5 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Paling Mudah
3 mins read

5 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Paling Mudah

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah – Saat mau memasuki masa perkuliahan, tidak sedikit anak yang ingin melanjutkan perkuliahan namun bingung mau memilih jurusan apa. Apalagi saat sudah merasa lelah dengan pembelajaran di masa sekolah, tidak sedikit juga yang jadi tidak mau melanjutkan kuliah.

Sebagian lagi ada yang mau melanjutkan dengan memilih jurusan kuliah yang paling mudah. Mungkin yang tidak ada matematikanya, tidak banyak praktiknya, atau faktor lain. Faktor penting yang bisa menjadikan jurusan kuliah terasa mudah juga bisa jadi karena faktor minat dan bakat, lho. Tapi berikut ada beberapa rekomendasi yang mungkin bisa kamu pertimbangkan.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah

Melanjutkan ke jenjang perkuliahan memang menjadi faktor penting yang bisa membawa masa depan karir yang bagus. Begitu juga dengan pemilihan jurusan kuliah. Nah kalau kamu mencari jurusan kuliah yang paling mudah, definisi mudah bagi masing-masing orang sebetulnya selalu berbeda-beda. Namun untuk jurusan kuliah yang dikategorikan mudah ini dinilai dari banyak orang. Berikut pilihan jurusan yang paling mudah yang bisa kamu pertimbangkan.

Baca juga: Sepele! 7 Hal Ini Jadi Penyebab Gagal Lolos PTN

1.    Bahasa Indonesia

Jurusan ini menjadi rekomendasi jurusan kuliah yang mudah, karena pastinya sebagai warga negara Indonesia kamu sudah terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Kamu juga pasti sudah tau banyak hal karena bahasa Indonesia ini sudah jadi mata pelajaran wajib dari SD sampai SMA. Untuk yang dipelajari dari jurusan ini ada kesastraan, komunikasi, menulis dan lainnya.

2.    Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Selanjutnya ada jurusan olahraga, atau bernama Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang dianggap menjadi jurusan mudah bagi orang-orang. Sebenarnya hal ini dianggap mudah karena PJK akan lebih banyak melakukan pembelajaran praktik dibandingkan dengan teori. Dengan begitu kamu tidak akan terlalu pusing menghafal teori seperti di jurusan lain.

3.    Tata Rias

Jurusan tata rias juga jadi pilihan banyak orang karena dianggap mudah. Seperti namanya yang sudah banyak dikenal orang, jurusan tata rias ini akan berfokus dalam keahlian merias atau mendandani orang dan juga menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Jadi dalam jurusan ini akan ada bau-bau kewirausahaan.

Ada banyak yang harus kamu kuasai dalam bidang tata rias ini selain mengenai make up, kamu juga harus bisa menguasai tata rias rambut, busana, dan juga desain supaya tetap up to date dan selalu lebih unggul daripada ahli tata rias lainnya.

4.    Seni

Jurusan bisa dikatakan mudah jika sesuai dengan minat dan bakat kamu. Nah, kalau kamu merasa memiliki bakat di bidang seni, kamu pasti juga akan menikmati proses perkuliahan di jurusan seni ini. Kamu bisa mendapatkan hasil karya yang lebih maksimal dibanding dengan skill yang belum sepenuhnya kamu asah sebelumnya.

Untuk jurusan seni ini juga ada banyak macamnya, mulai dari seni rupa: Seni lukis, seni patung, seni keramik; Seni Pertunjukan: Teater, Tari, Musik, Seni Peran, dan banyak lagi lainnya.

5.    Perhotelan dan Pariwisata

Untuk jurusan perhotelan dan pariwisata, kamu tidak banyak mendapatkan materi berupa teori, melainkan lebih banyak praktiknya. Hal yang harus kamu kuasai dalam menjalankan kuliah jurusan ini adalah kemampuan berkomunikasi dan juga pelayanan pelanggan. Jadi kalau kamu berorientasi pada karir dan menginginkan jurusan yang mudah dan santai, kamu bisa memilih jurusan perhotelan dan pariwisata ini.

Jadi itu dia 5 rekomendasi jurusan kuliah yang paling mudah dengan masing-masing keunggulannya. Kamu bisa pertimbangkan kembali sesuai dengan minat dan bakat kamu, mengingat memilih jurusan kuliah juga jadi penentu masa depan kamu nantinya.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *