Jurusan Teknologi Batik Universitas Pekalongan, Satu-Satunya di Indonesia
3 mins read

Jurusan Teknologi Batik Universitas Pekalongan, Satu-Satunya di Indonesia

Jurusan Teknologi Batik – Kota Pekalongan mendapat julukan kota batik karena menjadi central penghasil batik terbanyak. Batik sendiri menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia, dan Kota Pekalongan bisa mempertahankan nilai estetika batik yang menjadi kebanggaan negara Indonesia di mata dunia. Bahkan kota Pekalongan sudah diakui oleh Unesco (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan).

Jurusan Teknologi Batik Universitas Pekalongan

Universitas Pekalongan atau yang biasa disebut Unikal ini mendapat kepercayaan dan tugas dari Pemerintah Republik Indonesia sebagai lembaga perguruan tinggi unggulan di Kota Pekalongan, dan diamanahi untuk berpartisipasi mentransfer ilmu pengetahuan, teknologi seni dan budaya perbatikan kepada masyarakat Indonesia dan mengembangkannya secara luas ke seluruh dunia.

Dengan amanah tersebut, Unikal membuka program studi Diploma III Teknologi Batik yang diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian pendidikan Nasional RI pada 24 September 2011.

Sampai sekarang program studi ini sudah memiliki banyak alumni, dan bahkan kebanyakan yang mendaftar adalah orang dari luar negeri seperti Jepang dan Brunei Darussalam. Sedangkan untuk peminat dari dalam negeri justru terbilang sangat sedikit. Biasanya yang mendaftar juga cenderung berasal dari keluarga pengrajin batik yang ingin mempelajari lebih dalam tentang batik nusantara.

Baca juga: 10 Daftar Perguruan Tinggi di Cilacap, Jawa Tengah

Jurusan teknologi batik ini masuk dalam Fakultas Teknik, dan sudah mendapatkan akreditasi B dengan berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 2201/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/IV/2020.

Mahasiswa Jurusan  Teknologi Batik Belajar Apa?

Mahasiswa jurusan ini akan diajarkan seputar teknologi terbaru dalam pembuatan batik, sehingga nantinya mereka diharapkan bisa membangun usaha kerajinan batik dan tekstil secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi nantinya.

Jadi lulusannya bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan soal batik nusantara yang sangat beragam. Lulusannya juga akan mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md).

Untuk beberapa mata kuliah unggulan prodi D3 Teknologi Batik antara lain meliputi:

  • Filsafat dan Budaya Batik
  • Pewarnaan Alam dan Sintetis
  • Ragam Hias Batik
  • Eksplorasi Batik dan Fashion
  • Desain Batik Digital dan Multimedia Marketing
  • Technopreneurship
  • Green Batik

Meskipun jurusan ini mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi pengrajin batik yang berkualitas dengan pengetahuan dan keterampilan mumpuni, namun lulusannya juga memiliki peluang untuk bekerja di berbagai instansi pemerintah, perusahaan swasta, atau bisa juga menjadi designer.

Program Studi D3 Teknologi Batik Unikal sudah melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga, seperti lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, lembaga swasta, asosiasi, komunitas, dan praktisi baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

Prospek Kerja

Lulusan D3 Teknologi Batik ini memiliki prospek kerja menjanjikan di bidang kerajinan batik itu sendiri, berikut beberapa profesi yang bisa jadi pilihan:

  1. Pengusaha Batik: kamu bisa menghasilkan produk batik sendiri, baik dalam bentuk kain, atau yang sudah menjadi produk dalam bentuk yang bermacam-macam seperti daster, baju batik, rok batik, celana batik, dan banyak lagi lainnya.
  2. Instruktur Batik: menjadi orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam ilmu perbatikan juga bisa menjadi instruktur batik untuk mengenalkan dan mengajarkan berbagai corak batik, serta proses pembuatan batik.
  3. Perancang Batik: batik sudah bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk. Untuk pakaian sendiri, kamu bisa mengkreasikan menjadi dress-dress atau pakaian yang bernilai jual tinggi. Contoh perancang batik ternama adalah Edward Hutabarat dan Oscar Lawalata.

Demikianlah perkenalan singkat dengan jurusan teknologi batik Universitas Pekalongan yang menjadi satu-satunya kampus dan jurusan teknologi batik di Indonesia. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk belajar batik?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *