7 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Pemerintahan
4 mins read

7 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Pemerintahan

Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Pemerintahan – Pemerintahan merupakan salah satu sektor yang paling menjanjikan untuk berkarir. Orang-orang yang bekerja di pemerintahan bisa mendapatkan pekerjaan yang stabil, tunjangan yang menarik dan memiliki peluang untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan negara. Pastinya ada banyak sekali orang yang tertarik untuk berkarir di kursi pemerintahan, namun tidak sembarangan orang bisa mendudukinya.

Memilih jurusan kuliah adalah salah satu cara yang tepat untuk menjadi bekal menjadi Pegawai Pemerintahan. Jalur untuk bisa bekerja di sektor pemerintahan salah satunya adalah dengan menjadi Pegawai Negeri Sipil. Nah kira-kira jurusan kuliah apa yang memiliki peluang besar dibutuhkan dan diterima menjadi PNS?

Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Pemerintahan

A horizontal shot of the desks inside of the Scottish parliament building

Terdapat beberapa jurusan kuliah yang berpeluang besar bisa bekerja di Pemerintahan, antara lain:

1.    Ilmu Pemerintahan

Jurusan ini mengkaji berbagai permasalahan organisasi, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi maupun badan publik yang bertugas melaksanakan kekuasaan negara sebagaimana yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan. Mahasiswanya akan dibekali kemampuan negosiasi dan komunikasi, serta pengetahuan yang mendalam seputar sistem pemerintahan, birokrasi, kebijakan publik dan lainnya.

Baca juga: Jurusan Teknologi Batik Universitas Pekalongan, Satu-Satunya di Indonesia

2.    Administrasi Negara

Jurusan Administrasi Negara akan mempelajari cara mengelola negara, sistem pemerintahan, merencanakan pembangunan daerah, pelayanan publik bagi masyarakat, tata kelola pemerintahan yang baik, kegiatan birokrasi, dan segala seluk beluk tentang negara. Kamu yang belajar jurusan ini juga diharuskan untuk belajar ilmu hukum dan politik.

3.    Hukum

Jurusan ini pasti sudah tidak asing untuk orang awam. Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di sektor pemerintahan, terutama di bidang-bidang pemerintahan yang memiliki hubungan erat dengan legalitas dan peraturan negara. Contohnya adalah Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM), Kejaksaan atau juga menjadi hakim.

Dalam perkuliahannya sendiri, kamu akan belajar perundang-undangan, hukum dasar, sampai hukum internasional.

Baca juga: 10 Daftar Perguruan Tinggi di Cilacap, Jawa Tengah

4.    Ilmu Politik

Selanjutnya jurusan ilmu politik yang mengkaji gejala dan juga fenomena sosial politik dan dampaknya bagi masyarakat sosial, mulai dari teori, praktik politik, sistem politik, sampai dengan perilaku politik. Keilmuan ini sangat relevan dengan dinamika pemerintahan dan kebijakan publik.

Lulusannya pun bisa berpeluang besar untuk bekerja di berbagai lembaga pemerintahan, contohnya kementerian luar negeri, lembaga legislatif, atau juga lembaga pemerintahan lainnya yang berhubungan dengan kebijakan publik dan diplomasi.

5.    Informatika

Lembaga pemerintahan tentu juga sangat memanfaatkan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Maka dari itu jurusan di bidang informatika maupun teknologi komputer semakin dibutuhkan di berbagai instansi pemerintahan. Lulusan jurusan ini berpeluang besar bekerja di bidang teknologi informasi pemerintahan, seperti pengembangan sistem informasi, manajemen data, dan keamanan siber di instansi pemerintahan.

6.    Ekonomi

Jurusan ekonomi selalu banyak dibutuhkan di berbagai tempat, termasuk di lembaga pemerintahan itu sendiri. Namun, ada spesialisasi khusus dari jurusan ekonomi yaitu bidang ekonomi pembangunan dan ekonomi publik.

Mahasiswanya akan mempelajari ekonomi industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Lalu untuk lulusannya akan banyak dibutuhkan di Kementerian Keuangan, badan perencanaan pembangunan nasional, atau instansi pemerintah yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara.

7.    Ilmu Sosial

Jurusan-jurusan ilmu sosial memiliki banyak jenisnya, mulai dari Sosiologi, Antropologi, sampai dengan Ilmu Komunikasi yang memiliki peranan penting dalam sektor pemerintahan. Lulusannya nanti berpotensi untuk bekerja di bidang-bidang yang berhubungan dengan kebijakan sosial, komunikasi publik atau penelitian sosial.

Jadi demikianlah 7 jurusan kuliah yang bisa kerja di pemerintahan. Bagi kamu yang tertarik berkarir di pemerintahan dengan gaji dan tunjangan yang menggiurkan, bisa melanjutkan di salah satu jurusan tadi.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *