Sering Diremehkan, Intip 6 Fakta Universitas Terbuka Ini yang Jarang Ada di Kampus Lain
3 mins read

Sering Diremehkan, Intip 6 Fakta Universitas Terbuka Ini yang Jarang Ada di Kampus Lain

Fakta Universitas Terbuka – Universitas Terbuka atau UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45 yang diresmikan pada 4 September 1984. Kehadiran UT ini adalah sebagai jawaban dari terbatasnya daya tampung pendidikan tinggi. Universitas Terbuka juga mengusung semangat atas gerakan pendidikan terbuka dan jarak jauh, sekaligus pemerataan pendidikan tinggi di kancah nasional.

Kampus ini sudah terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi dan Informasi. Nah, banyak yang belum tahu bahwa UT ini merupakan Perguruan Tinggi Negeri dan jadi PTN terbesar dengan lulusan terbanyak di Indonesia.

Fakta Universitas Terbuka

Masih banyak yang meremehkan dan dipandang sebelah mata, nyatanya Universitas Terbuka ini memiliki banyak fakta unggulan. Berikut di antaranya:

1.    Tersedia Kuliah Tatap Muka dan Online

Mahasiswa UT akan diberikan pilihan nantinya akan mengikuti kuliah tatap muka atau online. Ini adalah alternatif untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar dari mana saja dan kapan saja. PJJ ini diselenggarakan dengan memanfaatkan berbagai media dan teknologi, jadi mahasiswa tidak perlu datang ke kampus. Lebih fleksibel, kan?

2.    Perkuliahan Dilakukan Sabtu dan Minggu

Kalau biasanya perkuliahan reguler dilakukan senin-jumat, UT melaksanakan perkuliahannya pada weekend. Jadi kampus UT ini bisa jadi pilihan alternatif untuk kamu yang ingin bekerja tapi juga ingin melanjutkan kuliah. Dengan begitu kamu tetap dapat dua-duanya, dapat pintarnya, dapat juga mandirinya.

Baca juga: Jadi yang Pertama dan Satu-Satunya, Yuk Kenalan dengan Jurusan Optometri UKRIDA

3.    Memiliki Banyak Cabang Kampus di Seluruh Indonesia

Untuk kamu yang ingin melakukan pembelajaran tatap muka, kampus ini sudah tersedia di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Untuk kampus pusatnya berlokasi di Pondok Cabe, Tangerang.

4.    Tidak Ada Skripsi

Umumnya perkuliahan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, untuk jenjang Sarjana akan membebankan tugas akhir berupa Skripsi. Skripsi ini juga sering menjadi hal yang menakutkan bagi banyak mahasiswa, tapi jangan khawatir karena berkuliah di UT tidak akan dibebankan tugas skripsi.

Tapi sebagai gantinya, mahasiswa UT harus menyelesaikan tugas akhir yang biasa disebut TAP (Tugas Akhir Program) dan Ujian Akhir.

5.    Memiliki 4 Fakultas

Meskipun UT sudah menjadi PTN terbesar di Indonesia, namun kampus ini baru memiliki 4 fakultas, di antaranya:

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Hukum,  Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Baca juga: 7 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Pemerintahan

Namun semua jurusan kuliah yang ada di Universitas Terbuka sudah terakreditasi, mulai dari akreditasi B, bahkan banyak juga yang sudah terakreditasi A. Untuk jenjang pendidikannya sudah ada Diploma III, Diploma I, Sarjana, Magister, Doktoral, PPG dan juga Program Sertifikat.

6.    Pendidikan Terbuka

Berbeda dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta lainnya yang kebanyakan menerapkan batasan usia, tahun kelulusan maupun nilai akademis sebagai syarat masuk. Universitas Terbuka tidak menerapkan persyaratan tersebut, yang artinya semua calon mahasiswanya dibebaskan dari berbagai latar belakang, dan tanpa batasan usia.

Sesuai dengan tujuan berdirinya Universitas Terbuka yang ingin menjadi solusi dari keterbatasan penerimaan di perguruan tinggi, sistem pembelajaran UT ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas kepada mahasiswanya. Dengan begitu bisa menjadi akses pendidikan bagi siapa saja, di mana saja dan kapan saja dengan kualitas pendidikan yang terbaik tentunya.

Bagaimana, fakta Universitas Terbuka tadi bisa kamu pertimbangkan, bukan? Meskipun tidak sepopuler lain, tapi UT ini bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin kuliah sambil bekerja. Jadi apakah kamu tertarik?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *