Penerimaan Mahasiswa Baru ITS Jalur Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri ITS – Salah satu institut teknologi terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS, memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/sederajat untuk menimba ilmu di kampus tersebut. Selain melalui seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN), kampus ini juga membuka seleksi mandiri yang dikelola langsung oleh ITS. Seleksi mahasiswa baru jalur mandiri di ITS disebut dengan […]

Ditulis Oleh Safina Rahma

On April 29, 2021
"

Baca

Seleksi Mandiri ITS – Salah satu institut teknologi terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS, memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/sederajat untuk menimba ilmu di kampus tersebut. Selain melalui seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN), kampus ini juga membuka seleksi mandiri yang dikelola langsung oleh ITS.

Seleksi mahasiswa baru jalur mandiri di ITS disebut dengan SKMP yang merupakan kependekan dari Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi. Tujuan diadakannya SKMP yaitu untuk menjaring calon mahasiswa berkualitas serta meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan.

Penerimaan Jalur SKMP

Sesuai dengan namanya, penerimaan mahasiswa baru ITS jalur seleksi mandiri ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu Seleksi Kemitraan, Seleksi Mandiri, dan Seleksi Prestasi.

Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat yang merupakan utusan instansi mitra (perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang memiliki nota kesepahaman (MoU atau MoA) dengan ITS. Siswa utusan bisa mendaftar asalkan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh ITS.

Seleksi Mandiri merupakan jalur yang dibuka bagi masyarakat umum lulusan SMA/MA/SMK/sederajat yang berminat untuk menjadi mahasiswa ITS.

Seleksi Prestasi ditujukan bagi siswa SMA/sederajat yang memiliki pretasi atau penghargaan tertentu. Prestasi yang dihitung yaitu sebagai berikut.

  1. Juara lomba tingkat provinsi, nasional, dan internasional dalam Olimpiade Sains, Lomba Karya Ilmiah, Olahraga, atau Seni;
  2. Ketua OSIS; dan
  3. Penghafal Kitab Suci.

Pendaftar melalui jalur SKMP harus memenuhi beberapa persyaratan yang ada yaitu seperti di bawah ini.

  1. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019, 2020, dan 2021;
  2. Memiliki nilai UTBK 2021 atau nilai TKA ITS 2021;
  3. Memasukkan nilai rapor, deskripsi diri, dan prestasi lainnya;
  4. Mengunggah portfolio bagi pendaftar program studi tertentu;
  5. Tidak buta warna untuk program studi tertentu;
  6. Bagi pendaftar Seleksi Prestasi diharuskan untuk mengunggah bukti sertifikat prestasi dan penghargaan;
  7. Bagi pendaftar Seleksi Kemitraan, persyaratan lainnya berupa:
    • Pendaftar adalah utusan instansi mitra yang tercantum dalam daftar mitra ITS, telah melakukan kerja sama dengan ITS, dan memiliki MoU/MoA;
    • Diharuskan mengirimkan bukti pendaftaran kepada instansi terkait. Lalu instansi tersebut wajib mengirimkan rekap calon peserta SKM;
    • Pendaftar yang namanya tidak masuk dalam daftar tidak dianggap sebagai peserta Program Kemitraan.

Baca juga Program Studi di Universitas Indonesia dengan Jumlah Pendaftar Tertinggi.

Informasi Tes Kemampuan Akademik atau TKA ITS

TKA ITS untuk Seleksi Mandiri

Nilai TKA ITS merupakan salah satu syarat untuk mendaftar jalur SKMP di ITS sebagai pilihan selain dengan nilai UTBK. Hasil dari tes ini akan digunakan untuk mendaftar ke Program Sarjana (S1), Program Sarjana Kelas Internasional (IUP), dan Program Vokasi (D4). Materi yang akan diujikan dalam tes ini yaitu.

  1. Tes Potensi Akademik (TPA) mengukur kemampuan verbal, kuantitatif, logika, dan spasial;
  2. Tes Kemampuan Dasar (TKD) terbagi menjadi kelompok Saintek (MTK IPA, Fisika, Kimia, Biologi) dan Soshum (Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Geografi).

Tes Kemampuan Akademik ITS akan dilaksanakan secara daring. Tes ini diperuntukkan bagi pendaftar dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas XII atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan usia maksimal 22 tahun;
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C tahun 2019 dan 2020 dengan maksimal usia 22 tahun;
  3. Siswa yang telah mendapatkan sertifikasi A Level, IB Diploma dengan umur maksimal 22 tahun.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi Mandiri ITS dan TKA

  • Pendaftaran SKMP: 8 Mei – 17 Juni 2021
  • Pendaftaran TKA ITS: 3 Mei – 17 Juni 2021
  • Pelaksanaan TKA ITS: 14 – 19 Juni 2021
  • Pengumuman Hasil SKMP: 2 Juli 2021
  • Pendaftaran Ulang: 5 – 7 Juli 2021

Perlu diperhatikan bahwa pendaftaran TKA ITS akan ditutup jika kuota tes telah terpenuhi. Selain itu, jadwal masih bisa mengalami perubahan mengingat situasi pandemi COVID-19.

Ketahui 4 Jalur Tanpa Tes UII Ini!

Ketahui 4 Jalur Tanpa Tes UII Ini!

Jalur Tanpa Tes UII – Salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik yang terletak di Yogykarta, Universitas Islam Indonesia atau UII membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022. Guna memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa dan juga mendapatkan...

UM UGM 2021: Syarat, Prosedur, dan Jadwal

UM UGM 2021: Syarat, Prosedur, dan Jadwal

UM UGM – Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Setiap tahunnya, kampus ini selalu diserbu oleh calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pendidikan di UGM. Sebagia sebuah perguruan tinggi dengan status negeri, UGM memiliki 2...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *