Jangan Asal Pilih! Ini Kelebihan dan Kekurangan Universitas Negeri dan Swasta
4 mins read

Jangan Asal Pilih! Ini Kelebihan dan Kekurangan Universitas Negeri dan Swasta

Kelebihan dan Kekurangan Universitas Negeri dan Swasta – Masih bingung mau melanjutkan studi di universitas negeri atau swasta? Atau mungkin saat ini kamu belum berhasil diterima di PTN dan satu-satunya jalan supaya tidak gap year adalah kuliah di kampus swasta? Banyak sekali yang membandingkan bahwa kampus negeri jauh lebih bagus kualitasnya dibandingkan kampus swasta. Kira-kira apa sih kelebihan dan kekurangan universitas negeri dan swasta?

Kelebihan dan Kekurangan Universitas Negeri dan Swasta

Universitas negeri atau PTN sering menjadi pilihan utama bagi lulusan baru yang hendak melanjutkan kuliah. Universitas negeri mendapatkan dana dan dikelola langsung oleh pemerintah, dan sering mendapatkan subsidi yang cukup besar untuk memenuhi berbagai keperluan akademik dan non akademik.

Sedangkan kampus swasta sering dipandang sebelah mata, namun sekarang ini sudah banyak sekali kampus swasta yang kualitas pendidikannya tidak kalah bagus dari kampus-kampus negeri unggulan.

1.    Kelebihan Universitas Negeri

  • Biaya Terjangkau: Melanjutkan kuliah di PTN cenderung menawarkan biaya kuliah yang lebih terjangkau karena mendapatkan subsidi dari pemerintah. Bahkan mayoritas kampus akan membagi biaya kuliah dengan berdasarkan golongan yang menentukan kemampuan masing-masing mahasiswa.
  • Fasilitas Lengkap: Mayoritas universitas negeri sudah memiliki fasilitas pendidikan yang memadai, seperti laboratorium, perpustakaan, pusat penelitian dan lainnya untuk memfasilitasi pendidikan mahasiswanya.
  • Reputasi Baik: Universitas negeri cenderung memiliki reputasi yang baik dan sudah diakui secara luas oleh masyarakat. Kualitas pendidikannya pun terbilang baik, dan sudah terakreditasi oleh lembaga akreditasi nasional seperti BAN-PT.
  • Beragam Program Studi: Berbagai pilihan program studi pun tersedia, karena rata-rata universitas negeri membuka beberapa fakultas dan program studi yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat masing-masing calon mahasiswa.

Baca juga: Jadi yang Pertama Buka! Yuk Kenalan dengan Fakultas Teknologi Pertanian UGM dan Jurusan Teknik Pertaniannya

2.    Kekurangan Universitas Negeri

  • Persaingan Masuk Ketat: Proses seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri rata-rata sangat ketat, dan peminatnya pun sangat tinggi yang membuat kesempatan lolosnya pun rendah.

3.    Kelebihan Universitas Swasta

  • Lebih Fleksibel: Universitas swasta bisa dikatakan lebih fleksibel dalam kurikulum dan metode pengajarannya.
  • Fasilitas Modern: Fasilitas di kampus-kampus swasta juga tidak kalah unggul dibandingkan dengan kampus negeri karena sudah banyak yang menawarkan fasilitas modern untuk mendukung kegiatan belajar mengajar baik untuk mahasiswa maupun para dosen dan akademiknya.
  • Kelas Lebih Interaktif: Jumlah mahasiswa di kampus swasta tidak sebanyak kampus negeri, yang membuat interaksi antara dosen dan mahasiswa bisa lebih intensif jadi bisa diserap lebih maksimal bagi para mahasiswanya.
  • Dukungan Karir: Beberapa kampus swasta menawarkan program magang dan/atau kerja sama dengan industri-industri besar, yang bisa membantu para mahasiswa untuk mempersiapkan karir lebih maksimal lagi.
  • Waktu Pendaftaran Lebih Panjang: kampus swasta juga rata-rata membuka waktu pendaftaran yang lebih lama, bahkan lebih dulu dibandingkan waktu pendaftaran kampus negeri.

Baca juga: 8 Fakultas dan Jurusan Kelas Internasional UI yang Ramai Jadi Pilihan, Tertarik yang Mana?

4.    Kekurangan Universitas Swasta

  • Biaya Pendidikan Lebih Mahal: Sepertinya ini sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa biaya pendidikan di PTS lebih mahal dibandingkan PTN. Seringkali biaya pendidikan yang lebih mahal ini juga bisa memberikan kualitas yang sepadan bahkan lebih  baik dari kampus negeri.
  • Reputasinya Bervariasi: Kalau PTS cenderung memiliki reputasi yang bervariasi, sehingga kalau mau melanjutkan di kampus swasta harus sangat selektif supaya bisa mendapatkan kampus dengan pembelajaran yang berkualitas.
  • Beasiswa Terbatas: Kalau di PTN mendapat subsidi dan sering tersedia beasiswa, di PTS cenderung lebih sulit mendapatkan kesempatan beasiswa. Sehingga biaya pendidikannya perlu dipersiapkan matang-matang.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan universitas negeri dan swasta. Ingin masuk universitas negeri impian tapi minder karena persaingannya ketat? Yuk maksimalkan persiapanmu dengan ikut bimbel di Indonesia College! Kamu akan dapat modul lengkap akurat yang diajarkan oleh tentor profesional. Gratis try out progresif juga dengan soal yang mirip BPPP. Ribuan siswa sudah lolos kampus impian mereka lho, yuk konsultasi dengan CS kami dan dapatkan penawaran terbaik selagi tersedia!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *