10 Daftar Perguruan Tinggi di Cilacap, Jawa Tengah
4 mins read

10 Daftar Perguruan Tinggi di Cilacap, Jawa Tengah

Perguruan Tinggi di Cilacap – Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah, tepatnya di bagian selatan pulau Jawa. Kabupaten ini menjadi yang terluas di provinsi Jawa Tengah, nah apakah kabupaten ini sudah memiliki banyak perguruan tinggi? Bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan pendidikan di kampus yang lokasinya di Cilacap, kamu perlu menyimak rekomendasi kampus berikut.

Daftar Perguruan Tinggi di Cilacap

Terdapat beberapa referensi perguruan tinggi yang berada di Cilacap, Jawa Tengah. Berikut di antaranya:

1.    Politeknik Negeri Cilacap

Kampus pertama ada PNC yang berlokasi di Cilacap, tepatnya di Jl. Dr. Soetomo Nomor 1, Sidakaya, Cilacap Selatan. Kampus ini memiliki berbagai program studi dengan jenjang Diploma III sampai dengan Diploma IV, berikut di antaranya:

Diploma III:

  • Teknik Elektronika
  • Teknik Informatika
  • Teknik Mesin
  • Teknik Listrik

Diploma IV/Sarjana Terapan:

  • Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan 
  • Pengembangan Produk Agroindustri
  • Rekayasa Keamanan Siber 
  • Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah
  • Teknologi Rekayasa Multimedia 
  • Teknologi Rekayasa Mekatronika
  • Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan

Baca juga: 15 Universitas Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia 2024, Ada Kampus Impianmu?

2.    Institut Agama Islam Imam Ghozali

Perguruan tinggi Islam juga sudah tersedia, kampus ini memiliki akronim IAIIG yang merupakan kampus swasta di Cilacap. Untuk pilihan jurusan yang dibuka antara lain:

  • Fakultas Syariah: Informasi Fakultas Syariah dan Ahwal Al Syakhsyiah (AS)
  • Fakultas Tarbiyah: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru MI (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  • Fakultas Dakwah: Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)

3.    STIKES Graha Mandiri Cilacap

Selanjutnya ada kampus swasta di bidang kesehatan. STIKES Graha Mandiri Cilacap ini membuka 2 program studi yaitu Sarjana Fisioterapi dan Diploma III Kebidanan. Kampus ini berlokasi di Jl. dr. Soetomo No.4 B Cilacap.

4.    STIKES Serulingmas Cilacap

Masih kampus di bidang kesehatan, untuk STIKES Serulingmas ini lebih berfokus pada Keperawatan. Untuk pilihan program studinya antara lain ada D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan S1 Farmasi. Lalu lokasinya ada di Jl. Raya Maos No.505, Kecamatan Maos.

5.    Akademi Maritim Nusantara

Karena Cilacap berada di pesisir selatan pulau Jawa, ada juga perguruan tinggi di bidang maritim yaitu Akademi Maritim Nusantara (AMN). Lokasinya ada di Jl Kendeng No. 307, Sidanegara, Cilacap Tengah. Lalu untuk pilihan program studinya ada Pengelolaan Pelabuhan, Teknika, dan Nautika.

6.    Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap

STIE Muhammadiyah Cilacap bisa jadi pilihan kamu jika ingin melanjutkan pendidikan di bidang keuangan. Lokasinya ada di Jl. Urip Sumoharjo No. 21A Mertasinga. Sementara untuk pilihan program studinya ada:

  • Program Studi S1 Akuntansi (Terakreditasi B)
  • Program Studi S1 Manajemen (Terakreditasi B)
  • Program Studi D3 Akuntansi (Terakreditasi B)

7.    STAI Sufyan Tsauri

Masih perguruan tinggi swasta, STAI Sufyan Tsauri (STAIS) berlokasi di Jl. KH. Sufyan Tsauri, Cigaru, Cibeunying, Kec. Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53257. Untuk pilihan program studinya ada Ekonomi dan Bisnis Islam, Tarbiyah, dan Syariah.

8.    Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Kampus yang memiliki sebutan Unugha ini sudah membuka program pascasarjana, dan untuk program sarjananya juga sudah ada banyak pilihan. Berikut rinciannya:

  • Fakultas Keagamaan Islam: Hukum Keluarga Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru MI, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan Manajemen Pendidikan Islam
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Pendidikan Guru SD dan Bimbingan Konseling
  • Fakultas Mikom: Sistem Informasi, Matematika, dan Teknik Informatika
  • Fakultas Ekonomi: Manajemen dan Ekonomi Pembangunan
  • Fakultas Teknologi Industri: Prodi Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Mesin.

9.    Universitas Al-Irsyad Cilacap

UNAIC menjadi salah satu perguruan tinggi yang sudah berbentuk universitas, karena di Cilacap masih sedikit kampus yang sudah berbentuk Universitas. Kampus ini awalnya adalah Akademi Keperawatan, dan saat ini UNAIC sudah membuka program studinya ada S1 Bisnis Digital dan S1 Kewirausahaan. Fakultas Farmasi, Sains dan Teknologi membuka D3 Farmasi, D4 Teknologi Laboratorium Medis, dan S1 Farmasi. Terakhir, Fakultas Ilmu Kesehatan menaungi Program Studi D3 dan S1 Keperawatan, D3 dan S1 Kebidanan, serta D3 Fisioterapi.

10. STKIP Darussalam Cilacap

Terakhir ada kampus di bidang ilmu kependidikan, yang berlokasi di Jl. Raya Karangpucung – Majenang, km. 02 No. 08 Karangpucung. Untuk pilihan program studi STKIP Darussalam ada Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Demikianlah 10 perguruan tinggi di Cilacap, Jawa Tengah yang bisa menjadi referensi untuk kamu. Jadi dari beberapa pilihan tersebut, kamu mau masuk ke kampus yang mana?

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *