Besaran Gaji Lulusan PKN STAN yang Langsung Jadi CPNS dan Prospek Kerjanya
4 mins read

Besaran Gaji Lulusan PKN STAN yang Langsung Jadi CPNS dan Prospek Kerjanya

Gaji Lulusan PKN STAN – PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara menjadi salah satu sekolah kedinasan yang menjadi pilihan banyak lulusan baru dari SMA/sederajatnya. Sekolah kedinasan ini di bawah naungan langsung Kementerian Keuangan, yang menerapkan program ikatan dinas.

Mahasiswanya tidak dibebankan biaya pendidikan, dan berpeluang untuk langsung diangkat menjadi CPNS setelah lulus nanti. Penempatan kerjanya pun sangat menggiurkan, yakni di lingkungan Kementerian Keuangan RI dan banyak juga dibutuhkan di instansi pemerintahan lainnya.

Besaran Gaji Lulusan PKN STAN

Jadi salah satu sekolah kedinasan populer yang memiliki banyak peminat, tidak sedikit orang yang penasaran dengan gaji lulusan PKN STAN yang nantinya langsung diangkat menjadi CPNS. Nah besaran gajinya sebenarnya akan tergantung pada jenjang pendidikan yang dilalui mahasiswa.

PKN STAN sendiri memiliki banyak pilihan program pendidikan, dengan jenjang DIII dan DIV atau Sarjana Terapan. Namun sekarang ini yang dibuka untuk lulusan SMA/sederajat adalah jenjang DIV saja, sedangkan untuk program studi DIII hanya diperuntukkan bagi lulusan PKN STAN yang sebelumnya merupakan lulusan dengan ijazah D1.

Lalu untuk penentuan golongan CPNS untuk lulusan PKN STTAN tertera dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 184/PMK.01/2018 yang kemudian diperbaharui pada PMK No. 226/PMK.01/2020.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat! Ini 11 Jurusan yang Harus Menyertakan Portofolio dalam Pendaftarannya

Lulusan PKN STAN DIII akan diangkat menjadi CPNS golongan IIC atau Pengatur, sementara untuk lulusan PKN STAN DIV akan diangkat menjadi CPNS golongan IIIC atau Penata. Dari golongan ini bisa dilihat pembagian gaji CPNS lulusan PKN STAN sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2024 Tentang Perubahan Kesembilan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil:

  • Golongan IIC Rp 2.445.900 – Rp 3.958.200
  • Golongan IIIA Rp 2.785.700 – Rp 4.575.200

Selain gaji pokok ini, CPNS lulusan PKN STAN juga akan mendapatkan berbagai tunjangan, salah satunya Tunjangan Kinerja (Tukin). Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 156 Tahun 2014, di Kementerian Keuangan disebutkan Tunjangan Kinerja (Tukin) dengan besaran terkecil adalah Tukin Jabatan Kelas 1 sebesar Rp 2.575.000.

Jurusan di PKN STAN

PKN STAN memiliki 9 pilihan jurusan dengan jenjang Diploma III dan Diploma IV, namun untuk yang dibuka bagi umum adalah Diploma IV dengan program ikatan dinas yang dibuka setiap tahunnya bersama sekolah kedinasan lain. Berikut pilihan jurusan yang ada di PKN STAN:

  • Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  • Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  • Diploma IV Manajemen Aset Negara
  • Diploma III Akuntansi
  • Diploma III Pajak
  • Diploma III PBB/Penilai
  • Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  • Diploma III Kebendaharaan Negara
  • Diploma III Manajemen Aset

Baca juga: Tertarik Menjadi Pengajar, Jurusan Pendidikan Apa Saja?

Prospek Kerja Lulusan PKN STAN

Selain ditempatkan di Kementerian Keuangan, lulusan PKN STAN juga berpotensi untuk ditempatkan di instansi pemerintahan berikut:

1.       Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Tanggung jawab untuk bekerja di DJP ini adalah mengelola perpajakan negara, sesuai dengan ketetapan Menteri Keuangan dan juga peraturan perundang-undangan.

2.       Direktorat Bea dan Cukai

Lulusan Kepabeanan dan Cukai biasanya banyak yang ditempatkan di sini, dan penempatannya biasanya di pelabuhan dan bandara sebagai tempat keluar masuknya orang dari berbagai wilayah.

3.       Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Sebagai ahli akuntansi, instansi perbendaharaan negara juga membutuhkan tenaga kerja dari alumni PKN STAN ini.

4.       Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

DJKN ini juga akan mengurus seputar keuangan, terutama di bidang kekayaan negara, termasuk piutang negara dan lelang.

5.       Instansi Pemerintah Lainnya

Prospek kerja lulusan PKN STAN sangat luas sekali, banyak instansi pemerintahan dan perusahaan besar yang membutuhkan. Seperti: Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lainnya.

Demikianlah informasi seputar gaji lulusan PKN STAN beserta pilihan jurusan dan prospek kerjanya. Tertarik jadi mahasiswa STAN? Ayo belajar untuk lolos seleksi PKN STAN yang sangat ketat dengan Bimbel Indonesia College! Materi belajarnya super lengkap dan diajarkan tentor profesional, serta dapat try out progresif untuk memantau perkembangan kamu. Ribuan siswa sudah berhasil, buruan ambil kelasnya di sini.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *