Masih Bingung? Ini 5 Perbedaan Jurusan Manajemen dan Akuntansi
4 mins read

Masih Bingung? Ini 5 Perbedaan Jurusan Manajemen dan Akuntansi

Perbedaan Jurusan Manajemen dan Akuntansi – Memilih jurusan kuliah menjadi langkah yang menentukan dalam perjalanan karier setiap orang setelah lulus nanti. Kebanyakan orang akan berkarir sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Maka dari itu mempelajari dan memahami setiap jurusan yang akan dipilih sangat penting supaya bisa sesuai dengan minat dan bakat.

Nah, kedua jurusan ini sangat populer untuk dipilih dan banyak yang belum paham perbedaannya. Bagi kamu yang masih bingung perbedaan jurusan manajemen dan akuntansi, simak penjelasan berikut.

Perbedaan Jurusan Manajemen dan Akuntansi

Kedua jurusan ini biasanya masuk dalam fakultas yang sama, yakni Ekonomi dan Bisnis. Nah untuk rincian perbedaannya adalah sebagai berikut:

1.    Kedalaman Teori yang Dipelajari

Jurusan manajemen akan berfokus pada efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya perusahaan, yang ditujukan untuk mencapai keuntungan dan kesejahteraan karyawan. Sementara jurusan akuntansi akan mempelajari proses pencatatan, pengelompokan, dan pemeringkatan data keuangan untuk menghasilkan laporan yang berisi informasi seputar kinerja keuangan perusahaan secara periode tertentu.

2.    Mata Kuliah

Dari segi mata kuliahnya, kedua jurusan ini juga memiliki banyak perbedaan. Mahasiswa Akuntansi mempelajari berbagai mata kuliah terkait akuntansi, seperti akuntansi keuangan, audit, perpajakan, dan akuntansi biaya. Mereka juga menggunakan teknologi digital untuk menyusun jurnal dan menganalisis laporan keuangan, serta melakukan estimasi keuangan.

Mahasiswa prodi Manajemen mempelajari tata kelola perusahaan untuk mencapai keuntungan, meliputi perencanaan hingga pelaksanaan. Mata kuliah utama termasuk manajemen keuangan, pemasaran, operasional, dan sumber daya manusia, dengan tambahan mata kuliah akuntansi dasar. Mereka juga mempelajari sistem informasi manajemen, pengantar bisnis, ekonomi manajerial, strategi manajemen, komunikasi bisnis, dan bisnis internasional.

Baca juga: 9 Daftar Jurusan Kuliah Coding untuk Kamu yang Mau Belajar IT

3.    Peluang Karier Lulusan

Setelah mengetahui bidang yang dipelajari beserta mata kuliahnya, perbedaan lain antara jurusan manajemen dan akuntansi adalah peluang kariernya. Meskipun lulusan manajemen memiliki prospek karier yang luas, termasuk untuk menjadi seorang akuntan jika memang memiliki keahlian dalam bidang akuntansi.

Untuk jurusan manajemen pembelajarannya akan menunjang tujuan karier yang diinginkan, contohnya adalah menjadi manajer, analis bisnis, atau juga menjadi pengusaha. Sementara untuk lulusan akuntansi bisa berkarir menjadi akuntan publik, konsultan pajak dan juga auditor.

Jurusan akuntansi akan cocok dengan kamu yang memiliki ketelitian, detail dan menyukai angka serta perhitungan. Sementara kamu yang berjiwa kepemimpinan, pandai berkomunikasi dan suka menjalin kerja sama, jurusan manajemen jadi pilihan yang tepat.

4.    Peminatan atau Konsentrasi

Dalam perkuliahannya, baik jurusan manajemen maupun jurusan akuntansi nantinya mahasiswa akan mendapatkan kesempatan peminatan atau konsentrasi yang harus ditempuh menjelang akhir semester. Konsentrasi ini bisa memudahkan mahasiswa untuk bisa lebih fokus dan spesifik dalam mendalami topik yang disediakan dalam mengerjakan skripsi nantinya.

Setiap kampus akan menyediakan peminatan untuk mahasiswa jurusan akuntansi dan juga manajemen. Untuk jurusan manajemen, berikut beberapa pilihan konsentrasinya:

  • Entrepreneurship/Kewirausahaan,
  • Marketing Management,
  • Financial Management,
  • Human Capital Management,
  • Operation Management.

Sementara untuk jurusan akuntansi, pilihan konsentrasinya antara lain:

  • Auditing,
  • Taxation,
  • Dan Accounting Information System.

5.    Gelar Akademik 

Perbedaan selanjutnya adalah perbedaan pada gelar yang akan didapatkan setelah lulus. Lulusan S1 Manajemen akan mendapatkan gelar Sarjana Manajemen (S.M), sedangkan untuk lulusan S1 Akuntansi gelarnya adalah Sarjana Akuntansi (S.Ak).

Bagaimana, sudah paham perbedaan jurusan manajemen dan akuntansi? Jadi kamu kira-kira cocok masuk jurusan yang mana? Belum percaya diri dengan kemampuanmu untuk ikut seleksi masuk perguruan tinggi? Bimbel Indonesia College jadi pilihan tepat untuk kamu. Materinya lengkap akurat, dan dapat try out progresif yang mirip aslinya. Ribuan siswa sudah berhasil masuk kampus dan jurusan impian! Ambil giliranmu sekarang di sini.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *