Pilihan Prospek Kerja Bagi Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan favorit calon mahasiswa. Apa saja prospek kerja yang ada untuk lulusan Ilmu Komunikasi?

Ditulis Oleh Safina Rahma

On November 20, 2021
"

Baca

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi – Ada banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Salah satu jurusan yang selalu ramai peminat yaitu Ilmu Komunikasi. Jurusan ini menjadi pilihan yang favorit untuk pendaftar di rumpun Sosial dan Humaniora.

Tidak mengherankan jika melihat Ilmu Komunikasi diminati banyak pendaftar. Salah satu alasan yang menjadi penyebabnya yaitu luasnya lapangan pekerjaan bagi lulusan jurusan ini. Lulusan dari Ilmu Komunikasi memiliki kemampuan yang bisa diterapkan di berbagai bidang sehingga prospek kerja yang ada juga bermacam-macam.

Apa saja sebenarnya yang dipelajari di jurusan ini? Apa prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

prospek kerja ilmu komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang berada dalam rumpun ilmu sosial. Biasanya, jurusan ini masuk ke Fakultas Ilmu Sosial atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Namun, ada juga kampus yang memiliki Fakultas Komunikasi secara terpisah seperti Universitas Padjajaran.

Secara umum, perkuliahan Ilmu Komunikasi berhubungan dengan penyampaian dan pengolahan pesan. Pembelajaran ini kemudian dibagi menjadi dua konsentrasi yaitu media dan strategis. Konsentrasi media lebih fokus pada analisis media, jurnalistik, penyiaran, dan sebagainya. Sedangkan kosentrasi strategis fokus di humas, iklan, pemasaran, dan lain-lain.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi akan mempelajari berbagai ilmu dan kemampuan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja. Lulusannya bisa bekerja di sebuah perusahaan, media, atau bahkan agensi kreatif dengan berbekal ilmu yang telah dimiliki selama berkuliah.

Baca juga Daftar Prodi Terketat UGM Melalui Jalur Ujian Mandiri.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi memiliki prospek kerja yang luas. Hal ini mungkin karena mahasiswanya belajar berbagai ilmu seperti ilmu sosial, psikologi, ekonomi, bahkan seni. Berikut ini beberapa bidang pekerjaan bagi lulusan Ilmu Komunikasi.

Bidang Jurnalistik

Jurnalistik merupakan salah satu bidang yang bisa dituju oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi. Di bidang ini, kamu akan bekerja terkait pencarian berita, pengolahan, penyampaian, dan juga penyiarannya. Pekerja di bidang ini akan banyak dibutuhkan oleh media terlebih di informasi cepat seperti sekarang ini.

Bekerja di bidang jurnalistik memungkinakn kamu untuk menekuni berbagai profesi. Beberapa pekerjaan di bidang ini yaitu wartawan, reporter, news anchor, editor, redaktur, dan lain-lain.

Bidang Pemasaran

Mahasiswa Ilmu Komunikasi juga akan dibekali ilmu untuk bisa masuk ke bidang pemasaran. Bekerja di bidang ini mengharuskan kamu untuk bisa memahami dan menganalisis perilaku dan keinginan konsumen. Selain itu, staf pemasaran juga bertanggung jawab untuk mengelola pesan yang cocok untuk disampaikan kepada target pasar.

Saat ini, pekerjaan di bidang pemasaran sangatlah luas karena adanya teknologi. Muncul bidang Digital Marketing yang tentunya bisa kamu tekuni sebagai lulusan Ilmu Komunikasi.

Bidang Periklanan

Saat masih berkuliah, salah satu ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi yaitu periklanan. Tentunya, ilmu yang telah didapat ini bisa kamu terapkan ketika memasuki dunia kerja. Kamu akan bekerja untuk memproduksi iklan, memilih media iklan yang tepat, bahkan merencanakan anggarannya.

Penulis

Salah satu skill yang akan kamu dapatkan ketika lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi yaitu menulis. Berbekal kemampuan ini, kamu bisa memilih pekerjaan yang membutuhkan skill menulis seperti content writer, copy writer, penulis blog, dan lain-lain. Pekerjaan ini semakin populer di era sekarang ini terutama untuk mendukung pemasaran digital.

Humas atau PR

Bekerja di divisi Hubungan Masyarakat atau Public Relation juga merupakan pilihan prospek kerja yang banyak diambil oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Sebagai seorang Humas, kamu akan bekerja untuk menjaga citra perusahaan, menyelesaikan permasalahan, membangun hubungan dengan publik, dan lain-lain.

Event Organizer

Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi yang berikutnya yaitu menjadi bagian dari Event Organizer atau EO. Jika kamu bekerja di bidang ini, kamu akan bertanggung jawab untuk merencanakan, mengelola, dan melaksanakan sebuah acara. Pekerjaan ini populer dan banyak diminati karena klien yang membutuhkan jasa ini cukup tinggi.

Itulah penjelasan tentang pilihan prospek kerja bagi lulusan jurusan Ilmu Komunikasi. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan yang dibutuhkan di berbagai bidang. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa jurusan ini?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *