Apa Saja Sekolah Kedinasan di Jawa Timur? Ada AAL dan Sekolah Pilot!
4 mins read

Apa Saja Sekolah Kedinasan di Jawa Timur? Ada AAL dan Sekolah Pilot!

Apa Saja Sekolah Kedinasan di Jawa Timur – Sekolah kedinasan menjadi lembaga pendidikan yang banyak menjadi pilihan karena benefitnya yang menjanjikan, contohnya adalah biaya pendidikan gratis dan jaminan menjadi CPNS setelah lulus nanti. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali sekolah kedinasan yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satunya di Provinsi Jawa Timur. Bagi kamu yang berdomisili di Jawa Timur, berikut daftar sekolah kedinasan yang bisa jadi pilihan kamu.

Apa Saja Sekolah Kedinasan di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki lebih dari satu sekolah kedinasan yang mempelajari bidang keilmuan berbeda-beda, berikut pilihannya:

1.    Politeknik Penerbangan Surabaya 

Pertama ada sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan yang ada di matra udara. Poltekbang Surabaya ini menerima lulusan SMA/sederajat untuk bisa berkiprah di bidang aviasi atau penerbangan dan berkesempatan untuk menjadi ASN nantinya setelah lulus dengan jalur penerimaan Pola Pembibitan.

Perguruan tinggi kedinasan ini memiliki beberapa pilihan jurusan di jenjang D3, di antaranya ada Lalu Lintas Udara, Komunikasi Penerbangan, Manajemen Transportasi Udara, Teknik Listrik Bandar Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, dan Teknik Pesawat Udara.

2.    Akademi Angkatan Laut Surabaya

Bagi kamu yang ingin melanjutkan di sekolah kedinasan terutama ingin menjadi Tentara Negara Indonesia di bidang maritim, Akademi Angkatan Laut (AAL) bisa jadi pilihan kamu. Lokasi AAL ini ada di komp TNI AL Bumi More, Bumi Moro, Morokrembangan, Kec. Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60178.

Sekolah pendidikan TNI AL ini menerima lulusan SMA sederajat, dengan pilihan program studi Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, Manajemen Pertahanan Matra Laut, Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat, Teknik Mesin Kapal Perang, dan Teknik Elektronika Kapal Perang.

Baca juga: 5 Kampus yang Buka IUP Kedokteran di Indonesia

3.    Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

PPI Madiun ini menjadi satu-satunya sekolah kedinasan yang berfokus di ilmu perkeretaapian dan berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan di matra darat. Sekolah kedinasan ini membuka beberapa pilihan jurusan dengan program Diploma 3, di antaranya ada jurusan Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Teknologi Elektro Perkeretaapian, Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan Teknologi Mekanika Perkeretaapian.

4.    Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

Sekolah kedinasan satu ini lebih dikenal sebagai Sekolah Pilot Banyuwangi, yang masih di bawah naungan Kementerian Perhubungan di matra udara. Kampusnya berlokasi di Bandar Udara Internasional Banyuwangi, Kompleks, Jl. Pantai Blimbingsari, Dusun Krajan, Blimbingsari, Rogojampi, Banyuwangi Regency, Jawa Timur 68462. Tarunanya akan belajar menerbangkan pesawat, dengan program studi yang tersedia antara lain D3 Penerbang Sayap Tetap (PST) dan D3 Operasi Pesawat Udara (OPU).

5.    Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya

Poltekesbaya membuka Pendidikan Kedinasan di Bidang Kesehatan yang dibina langsung oleh Kementerian Kesehatan RI. Poltekes Surabaya membuka beragam program studi, terbagi dalam 7 jurusan, 14 Program Studi Diploma III, 6 Program Studi Sarjana Terapan, dan 2 Program Studi Profesi. Lokasi kampusnya ada di Jl. Pucang Jajar Tengah 56 Surabaya.

Baca juga: Besaran Gaji Lulusan PKN STAN yang Langsung Jadi CPNS dan Prospek Kerjanya

6.    Politeknik Pelayaran Surabaya

Sekolah kedinasan terakhir yang ada di Jawa Timur adalah Poltekpel Surabaya yang juga berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan matra laut. Poltekpel Surabaya ini memfasilitasi Tarunanya untuk bisa menjadi pelaut profesional dengan profesi Ahli Nautika, Ahli Teknika, dan Ahli Elektro Pelayaran untuk Pelayaran Kapal Niaga.

Kampusnya berlokasi di 2 tempat, yaitu di Jalan Raya Hang Tuah Nomor 5 Surabaya dan Jalan Gunung Anyar Boulevard Nomor 1 Surabaya.

Jadi sudah terjawab apa saja sekolah kedinasan di Jawa Timur, kan? Sekolah kedinasan mana yang jadi pilihan kamu? Jangan sampai terlambat mempersiapkan diri untuk lolos seleksi masuk sekolah kedinasan impianmu. Segera ikut bimbel kedinasan di Indonesia College untuk dapatkan soal-soal prediktif akurat yang mirip BKN. Ribuan siswa sudah berhasil, yuk ambil giliranmu sekarang di sini.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *