5 Daftar Kampus Swasta Termahal di Indonesia dan Rata-Rata Biaya Kuliahnya
4 mins read

5 Daftar Kampus Swasta Termahal di Indonesia dan Rata-Rata Biaya Kuliahnya

Kampus Swasta Termahal di Indonesia – Dalam ranah perguruan tinggi di Indonesia, kampus swasta sering identik dengan biaya kuliahnya yang mahal. Dibandingkan kampus negeri yang bergantung pada dana pemerintah, kampus swasta berani menawarkan fasilitas dan kualitas yang sepadan dengan biaya yang diterapkan. Nah kira-kira kampus swasta mana saja yang terkenal mahal di Indonesia?

Kampus Swasta Termahal di Indonesia

kampus swasta termahal di Indonesia

Berikut beberapa daftar kampus swasta yang dikenal memiliki biaya kuliah yang mahal:

1.    Universitas Pelita Harapan (UPH)

Tentu kamu sudah tidak asing dengan kampus swasta ini yang lokasinya berada di Tangerang. UPH ini menjadi kampusnya para artis dan ‘orang-orang berduit’, karena biaya kuliahnya yang terkenal mahal. Untuk biaya kuliah di semester pertamanya mencapai Rp41,6 juta – Rp171,75 juta, tapi kembali lagi ke program studi yang diambil. Lalu untuk semester 2 biaya kuliahnya mulai Rp12,6 juta – Rp50,75 juta per semester.

Dari itu bisa diperkirakan biaya kuliah sampai akhir semester mencapai ratusan juta bahkan miliaran tergantung program studinya. Namun biaya ini sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan yang sangat megah seperti UPH Clinic, Hope Counselling & Assessment Center, tempat gym, kolam renang, hingga lapangan futsal & badminton, hingga fasilitas billiard.

2.    Swiss German University

Kampus ini menjadi kampus yang berbasis internasional, karena pembentukannya melibatkan kerja sama antara Indonesia, Swiss, Jerman dan Austria. Tenaga pengajarnya pun melibatkan tenaga asing, dan fasilitasnya tidak tanggung-tanggung. Ada tempat fitness & gym, lapangan indoor untuk berbagai cabang olahraga, kolam renang, trek jogging, sauna, sampai dengan tenis meja.

Biaya kuliah per semesternya mulai dari Rp27,5 juta – Rp30 juta per semester, adapun biaya lainnya yaitu, Confirmation fee sebesar Rp10 juta dan Development fee Rp58,5 juta.

3.    LSPR Institute of Communication & Business

Selanjutnya LSPR ini berlokasi di Jakarta yang menawarkan program sarjana dan magister di bidang ilmu komunikasi dan bisnis. Kampus ini sudah menuai banyak prestasi dengan meraih penghargaan bergengsi secara konsisten, di tingkat nasional maupun internasional.

Biaya kuliahnya ada di kisaran Rp21 juta sampai dengan Rp30 juta per semesternya. Untuk fasilitasnya juga sudah lengkap, seperti fasilitas olahraga yang menyediakan lapangan, area fitnes, kolam renang, dan lainnya,  taman kampus, laboratorium, auditorium, sampai dengan klinik.

Baca juga: 8 Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen, Auto Dapat Nilai Bagus!

4.    Binus University

Universitas Bina Nusantara juga masuk dalam daftar kampus swasta termahal di Indonesia. Faktor yang membuat kampus ini jadi kampus mahal adalah karena prestasi akademiknya yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan sudah meraih akreditasi Internasional oleh Quacquarelli Symonds.

Fasilitas-fasilitasnya yang modern juga menjadi faktor, seperti food court, internet corner, copy center, green screen studio, laboratorium bahasa, dan berbagai fasilitas lainnya.

Biaya kuliahnya mencapai Rp17,7 juta sampai dengan Rp23 juta untuk satu semesternya. Di lain itu mahasiswa kampus ini juga akan dikenakan biaya tambahan seperti biaya laboratorium yang berkisar antara Rp1,6 juta hingga Rp4,250 juta, biaya peralatan sebesar Rp9 juta, dan berbagai biaya tambahan lainnya yang mungkin diperlukan selama masa studi. Namun ini juga tergantung pada program studi yang dipilih.

5.    President University

Kampus ini berlokasi di kawasan Jababeka Cikarang, yang merupakan kawasan industri. Untuk biaya kuliah per semesternya membutuhkan biaya sekitar Rp30 juta. Kampus ini juga terkenal dengan pendidikan internasionalnya, yang menawarkan Program Student Exchange ke 53 universitas luar negeri, mulai dari India hingga Eropa.

Baca juga: Poltrada Bali Punya 3 Pilihan Jurusan, Lulusan Poltrada Bali Jadi Apa?

Fasilitas penunjang pendidikannya pun disediakan sangat mewah, mulai dari Jababeka Golf and Country Club, President Executive Club, kolam renang, lapangan tenis, sepak bola, basket, auditorium, sampai dengan President University Medical Center.

Demikianlah 5 kampus swasta termahal di Indonesia. Dari 5 kampus tersebut apakah ada yang jadi impian kamu untuk lanjut kuliah nanti?

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *