2 Jalur Tambahan Khusus PTN Islam, SPAN PTKIN dan UM PTKIN

SPAN PTKIN dan UM PTKIN – Selain perguruan tinggi umum, terdapat banyak universitas negeri keagamaan Islam yang telah menyandang status negeri di Indonesia. Keberadaan institusi pendidikan tinggi ini tersebar di seluruh Indonesia. Sama seperti universitas lainnya di Indonesia, PTN Islam juga melakukan penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya. Hanya saja, jika di PTN umum hanya terdapat […]

Ditulis Oleh Safina Rahma

On Mei 29, 2021
"

Baca

SPAN PTKIN dan UM PTKIN – Selain perguruan tinggi umum, terdapat banyak universitas negeri keagamaan Islam yang telah menyandang status negeri di Indonesia. Keberadaan institusi pendidikan tinggi ini tersebar di seluruh Indonesia.

Sama seperti universitas lainnya di Indonesia, PTN Islam juga melakukan penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya. Hanya saja, jika di PTN umum hanya terdapat 3 jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, dan UM), universitas keislaman di Indonesia memiliki 2 jalur seleksi khusus.

Selain melalui jalur umum, calon mahasiswa baru PTN Islam bisa mendaftar lewat dua jalur lain yaitu:

  1. SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri; dan
  2. UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Pengertian SPAN PTKIN dan UM PTKIN

SPAN PTKIN dan UM PTKIN ada berdasarkan UU No. 12 Tahun 2021 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.

Secara umum, SPAN PTKIN dan UM PTKIN merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau PTKIN di Indonesia. Perguruan tinggi yang bisa menerima pendaftar dari jalur ini yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Seleksi ini dilaksanakan secara nasional dan terintegrasi. Sistem pelaksanaannya pun mirip dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, yaitu pendaftar bisa memilih berbagai program studi yang tersedia di PTN Islam Indonesia sesuai dengan minat.

Seleksi Jalur SPAN PTKIN

Perbedaan SPAN PTKIN dan UM PTKIN

Jalur yang pertama yaitu SPAN PTKIN, merupakan seleksi untuk lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Muadalah yang didasarkan pada prestasi akademik (nilai rapor dan prestasi lainnya). Hal ini berarti pendaftar jalur ini tidak perlu mengikuti ujian tertulis.

Hampir sama dengan jalur umum SNMPTN, siswa yang berhak mengikuti seleksi SPAN PTKIN hanyalah peserta yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah. Selain itu, sekolah/madrasah yang bisa mendaftarkan siswanya haruslah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah secara sah.

Pendaftar SPAN PTKIN bisa memilih PTKIN dan prodi sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Memilih 2 PTKIN yang diminati;
  2. Memilih 2 program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN;
  3. Urutan pilihan PTKIN dan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Daftar program studi dan kuota penerimaan untuk SPAN PTKIN bisa dilihat di sini.

Baca juga Ragam Jalur Pendaftaran Kedokteran UMY 2021.

Penerimaan Jalur UM PTKIN

Sedangkan UM PTKIN yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN Islam menggunakan ujian dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Materi yang akan diujikan dalam tes ini yaitu berupa Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB).

Supaya bisa lolos seleksi jalur UM PTKIN, peserta harus mengerjakan seluruh rangkaian ujian. Tes yang pertama yaitu TKD yang terdiri dari Tes Potensi Akademik, Bahasa, dan Keislaman. Kemudian dilanjutkan dengan TKB sesuai dengan pilihan program studi.

Berbeda dengan jalur sebelumnya, ketentuan seleksi untuk UM PTKIN yaitu:

  1. Memilih minimal 1 program studi dan maksimal 3;
  2. Urutan pemilihan menyatakan prioritas;
  3. Bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN di Indonesia.

Daftar program studi dan kuota UM PTKIN dapat dilihat di sini.

Jadwal Pelakasaan SPAN PTKIN dan UM PTKIN

Seleksi mahasiswa baru jalur SPAN PTKIN dan UM PTKIN dilakukan secara terpisah. Jadwal lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

SPAN PTKIN

  1. Pengisian PDSS: 19 Januari – 17 Februari 2021
  2. Verifikasi PDSS: 19 Januari – 17 Februari 2021
  3. Pendaftaran (siswa): 19 Februari – 27 Maret 2021
  4. Proses Seleksi: 1 – 5 April 2021 dan 6 – 8 April 2021
  5. Pengumuman Hasil Seleksi: 12 April 2021
  6. Proses Verifikasi dan/atau Daftar Ulang: Ditetapkan masing-masing PTKIN

UM PTKIN

  1. Pendaftaran dan Pembayaran: 1 April – 9 Mei 2021
  2. Finalisasi Pendaftaran: 1 April – 10 Mei 2021
  3. Pelaksanaan Ujian: 24 Mei – 2 Juni 2021
  4. Pengumuman: 17 Juni 2021

Biaya Seleksi

Biaya Seleksi SPAN PTKIN dan UM PTKIN

Pelaksanaan SPAN PTKIN sudah sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah, hal ini berarti pendaftar tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran atau gratis. Sedangkan bagi yang mengikuti seleksi UM PTKIN, akan dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 (belum termasuk biaya tambahan transaksi).

Persiapkan dirimu dengan matang untuk menghadapi 2 Jalur Tambahan Khusus PTN Islam, SPAN PTKIN dan UM PTKIN di atas, ya! Tak perlu khawatir, dua jalur tersebut selalu dibuka setiap tahun.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

30+ Istilah Dunia Perkuliahan yang Mahasiswa Harus Tahu!

30+ Istilah Dunia Perkuliahan yang Mahasiswa Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Alur Seleksi CPNS dan PPPK di Tahun 2021

Alur Seleksi CPNS dan PPPK di Tahun 2021

Alur Seleksi CPNS dan PPPK – Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan melalui berbagai tahapan. Hal ini dilakukan supaya pemerintah bisa mendapatkan pegawai terbaik sesuai dengan posisi dan formasi yang dibutuhkan. Ada 3 jenis posisi yang dibuka dalam penerimaan...

Memahami Berbagai Tahapan Seleksi PKN STAN

Memahami Berbagai Tahapan Seleksi PKN STAN

Tahapan Seleksi PKN STAN – Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diincar oleh masyarakat Indonesia. Perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan ini selalu ramai diserbu pelamar setiap...

Memahami Berbagai Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Memahami Berbagai Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Jenis Perguruan Tinggi – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan keinginan banyak orang. Selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), pendidikan tingkat lanjut akan memungkinkan seseorang untuk mengembangkan kemampuan di bidang yang lebih...

Daftar Program Studi IPB dengan Persaingan Terketat

Daftar Program Studi IPB dengan Persaingan Terketat

Program Studi IPB – Institut Pertanian Bandung atau biasa disingkat sebagai IPB merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Sesuai dengan namanya, institusi ini berfokus pada ilmu pertanian meskipun terdapat program studi lain yang di luar rumpun...

Panduan Mencari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Panduan Mencari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...

Daftar Prodi Terketat UGM Melalui Jalur Ujian Mandiri

Daftar Prodi Terketat UGM Melalui Jalur Ujian Mandiri

Prodi Terketat UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM telah melaksanakan seleksi calon mahasiswa baru di tahun 2021. Kampus yang terletak di Yogyakarta ini membuka penerimaan melalui jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Calon mahasiswa yang belum lolos...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *