Pendaftaran CPNS Kemenag Sampai Tanggal Berapa? Ini Dokumen Harus Dipersiapkan
3 mins read

Pendaftaran CPNS Kemenag Sampai Tanggal Berapa? Ini Dokumen Harus Dipersiapkan

CPNS Kemenag Sampai Tanggal Berapa – Waktu pendaftaran CPNS sudah hampir berakhir, saat ini tersisa 2 instansi yang masih buka yaitu Kemendikbudristek dan Kemenag. Kedua instansi tersebut baru membuka pendaftaran pada 31 Agustus 2024, di saat yang lainnya sudah memulai sejak 20  Agustus 2024. Nah hari ini, Kemendikbudristek akan menutup pendaftaran pada 23.59 WIB. Lalu kapan pendaftaran CPNS Kemenag akan ditutup?

Menurut Gus Men selaku Menteri Agama, tahun ini formasi CPNS untuk Kemenag cukup tinggi, “Tidak tanggung-tanggung kita siapkan 5.915 formasi. Ini lebih 25% dari total formasi CPNS Kemenag tahun ini,”.

Untuk usia pelamar CPNS Kemenag tahun ini minimal adalah 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar. Namun khusus untuk formasi dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/Doktor), usia paling tinggi adalah 40 tahun pada saat melamar.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Selagi pendaftaran masih dibuka, kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk mendaftarkan diri. Berikut dokumen-dokumen yang harus kamu persiapkan:

  1. Pas foto terbaru, berpakaian formal dengan latar belakang merah.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli/surat keterangan asli telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang masih berlaku.
  3. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam, atau diketik menggunakan komputer yang ditujukan kepada Menteri Agama Republik Indonesia, ditandatangani dan dibubuhi meterai (e-meterai/meterai tempel).
  4. Ijazah asli sesuai dengan ketentuan persyaratan
  5. Transkrip nilai asli sesuai dengan ketentuan persyaratan
  6. Surat pernyataan yang sudah ditandatangani dan dibubuhi meterai.
  7. Bukti sertifikat akreditasi perguruan tinggi dan atau program studi yang terakreditasi atau bukti izin operasional bagi pelamar yang berasal dari Ma’had Aly sesuai dengan ketentuan persyaratan.
  8. Dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan persyaratan khusus jabatan yang dilamar.
  9. Bagi pelamar Putra/Putri Lulusan Terbaik, sesuai dengan ketentuan persyaratan sebagaimana tercantum. Bukti sertifikat akreditasi perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Bukti sertifikat akreditasi program studi terakreditasi A/Unggul pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi,
  10. Bagi pelamar Penyandang Disabilitas sesuai dengan ketentuan persyaratan ditambah surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.
  11. Bagi pelamar Putra-putri Papua, sesuai dengan ketentuan ditambah:
  12. Akta kelahiran atau surat keterangan lahir
  13. Surat keterangan an Kepala Desa/Kepala Suku

Baca juga: Tidak Masuk di Akal! Ini 8 Jurusan Paling Aneh di Dunia, Tertarik Coba?

Jadwal Pendaftaran CPNS Kemenag Sampai Tanggal Berapa?

Pendaftaran formasi Kemenag dibuka sampai 14 September 2024, pukul 23.59 WIB. Selagi pendaftaran masih dibuka, calon pelamar bisa mengunggah dokumen-dokumen sebelumnya di https://sscasn.bkn.go.id. untuk rangkaian tahapan seleksi CPNS Kemenag 2024 adalah sebagai berikut:

  • Pengumuman: 31 Agustus – 14 September 2024
  • ⁠Pendaftaran: 1 sampai dengan 14 September 2024
  • ⁠Seleksi Administrasi: 1 – 16 September 2024
  • ⁠Pengumuman hasil seleksi administrasi: 17 September 2024
  • ⁠Pelaksanaan SKD CPNS: 16 Oktober – 14 November 2024
  • ⁠Pengumuman hasil SKD CPNS: 17 – 19 November 2024
  • ⁠Pelaksanaan SKB CPNS Non CAT: 12 November – 17 Desember 2024
  • ⁠Pelaksanaan SKB CPNS dengan CAT: 9- 20 Desember 2024
  • ⁠Pengumuman Hasil CPNS: 5 – 12 Januari 2025
  • ⁠Pengisian DRH NIP CPNS: 23 Januari – 21 Februari 2025
  • ⁠Usul Penetapan NIP CPNS: 22 Februari – 23 Maret 2025

Jadi sudah terjawab pertanyaan pendaftaran CPNS Kemenag sampai tanggal berapa, itu sampai 14 September 2024. Yuk maksimalkan kesempatan ini, kamu juga bisa ikut bimbel CPNS di Indonesia College sebagai persiapan untuk seleksi SKD dan SKB nanti. Apa yang akan kamu dapat? Tentu modul lengkap dan free try out progresif yang mirip BKN. Ribuan siswa sudah berhasil, segera ambil giliranmu di sini.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *