Jadi yang Pertama dan Satu-Satunya, Yuk Kenalan dengan Jurusan Optometri UKRIDA
4 mins read

Jadi yang Pertama dan Satu-Satunya, Yuk Kenalan dengan Jurusan Optometri UKRIDA

Jurusan Optometri – Jurusan Optometri Universitas Kristen Krida Wacana menjadi satu-satunya jurusan Optometri di jenjang Sarjana Terapan yang ada di Indonesia. Tersedia pendidikan reguler dan pendidikan lanjutan bagi lulusan D3 Refracto Optisien atau lulusan D3 Optometri. Proses pembelajarannya menerapkan kurikulum internasional yang difasilitasi oleh staf dosen dari dalam maupun luar negeri.

Jurusan Optometri UKRIDA

Sumber: Ukrida

Jurusan ini sudah didukung oleh perlengkapan laboratorium praktikum generasi terbaru, dan kegiatan praktik di klinik dan rumah sakit pendidikan maupun kegiatan magang di jejaring dunia usaha dan dunia industri terkemuka.

Lulusan D4 Optometri Ukrida akan menjadi calon-calon optometri pertama di Indonesia, yang sebelumnya sudah mendapatkan praktik di Klinik Optometri di RS Ukrida yang menjadi “klinik percontohan”.

Optometri sendiri merupakan disiplin ilmu dan profesi kesehatan yang berkaitan dengan perawatan mata dan penglihatan. Profesinya disebut optometris, yang berfokus pada pemeriksaan mata, diagnosis gangguan penglihatan, perawatan kondisi mata, dan pemberian resep kacamata atau lensa kontak untuk memperbaiki dan mengoreksi masalah penglihatan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Pemerintahan

Di Indonesia sendiri, untuk menjadi tenaga optometris harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 19 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Refraksionis Optisien dan Optometris. Permenkes tersebut menyatakan bahwa “seorang optometris adalah mereka yang telah lulus pendidikan D4 atau Sarjana Terapan.”

Nah Jurusan Diploma IV Optometri UKRIDA sudah terakreditasi Baik berdasarkan SK LAM-PTKES No. 0020/LAM-PTKes/Akr/Dip/II/2021, jadi sudah dipastikan kualitas pendidikannya unggulan.

Tugas dan Peran Optometris

Dalam praktiknya, seorang optometris berperan penting dalam melakukan pemeriksaan mata rutin, mendiagnosis gangguan penglihatan, melakukan perawatan mata, melakukan koreksi pada ketajaman penglihatan, mengelola kesehatan penglihatan, serta memberikan edukasi tentang perawatan mata agar penglihatan tetap optimal. 

Baca juga: Jurusan Teknologi Batik Universitas Pekalongan, Satu-Satunya di Indonesia

Adapun tugas Optometris adalah:

  • Informatif: memberikan informasi atau penyuluhan kepada masyarakat ketika terjadi wabah penyakit mata.
  • Preventif: tatacara penanggulangan dan pencegahan penyakit mata (termasuk katarak, glaucoma, Aged Macula Degeneration/AMD, Diabetes retinopati, dll).
  • Deteksi/diagnosa: menentukan hasil pemeriksaan mata dasar.
  • Rehabititatif: pemberian terapi.

Keunggulan Jurusan Optometri UKRIDA

Program Studi Optometri UKRIDA hadir dengan menawarkan beberapa keunggulan kompetitif, di antaranya:

  • Jurusan Sarjana Terapan Optometri pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dengan adanya jurusan ini membuat calon mahasiswa yang ingin menjadi Optometris tidak harus berkuliah di luar negeri, dan harapannya bisa berkembang sampai level doktorat.
  • Jurusan ini berada di FKIK, sehingga pengetahuan tentang seluk-beluk Kesehatan mata dapat dijamin, karena diajarkan langsung oleh dosen-dosen program studi kedokteran.
  • Menggunakan materi BHVI (Brian Holden Vision Institute) yang diakui secara internasional. BHVI merupakan mitra utama dari WCO (World Council of Optometry) yang merupakan think-thank penyusunan kebijakan-kebijakan WHO dalam hal Kesehatan mata dan penglihatan.
  • Didukung oleh asing yang berkualitas di bidang optometri, UKRIDA berkomitmen untuk meluluskan SDM berkualitas sehingga bekerja sama dengan dosen asing yang berkompeten sesuai persyaratan DIKTI.
  • UKRIDA sudah memiliki 2 RS milik sendiri sebagai tempat untuk melakukan praktek lapangan. Karena di bawah satu manajemen, maka sarana dan prasarana praktek lapangan mahasiswa dapat dilaksanakan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Fasilitas Penunjang Perkuliahan

Fasilitas-fasilitas penunjang perkuliahan yang diberikan selama mahasiswa kuliah di Program Studi Optometri  UKRIDA adalah:

  • Laboratorium dasar kedokteran
  • Laboratorium dasar fisika
  • Laboratorium Optometri:
    • Laboratorium penglihatan (Visual laboratories)
    • Laboratorium pelatihan optometri (Optometry training laboratory)
    • Laboratorium lensa kontak (Contact lens laboratory)
    • Laboratorium dispensing (Dispensing laboratory)
    • UKRIDA memiliki 2 buah RS milik sendiri, dimana mahasiswa mendapat kesempatan untuk melakukan praktek lapangan.

Jadi itu dia informasi seputar jurusan optometri UKRIDA. Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan pendidikan di jurusan ini dan jadi Optometris?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *