Terketat di SNMPTN 2021, Seperti Apa Program Studi Manajemen Itu?

Program Studi Manajemen – Ketika memilih program studi saat mendaftar kuliah, banyak orang yang merasa kebingungan karena dihadapkan dengan berbagai macam pilihan yang tersedia. Tidak hanya itu, bahkan ketika sudah memantapkan diri untuk mengambil program studi yang diinginkan, kebimbangan lain berupa pemilihan universitas juga mengikuti. Sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke sebuah program studi, ada […]

Ditulis Oleh Safina Rahma

On Mei 14, 2021
"

Baca

Program Studi Manajemen – Ketika memilih program studi saat mendaftar kuliah, banyak orang yang merasa kebingungan karena dihadapkan dengan berbagai macam pilihan yang tersedia. Tidak hanya itu, bahkan ketika sudah memantapkan diri untuk mengambil program studi yang diinginkan, kebimbangan lain berupa pemilihan universitas juga mengikuti.

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke sebuah program studi, ada baiknya untuk terlebih dulu mengenal jurusan yang diinginkan. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak kaget ketika mengikuti perkuliahan. Lebih parahnya lagi, seseorang bisa saja putus kuliah di tengah jalan karena merasa tidak cocok dengan jurusan yang dipilih. Kan, sayang banget, padahal masuknya susah!

Sebagai yang terketat di SNMPTN 2021, seperti apa program studi Manajemen itu? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa, Sih, Program Studi Manajemen Itu?

Program Studi Manajemen

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Manajemen memiliki artian penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran; pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.

Berdasar pada penjelasan tersebut, Manajemen bisa diartikan sebagai sebuah program studi yang berfokus pada penglolaan sebuah perusahaan atau organisasi secara efektif guna mencapai tujuan.

Program Studi Manajemen tidak berfokus kepada satu rumpun ilmu saja, namun pengelolaan perusahaan secara umum. Hal ini berarti lulusan Manajemen memiliki kemampuan yang bisa diterapkan dimana saja. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila program studi ini selalu menjadi incaran.

Berbagai Hal yang Dipelajari

Mata Kuliah Program Studi Manajemen

Mahasiswa yang tergabung di Program Studi Manajemen akan diarahkan untuk menjadi bagian dari tim manajerial dan juga atasan atau pimpinan di sebuah perusahaan. Sebagai seseorang dengan posisi yang strategis ini, tentunya mahasiswa Manajemen harus dibekali dengan banyak macam ilmu.

Selain mempelajari teori-teori ekonomi dan bisnis, mahasiswa Manajemen juga akan mempelajari implementasinya atau praktik. Sejak awal perkuliahan, mahasiswa dicekoki berbagai mata kuliah terapan seperti akuntansi, statistik, dan matematika bisnis. Mengetahui hal ini, jika kamu ingin sukses menjadi mahasiswa Manajemen, ada baiknya untuk menguatkan landasan matematis sehingga tidak shock saat menjalani kuliah.

Berdasarkan kurikulum Program Sarjana Manajemen di Universitas Gadjah Mada, berikut ini contoh mata kuliah yang dipelajari:

  1. Akuntansi Biaya;
  2. Matematika Ekonomi;
  3. Metode Kuantitatif dan Pengambilan Keputusan;
  4. Pemasaran;
  5. Hukum Bisnis;
  6. Perilaku Konsumen;
  7. Manajemen SDM;
  8. Sistem Informasi Manajemen;
  9. Etika Bisnis;
  10. dan lain sebagainya.

Baca juga Apa Saja yang Perlu Diketahui Tentang Teknik Informatika?

Kamu Juga Bisa Mendalami Salah Satu Konsentrasi, Lho!

Konsentrasi Pilihan Manajamen

Program Studi Manajemen menyediakan beberapa pilihan konsentrasi. Hal ini dilakukan supaya mahasiswa mendapatkan ilmu yang lebih spesifik sesuai minatnya. Konsentrasi yang dapat dipilih yaitu sebagai berikut.

  1. Manajemen Keuangan berfokus pada pengelolaan keuangan sebuah perusahaan, mulai dari sumber dana, pemakaian, dan juga pengontrolan.  
  2. Manajemen Pemasaran merupakan konsentrasi yang fokus pada segala teknik untuk memasarkan produk. Di sini, mahasiswa akan belajar tentang analisis pasar, persaingan produk, hingga penyusunan strategi pemasaran.
  3. Manajemen Operasi yaitu peminatan yang sedikit bersinggungan dengan Teknik Industri. Di konsentrasi ini, mahasiswa belajar hal seperti pengelolaan proyek, manajemen logistik, dan juga pengendalian kualitas produk.
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) mempelajari tentang pengelolaan karyawan sebagai aset aktif perusahaan. Hal ini penting untuk dilakukan guna menjaga kondisi internal.

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Manajemen

Lulusan Program Studi Manajemen

Lulusan Program Studi Manajemen memiliki kesempatan kerja yang luas. Hal ini dikarenakan tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan kemampuan manajemen. Meskipun begitu, ada beberapa posisi yang bisa dijadikan pilihan oleh alumni Manajemen, yaitu:

  1. Akuntan;
  2. Konsultan Bisnis;
  3. Staf Keuangan;
  4. Staf Operasional;
  5. Staf HRD;
  6. Konsultan Perbankan;
  7. Wirausahawan;
  8. dan lain-lain.

Keketatan Seleksi Manajemen di SNMPTN 2021

Manajemen SNMPTN 2021

Manajemen menjadi program studi dengan seleksi terketat di SNMPTN 2021. Hal ini dapat dilihat dari daftar 20 prodi Soshum dengan keketatan tertinggi yang telah dirilis oleh LTMPT saat melakukan konferensi pers daring di saluran Youtube LTMPT OFFICIAL. Ada 7 Program Studi Manajemen yang masuk di daftar tersebut yaitu:

  1. Manajemen Universitas Negeri Jakarta (1:128);
  2. Manajemen Universitas Padjajaran (1:109);
  3. Manajemen Universitas Negeri Medan (1:75);
  4. Manajemen Universitas Pendidikan Indonesia (1:75);
  5. Manajemen Universitas Gadjah Mada (1:58);
  6. Manajemen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (1:56); dan
  7. Manajemen Universitas Hasanuddin (1:51).
Ketahui 4 Jalur Tanpa Tes UII Ini!

Ketahui 4 Jalur Tanpa Tes UII Ini!

Jalur Tanpa Tes UII – Salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik yang terletak di Yogykarta, Universitas Islam Indonesia atau UII membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022. Guna memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa dan juga mendapatkan...

UM UGM 2021: Syarat, Prosedur, dan Jadwal

UM UGM 2021: Syarat, Prosedur, dan Jadwal

UM UGM – Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Setiap tahunnya, kampus ini selalu diserbu oleh calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pendidikan di UGM. Sebagia sebuah perguruan tinggi dengan status negeri, UGM memiliki 2...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *