Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri Unpad

Seleksi Mandiri Unpad – Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri atau PTN dilakukan melalui 2 jalur yang berbeda. Skema seleksi yang pertama dilakukan secara nasional yang dilaksanakan atas kerja sama universitas yang bersangkutan dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Seleksi ini dibagi menjadi dua yaitu tanpa tes (SNMPTN) dan dengan tes UTBK […]

Ditulis Oleh Safina Rahma

On April 29, 2021
"

Baca

Seleksi Mandiri Unpad – Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri atau PTN dilakukan melalui 2 jalur yang berbeda. Skema seleksi yang pertama dilakukan secara nasional yang dilaksanakan atas kerja sama universitas yang bersangkutan dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Seleksi ini dibagi menjadi dua yaitu tanpa tes (SNMPTN) dan dengan tes UTBK (SBMPTN).

Jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN yang kedua dilakukan secara mandiri oleh masing-masing institusi. Universitas yang bersangkutan berhak menyelenggarakan seleksi sesuai dengan standar masing-masing. Melalui jalur ini, masyarakat Indonesia yang belum lolos dalam seleksi nasional bisa mendaftar kembali sehingga bisa diterima di PTN impian.

Universitas Padjajaran atau Unpad yang juga merupakan perguruan tinggi berstatus negeri di Indonesia juga menerapkan skema penerimaan yang sama. Selain melalui SNMPTN dan SBMPTN, Unpad membuka seleksi mandiri yang terbagi menjadi jalur prestasi dan jalur ujian.

Jika Unpad merupakan kampus impianmu, baca terus informasi penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri Unpad ini, ya!

Seleksi Sarjana Jalur Prestasi

Universitas Padjajaran membuka kesempatan bagi pendaftar yang memiliki prestasi di bidang sains, olahraga, dan seni. Pendaftar yang mengikuti jalur ini tidak perlu mengikuti ujian dan seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai akademik dan prestasi yang dimiliki.

Syarat Pendaftar Jalur Prestasi Unpad

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2021;
  3. Mengikuti UTBK 2021;
  4. Memiliki nilai rapor semester 1-5 di atas KKM;
  5. Bisa memilih 2 program studi di Unpad;
  6. Merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1-5 (khusus pendaftar prestasi sains);
  7. Pendaftar kluster seni (orkestra/seni musik/paduan suara/seni suara) harus bisa membaca partitur;
  8. Memiliki salah satu prestasi di bawah ini:
  9. Minimal juara 3 dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, dan kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Kemendikbud (Olimpiade sains, festival dan lomba seni tingkat provinsi/nasional, olimpiade penelitian, FIKSI, LDBI, NSDC, kompetisi olahraga);
  10. Berprestasi juara 1 di bidang seni dan olahraga tingkat provinsi dan/atau minimal juara 3 di tingkat nasional/internasional. Kegiatan yang diikuti resmi dan diselenggarakan oleh Pemda, Pempus, atau lembaga internasional bereputasi;
  11. Memiliki prestasi sebagai penghafal kitab suci atau prestasi keagamaan lainnya.
  12. Surat pernyataan kesanggupan akan aktif di UKM;
  13. Menyerahkan dokumen/video portfolio kegiatan/prestasi;
  14. Melengkapi dokumen pendaftaran yang diminta.

Jadwal Seleksi Mandiri Prestasi

  1. Isi Data, Unggah Dokumen, dan Finalisasi Pendaftaran: 17 Maret – 15 April 2021
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran: 17 Maret – 15 April 2021
  3. Pengumuman: 17 Juni 2021

Baca juga Apa Saja yang Perlu Diketahui Tentang Teknik Informatika?

Seleksi Mandiri Jalur Ujian Unpad

Selain seleksi berdasarkan prestasi, Unpad juga membuka penerimaan mahasiswa baru jalur ujian. Jalur ini bisa diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia yang merupakan lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, dan 2021.

Pada seleksi mandiri ini, ada 3 skema pendaftaran yang dapat dipilih oleh pendaftar yaitu sebagai berikut.

  1. Peserta hanya menggunakan nilai ujian SMUP Unpad (untuk lulusan 2019, 2020, 2021);
  2. Peserta hanya menggunakan nilai UTBK 2021;
  3. Peserta menggunakan nilai UTBK 2021 dan nilai ujian SMUP Unpad (seleksi berdasarkan nilai tertinggi.

Jadi, jika kamu memiliki skor UTBK yang cukup tinggi dan tidak mau mengikuti ujian dari Unpad, maka tetap bisa mendaftar. Di samping itu, bagi pendaftar yang tidak memiliki nilai UTBK 2021, bisa mengikuti seleksi berbasis nilai ujian SMUP dari Unpad.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi Mandiri Unpad dan Ujian

  1. Pengumuman Pembukaan Jalur Mandiri: 15 Maret 2021
  2. Pendaftaran dan Pembayaran Biaya Seleksi: 5 Mei – 8 Juni 2021
  3. Isi Data dan Unggah Dokumen Persyaratan: 5 Mei – 8 Juni 2021
  4. Simulasi Ujian: 24 Juni 2021
  5. Pelaksanaan Ujian Seleksi: 26 Juni 2021
  6. Pengumuman: 2 Juli 2021

Apabila kamu sudah memantapkan hati untuk mengikuti seleksi mandiri dari Unpad, bisa langsung mengakses Laman Pendaftaran.

Ketahui 4 Jalur Tanpa Tes UII Ini!

Ketahui 4 Jalur Tanpa Tes UII Ini!

Jalur Tanpa Tes UII – Salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik yang terletak di Yogykarta, Universitas Islam Indonesia atau UII membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022. Guna memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa dan juga mendapatkan...

UM UGM 2021: Syarat, Prosedur, dan Jadwal

UM UGM 2021: Syarat, Prosedur, dan Jadwal

UM UGM – Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Setiap tahunnya, kampus ini selalu diserbu oleh calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pendidikan di UGM. Sebagia sebuah perguruan tinggi dengan status negeri, UGM memiliki 2...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *