Apa Saja Prospek Kerja Jika Lulus dari Jurusan Arsitektur?

Lulusan jurusan Arsitektur memiliki berbagai prospek kerja yang menjanjikan. Apa saja pekerjaan yang bisa dipilih? Cek informasinya di sini!

Ditulis Oleh Safina Rahma

On Januari 7, 2022
"

Baca

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Prospek Kerja Arsitektur – Jurusan di bidang teknik termasuk dalam jurusan populer yang selalu banyak diminati calon mahasiswa. Jurusan yang berada di bidang ini selalu ramai pendaftar karena berbagai alasan, salah satunya yaitu kesempatan kerjanya yang besar.

Salah satu jurusan di rumpun teknik yang selalu diserbu peminat yaitu Arsitektur. Jurusan ini banyak dipilih karena memiliki kesempatan kerja luas, gaji besar, dan juga prestisius. Lalu, apa saja sebenarnya prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan jurusan Arsitektur? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Jurusan Arsitektur?

prospek kerja arsitektur

Arsitektur adalah jurusan yang merupakan gabungan dari ilmu teknik dan seni. Sebagai jurusan yang berada dalam Fakultas Teknik, mahasiswa Arsitektur akan sangat akrab dengan dunia teknik seperti matematika dan fisika. Hanya saja, pembelajaran ini juga akan digabungkan dengan sisi kreatif dan seni untuk mendesain bangunan.

Mahasiswa Arsitektur dituntut untuk bisa menghasilkan desain bangunan yang berfungsi dengan baik dengan tetap memperhatikan sisi estetikanya. Mahasiswa tidak hanya membuat bangunan yang bisa berdiri, karena harus memenuhi fungsi yang dibutuhkan serta tetap indah.

Selain itu, mahasiswa Arsitektur juga akan belajar ilmu dasar untuk program teknik yang lain. Mahasiswa akan belajar dasar ilmu teknik kelistrikan, material, mesin, dan lain-lain. Hal ini diperlukan untuk mendukung mahasiswa dalam membuat rancangan bangunan sehingga bisa memiliki struktur yang baik.

Baca juga Mengenal Prospek Kerja Setelah Lulus dari Jurusan Akuntansi.

Prospek Kerja Lulusan Arsitektur

Mahasiswa Arsitektur belajar banyak hal selama berada di bangku perkuliahan. Ilmu dan kemampuan yang diperoleh akan dapat digunakan di dunia kerja. Sebagai seorang lulusan Arsitektur, berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa dipilih.

Arsitek

Arsitek merupakan pekerjaan yang paling populer bagi lulusan jurusan Arsitektur. Seorang arsitek bertugas untuk membuat rancangan dan desain tentang suatu bangunan. Rancangan yang dibuat tentunya tidak sembarangan karena ada banyak perhitungan yang perlu dilakukan. Hal ini membuat jasa arsitek tidak murah.

Drafter

Pilihan pekerjaan yang berikutnya yaitu menjadi drafter. Pekerjaan seorang drafter yaitu meneruskan rancangan yang telah dibuat oleh arsitek. Drafter akan membuat desain yang lebih detail dan nyata mengikuti rancangan yang telah ada. Profesi ini sangat dibutuhkan untuk bisa memberikan gambaran nyata terkait desain bangunan.

Kontraktor

Prospek kerja lulusan Arsitektur yang berikutnya yaitu menjadi kontraktor. Kontraktor memiliki tanggung jawab untuk memimpin sebuah proyek pembangunan. Kontraktor harus bisa mengelola proyek tersebut supaya sesuai dengan rancangan dan juga keinginan klien. Pekerjaan ini penting untuk memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

Surveyor

Lulusan Arsitektur tidak melulu bekerja untuk membuat rancangan bangunan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai surveyor bangunan. Surveyor memiliki tugas untuk melakukan pengukuran, memeriksa tanah, posisi bangunan, dan lain-lain. Profesi ini diperlukan supaya bangunan bisa didirikan sesuai kondisi lapangan.

Pegawai Pemerintah

Pilihan pekerjaan yang berikutnya bagi lulusan Arsitektur yaitu sebagai pegawai pemerintah. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di pemerintahan terutama yang berhubungan dengan bangunan atau tata kota. Ada beberapa instansi yang membutuhkan lulusan Arsitektur seperti Kementerian PUPR dan Dinas Tata Kota.

Konsultan Arsitektur

Jika kamu telah memiliki banyak pengalaman kerja dan menyelesaikan berbagai proyek, pekerjaan pilihan yang dapat dipertimbangkan yaitu menjadi konsultan arsitektur. Pekerjaan ini menuntut seseorang unutk memberikan analisis, membuat desain perencanaan, dan lain-lain. Pekerjaan ini membutuhkan pengalaman supaya bisa memberikan konsultasi yang sesuai.

Developer

Lulusan jurusan Arsitektur juga dapat bekerja di bidang pengembangan perumahan atau apartemen dengan menjadi developer. Developer bertugas untuk mendirikan bangunan namun dengan modal dari pihak ketiga. Pihak pengembang bertanggung jawab melakukan pembangunan sesuai kesepakatan.

Itulah penjelasan tentang Apa Saja Prospek Kerja Jika Lulus dari Jurusan Arsitektur? Pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan jurusan ini tidak terbatas pada contoh di atas. Masih banyak profesi lain yang bisa dilakukan oleh lulusan Arsitektur. Kamu bisa memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan kemampuan dan minat.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *