkan KKI (Kelas Khusus Internasional). Program Sarjana Kedokteran KKI UI ini dirancang untuk mencetak dokter yang berkompetensi standar internasional dan ditujukan untuk bisa mengembangkan cara belajar dan mengembangkan ilmu serta keterampilan klinis dengan berbagai sumber akademik.

KKI Kedokteran UI sendiri memiliki 3 partner kolaborani internasional, yaitu University of Melbourne, Monash University, dan University of Newcastle Upon Tyne. Mahasiswa Internasional mendapat nilai tambah double degree dengan mengambil program ganda di kampus-kampus mitra.

3.    Universitas Airlangga

Selanjutnya ada Universitas Airlangga yang menyediakan program IUP Kedokteran, yang menonjolkan penggunaan bahasa Inggris, sekaligus menargetkan 50 dosen asing dari kampus luar negeri. Mahasiswa kelas internasional juga bisa mengambil double degree di kampus luar negeri mitra Unair.

Untuk persyaratannya calon mahasiswa WNI harus memiliki Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai TOEFL IBT (Score 60) atau TOEFL CBT (Score 173), TOEFL ITP (Score 500), IELTS (Score 5.5), Airlangga English Language Proficiency Test – ELPT (Score 500).

Sedangkan untuk calon mahasiswa WNA harus memiliki Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai TOEFL IBT (Score 60) atau TOEFL CBT (Score 173), TOEFL ITP (Score 500), IELTS (Score 5.5), Airlangga English Language Proficiency Test – ELPT (Score 500).

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat! Ini 11 Jurusan yang Harus Menyertakan Portofolio dalam Pendaftarannya

4.    Universitas Brawijaya

Program kedokteran IUP Unibraw menerima mahasiswa lokal (WNI) maupun mancanegara (WNA). Untuk tahun 2024, pelaksanaan pendaftaran IUP Unibraw dilakukan dalam 2 intake. Dan untuk materi tesnya antara lain:

  • Ujian tertulis dan/atau pemberian nilai ujian TPA > 450
  • Tes psikologi
  • Wawancara dan Tes Penilaian Situasi
  • Tes kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP (>500)

5.    Universitas Diponegoro

Sama seperti kelas IUP di kampus lainnya, IUP Undip juga menerapkan kurikulum internasional dengan bahasa pengantar yakni bahasa Inggris. IUP Kedokteran Undip menerapkan materi tes sebagai berikut:

  • Tes Potensi Skolastik (TPS) :  Verbal, Logika, dan Numerik
  • Tes Literasi Bahasa Inggris
  • Tes Wawancara dalam Bahasa Inggris 

Untuk persyaratannya, calon mahasiswa harus memiliki kemampuan membedakan warna sesuai dengan tuntutan keilmuan, yang akan dibuktikan dengan tes Kesehatan. Lalu akan dilakukan Psikometri yang akan dilakukan pada saat Registrasi Online calon mahasiswa baru.

Demikianlah daftar kampus yang buka IUP kedokteran di Indonesia. Tertarik masuk kedokteran IUP tapi bingung belajar apa? Bimbel IUP Indonesia College bisa bantu kamu menguasai materi seleksi dengan modul belajar lengkap dan akurat, lho. Tentornya juga seru dan pembelajarannya aktif. Ribuan siswa sudah berhasil, cek informasi selengkapnya di sini, yuk!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *