8 Culture shock Perkuliahan yang Sering Dialami Mahasiswa Baru

Culture shock perkuliahan hampir dirasakan setiap mahasiswa baru. Banyak hal yang dirasa aneh, kira-kira apa saja?

Ditulis Oleh Nofa Chasanah

On November 15, 2023
"

Baca

Culture shock Perkuliahan – Perpindahan fase dari masa sekolah ke masa perkuliahan umumnya sangat terasa berbeda bagi para mahasiswa baru. Keadaan ini bisa disebut sebagai culture shock, yang membuat seseorang merasa kaget sekaligus merasa asing bahkan terheran-heran dengan kondisi di tempat baru.

Akan ada banyak kondisi yang berbeda drastis dari waktu sekolah. Baik di bidang akademiknya maupun lingkungannya. Nah, kalian yang sebentar lagi memasuki dunia perkuliahan pasti kepo kan apa saja sih culture shock-nya?

Hal-Hal yang Menjadi Culture shock Para Mahasiswa Baru

Pada beberapa kondisi, mahasiswa perantau atau yang berasal dari kota lain dikatakan lebih mengalami culture shock. Namun tidak sedikit juga untuk mahasiswa lokal yang juga mengalami culture shock karena beberapa hal lain.

1.    Tidak Pakai Seragam

Ini sudah jadi hal umum yang banyak diketahui banyak orang, selain di sekolah kedinasan pastinya. Bagi sebagian orang, kondisi ini dimaknai bagus karena mereka bisa tampil lebih stylish dan menjadi diri mereka sendiri. Tapi di sisi lain mereka juga akan terbagi fokusnya untuk memikirkan outfit saat mau kuliah.

Baca juga: Masih Bingung? Ini Arti Yudisium dalam Perkuliahan dan Perbedaannya dengan Wisuda

2.    Kegiatan Pembelajaran Banyak Dilakukan Oleh Mahasiswa yang Presentasi

Kalau waktu sekolah umumnya para guru yang akan menyampaikan materi dan siswanya memperhatikan, di perkuliahan semuanya berbeda. Banyak sekali dan hampir rata-rata mahasiswa akan dituntut untuk melakukan presentasi secara berkelompok dan dibagi setiap materinya.

Nantinya dosen akan memperhatikan dan menjelaskan ulang apa saja yang kira-kira perlu ditekankan dan masih belum dipahami. Jadi mahasiswa akan dituntut mandiri, serta dituntut lebih banyak membaca supaya sudah memiliki bekal sebelum kelas dimulai.

3.    Diberi Tugas dengan Arahan yang Minim

Tugas yang diberikan oleh dosen rata-rata adalah tugas yang akan membuat mahasiswanya berpikir kritis. Yang menjadi masalah terkadang adalah dosen yang kurang spesifik dalam memberi arahan. Jadi banyak mahasiswa yang menangkap maksudnya kurang sesuai dan mengerjakan tugasnya dengan hasil yang berbeda.

4.    Adanya Kelas Ganti Saat Dosen Berhalangan Hadir

Saat sekolah, kondisi jam kosong karena guru yang berhalangan hadir jadi hal yang ditunggu-tunggu. Ternyata masa perkuliahan hal ini jarang terjadi, karena dosen biasanya akan meminta kelas ganti di jam atau bahkan di hari yang berbeda.

5.    Jadwal Super Padat

Waktu memasuki masa perkuliahan, mahasiswa juga rata-rata akan memiliki waktu yang lebih padat. Bisa jadi karena mengikuti organisasi mahasiswa atau UKM atau juga karena tugas kelompok ataupun individu.

6.    Banyak Tugas dan Deadline Mepet

Culture shock lainnya adalah adanya banyak tugas dan deadline yang mepet. Apalagi untuk masa-masa mendekati akhir semester. Dari banyaknya mata kuliah biasanya masing-masing dosen akan memberikan tugas, dan dengan deadline yang berdekatan. Ini tentu akan membuat kuwalahan dan menjadikan sebagian mahasiswa kurang bisa memanajemen waktu.

7.    Cari Jadwal Sendiri

Ada sebagian perguruan tinggi yang menyediakan jadwal bagi para mahasiswanya. Namun rata-rata, jadwal paketan akan diberikan oleh kampus di beberapa semester pertama. Setelah itu mereka bisa memilih kelas, dosen dan jamnya sendiri yang bisa dilakukan di web akademik kampus.

8.    Kegiatan Perkuliahan Tidak Dilakukan dalam Satu Ruangan yang Sama

Kalau selama sekolah kamu akan menetap di satu ruangan, dan gurunya yang mendatangi kelas. Selama perkuliahan akan berbeda, mahasiswa akan mendatangi ruangan tertentu yang sudah dijadwalkan kelasnya beserta dosen pengampunya. Jadi setiap ganti kelas rata-rata akan berpindah ruangan.

Nah itu dia culture shock perkuliahan yang selalu dialami banyak mahasiswa baru. Jadi persiapkan diri kamu, ya!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah KedinasanBimbel KedokteranBimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *