6 Daftar Universitas Negeri yang Ada Jurusan Ilmu Gizi di Indonesia
4 mins read

6 Daftar Universitas Negeri yang Ada Jurusan Ilmu Gizi di Indonesia

Universitas Negeri yang Ada Jurusan Ilmu Gizi – Kuliah jurusan Ilmu Gizi banyak diidam-idamkan orang, terutama mereka yang sangat peduli dengan makanan sehat dan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Jurusan ini akan mempelajari seputar zat-zat gizi, pencernaan dan metabolisme manusia, kecukupan dan kebutuhan gizi, perencanaan konsumsi dan penilaian status gizi, penyakit gizi beserta dengan penyebab timbulnya masalah gizi, sampai degan gizi masyarakat dan sosio budaya gizi.

Nah bagi kamu yang tertarik untuk masuk jurusan ilmu gizi, kira-kira kampus mana yang memiliki jurusan ilmu gizi terbaik?

Universitas Negeri yang Ada Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan ini sudah banyak dibuka di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia, namun jika kamu mencari referensi jurusan Ilmu Gizi dengan kualitas pendidikan terbaik terutama di PTN, berikut beberapa referensinya:

1.    Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jurusan ini di UGM menggunakan nama Gizi Kesehatan, yang merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK). Jurusan ini disahkan secara nasional di tahun 2003. Departemen ini sering dijadikan sebagai institusi rujukan oleh penyelenggara pendidikan gizi di Indonesia. Prodi ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT, sehingga sudah bisa dipastikan kualitas pendidikannya sangat unggul.

2.    Universitas Airlangga (Unair)

Untuk kamu yang memiliki impian menjadi mahasiswa Unair, jurusan Ilmu Gizi juga sudah tersedia di UNAIR dan berada di dalam naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Kurikulum pendidikannya disusun dengan memperhatikan kesesuaian dengan visi misi Universitas Airlangga, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan juga Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia (AIPGI).

Baca juga: Jadi Profesi Idaman dan Banyak Keuntungan, Berikut Daftar Gaji PNS 2024

3.    Institut Pertanian Bogor (IPB University)

Jurusan ilmu gizi IPB sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan menjadi jurusan ilmu gizi pertama yang terakreditasi A. Lulusan jurusan ini dipersiapkan untuk bisa bekerja di pemerintahan dan di masyarakat untuk membantu mengatasi masalah gizi. Untuk kurikulumnya mengacu pada Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI), yang mana khusus dirancang oleh organisasi profesi gizi di Indonesia.

4.    Universitas Indonesia (UI)

Jurusan ini dibuka pada tahun 2008 sebagai jawaban dari berbagai permasalahan terkait kekurangan dan kelebihan gizi yang bisa berdampak pada masalah kesehatan masyarakat Indonesia.

Jurusan ini memiliki beban studi sebanyak 144 SKS dan pembelajarannya menggunakan metode Student Centered Learning, dan pendekatannya menggunakan Problem  Based Learning. Artinya mahasiswa akan diwajibkan untuk berdiskusi secara aktif dan intensif untuk memecahkan macam-macam persoalan di bidang gizi. Saat ini jurusan Gizi UI sudah terakreditasi A oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Baca juga: Kampus PSDKU Adalah? Ini Pengertian dan Daftar Kampus PSDKU

5.    Universitas Brawijaya (UB)

Selanjutnya adalah kampus yang berada di daerah Jawa Timur. Universitas Brawijaya ini mendapatkan dukungan penuh dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDM) Depkes RI dan Southeast Asian Ministers of Education Tropical Medicine (SEAMEO TROPMED), yang memandang perlu dibukanya program S-1 Ilmu Gizi sesuai dengan permintaan yang tinggi. Program Sarjana Ilmu Gizi Universitas Brawijaya masuk ke dalam naungan Fakultas Kesehatan.

6.    Universitas Diponegoro (Undip)

Selanjutnya Universitas Diponegoro juga membuka jurusan Ilmu Gizi di jenjang Sarjana (S1). Jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi berdasarkan LAM-PTKes dengan SK No. 0489/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2020 dengan peringkat A atau Sangat Baik. Untuk masa pendidikannya bisa diselesaikan dalam rentang waktu 4 tahun 3 bulan.

Demikianlah informasi seputar universitas negeri yang ada jurusan ilmu gizi di Indonesia. Bagi kamu yang mau memaksimalkan persiapan masuk PTN, Bimbel Indonesia College bisa jadi pilihan tepat untuk mendapatkan materi tes yang lengkap dan akurat. Sudah berpengalaman sejak 1993 dan ribuan siswa sudah menjadi saksinya. Yuk konsultasikan dulu dengan CS kami di sini.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *