Jangan Sampai Terlewat! Ini 11 Jurusan yang Harus Menyertakan Portofolio dalam Pendaftarannya
4 mins read

Jangan Sampai Terlewat! Ini 11 Jurusan yang Harus Menyertakan Portofolio dalam Pendaftarannya

Jurusan yang Harus Menyertakan Portofolio – Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur SNBP 2023 kemarin, Kemendikbud membagikan daftar jurusan yang perlu menyertakan portofolio sebagai syarat pendaftaran. Portofolio yang dilampirkan nantinya harus sesuai dengan kriteria dan kebutuhan dari masing-masing jurusan yang disebutkan, karena jika tidak maka portofolio akan tentunya akan terbuang sia-sia dan tidak ada kesempatan untuk lolos. Apa saja daftar jurusannya?

Jurusan yang Harus Menyertakan Portofolio

Kemendikbud membagikan daftar jurusan yang wajib melampirkan portofolio dalam pendaftarannya, antara lain:

1.    Jurusan Olahraga

Dalam pelaksanaannya, jurusan ini akan sering melakukan praktik dibandingkan teorinya. Bidang olahraga pun memiliki banyak jenisnya, mulai dari ilmu keolahragaan, pendidikan jasmani sampai dengan pendidikan kepelatihan olahraga. Semuanya diharuskan menyertakan portofolio untuk proses penerimaannya.

Nah untuk bentuk portofolionya bisa melampirkan bukti penampilannya di salah satu cabang olahraga saja dalam bentuk video yang disisipkan bersama dokumen pendukung lainnya.

Baca juga: Tertarik Menjadi Pengajar, Jurusan Pendidikan Apa Saja?

2.    Jurusan Seni Rupa, Desain, dan Kriya

Jurusan ini juga mewajibkan untuk melampirkan portofolio, untuk menjaring mahasiswa yang memiliki bakat di bidang seni rupa, desain dan kriya. Untuk bentuk portofolionya bisa berupa karya gambar dengan beberapa ketentuan tertentu.

3.    Jurusan Tari

Kamu yang mau masuk jurusan tari diharuskan melampirkan portofolio berupa video penampilan tari yang berdurasi sekitar 3-7 menit. Sama dengan jurusan lain, nantinya portofolio ini bisa dilampirkan lengkap dengan berkas-berkas lainnya seperti identitas diri sampai dengan surat pernyataan.

4.    Jurusan Teater

Seni teater atau seni bermain peran jadi jurusan yang bisa kamu pilih jika kamu ingin mendalami dunia peran untuk berkarir nantinya. Portofolio yang harus dikirimkan adalah video penampilan monolog berdurasi 3-7 menit.

Baca juga: Jadwal SKD CPNS 2024 Serta Ketentuan dan Nilai Ambang Batasnya

5.    Jurusan Musik

Jurusan ini pasti memiliki banyak sekali peminat, namun untuk masuk jurusan ini harus dipastikan kamu harus memahami melodi terlebih dahulu. Untuk portofolionya nanti kamu harus mengunggah video penampilan melodi, ritmik, menyanyi, termasuk bermain alat musik tertentu.

6.    Jurusan Sendratasik

Sendratasik adalah kependekan dari Seni Drama, Tari dan Musik, yang dalam realisasinya menggabungkan 3 elemen seni. Maka dari itu portofolionya juga harus melampirkan cuplikan Tari, Teater, Musik.

7.    Jurusan Seni Karawitan

Seni karawitan menjadi salah satu cabang dari jurusan seni musik, namun fokusnya adalah pada musik gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog. Jadi untuk masuk jurusan ini, calon mahasiswa harus bisa memainkan musik-musik tradisional, termasuk untuk menyanyi dan menembangkan musik tradisional dengan iringan alat musik tradisional.

8.    Jurusan Etnomusikologi; 

Etnomusikologi ini akan mempelajari bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik garapan dan dokumentasi musik-musik etnis, dengan pemahaman dan analisis musik dari kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Untuk portofolionya bisa berupa penampilan menyanyi atau bermain alat musik tertentu.

9.    Jurusan Fotografi

Calon mahasiswa yang ingin memperdalam dunia fotografi, untuk masuk jurusan ini kamu harus mempersiapkan portofolio berupa karya fotografi dengan tema yang sudah ditentukan oleh pihak penerima. Untuk kamu yang pernah mendapatkan kejuaraan atau prestasi di bidang fotografi juga bisa dilampirkan untuk memperbesar peluang lolos.

10. Jurusan Film dan Televisi 

Untuk masuk jurusan ini, calon mahasiswa harus mempersiapkan portofolio dengan isian hasil scan karya tulis (scenario), scan bukti prestasi (maks 3 buah), scan deskripsi pengalaman dan bukti dan juga pernyataan keaslian pembuatan karya atau penampilan dalam dokumen portofolio.

11. Jurusan Seni Pedalangan

Portofolio yang harus dilampirkan untuk masuk jurusan seni pedalangan adalah rekaman video penampilan memainkan wayang, dengan memperhatikan suara/intonasi, gerak, dan juga nyanyian dalam durasi 3-7 menit.

Demikianlah daftar jurusan yang harus menyertakan portofolio dalam pendaftarannya. Bagaimana, sudah ada karya yang bisa kamu lampirkan nanti?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *