8 Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen, Auto Dapat Nilai Bagus!
4 mins read

8 Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen, Auto Dapat Nilai Bagus!

Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen – Dunia perkuliahan memiliki tingkat perbedaan yang cukup jauh jika dibandingkan dengan masa sekolah. Mahasiswa cenderung lebih bebas mengekspresikan diri di kampus dan peraturan tidak seketat waktu sekolah. Namun mahasiswa juga rawan sekali mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, yang bahkan bisa membuat mahasiswa mengulang kelas.

Nah, ada mahasiswa yang cenderung disukai dosen, yang membuat dosen tidak akan pelit dalam memberi nilai. Tipe mahasiswa yang seperti apa yang disukai dosen?

Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen

Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen

Sebagian besar mahasiswa menginginkan nilai yang bagus untuk bisa cepat lulus dan dapat IPK tinggi. Kamu bisa mendapatkan itu dengan menjadi mahasiswa sebagai berikut:

1.    Datang Tepat Waktu

Mahasiswa yang terlambat cenderung lebih dihafal dosen, tapi tentu saja mahasiswa yang datang tepat waktu lebih disukai dosen. Mahasiswa yang terlambat datang akan ditandai oleh dosen, dan sangat mungkin untuk mendapat poin negatif yang berujung mendapat nilai jelek nantinya.

Baca juga: Poltrada Bali Punya 3 Pilihan Jurusan, Lulusan Poltrada Bali Jadi Apa?

2.    Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Mahasiswa tidak akan jauh-jauh dari tugas setiap harinya. Tentunya dosen banyak yang tidak mau tahu akan hal itu dan lebih suka mahasiswa yang bisa mengumpulkan tugas tepat waktu. Dosen tidak hanya mengajar satu kelas saja, jadi saat kamu mengumpulkan tugas di luar waktu yang ditentukan ditakutkan akan terselip di tempat lain. Tentu ini juga bisa merugikan kamu karena dinilai tidak disiplin.

3.    Mahasiswa yang Aktif di Kelas

Rata-rata pembelajaran mahasiswa di perkuliahan akan menerapkan diskusi dan presentasi yang mengharuskan mahasiswa selalu aktif. Dosen akan mengamati setiap mahasiswa, terutama mahasiswa yang aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dalam sesi diskusi. Dosen juga akan lebih menyukai mahasiswa yang bertanya saat belum paham dibandingkan mahasiswa yang hanya diam.

4.    Disiplin dalam Penampilan

Dunia perkuliahan tentu masuk dalam pendidikan formal, yang mestinya juga mahasiswa bisa menggunakan pakaian yang sopan dan semi formal. Meskipun dalam perkuliahan mahasiswa akan dibebaskan menggunakan pakaian apapun, namun setiap kampus bahkan setiap dosen masih berhak memberikan peraturan dalam berpakaian.

Setidaknya gunakanlah atasan kemeja atau baju berkerah, bersepatu, dan style rapi yang sekiranya pantas untuk digunakan dalam acara formal.

Baca juga: Berbasis IT, Yuk Kenalan dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang!

5.    Menyimak Penjelasan Dosen dengan Baik

Baik dosen maupun mahasiswa memiliki waktu yang sama-sama padat di kampus. Maka dari itu dosen akan sangat menghargai mahasiswa yang tepat waktu dan bersedia menyimak penjelasannya dengan baik di kelas tanpa bermain ponsel, tidur maupun mengobrol dengan temannya.

6.    Sopan dan Menghargai Waktu

Di luar kelas, mahasiswa kerap diharuskan bertemu dengan dosen baik itu untuk tugas, maupun bimbingan. Sebelum bertemu dengan dosen, mahasiswa harus membuat janji temu dengan dosen melalui chat, dengan bahasa yang sopan. Setelah ada kesepakatan, mahasiswa juga harus bisa datang sebelum jam yang ditentukan, jangan sampai membuat dosen menunggu.

7.    Mau Diajak Kerja Kelompok

Selain tugas individu, mahasiswa akan sering mendapatkan tugas kelompok. Dosen akan mencari tahu kemampuan mahasiswa dalam bekerja sama dalam tim, baik saat mengerjakan tugas maupun saat mempresentasikan hasilnya. Banyak kasus mahasiswa yang hanya titip nama dalam tugas kelompok, tentu ini sangat merugikan mahasiswa lain.

8.    Jujur Saat Ujian

Selain kecewa saat mahasiswanya mendapat nilai yang rendah, dosen jauh lebih kecewa saat mahasiswanya tidak jujur dalam ujian. Dosen tentu bisa tahu mahasiswa mana yang menyontek, apalagi dalam perkuliahan plagiasi menjadi permasalahan penting yang bisa dikenakan sanksi. Maka dari itu berlakulah jujur dan lebih giat dalam belajar supaya bisa dapat nilai yang maksimal.

Jadi jika kamu ingin mendapat nilai bagus dan lulus tepat waktu tanpa ada masalah dengan dosen, jadilah tipe mahasiswa yang disukai dosen di atas. Bagaimana, sudah sesuai dengan kepribadianmu selama ini di kampus?

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *