UKT Adalah: Pengertian, Penentuan, dan Biaya Lainnya

UKT Adalah – Mahasiswa tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah UKT. UKT adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal yang merupakan besaran biaya kuliah yang harus dibayar mahasiswa setiap semesternya. Sistem pembiayaan pendidikan dengan menggunakan UKT telah diberlakukan sejak tahun 2013. Hal ini berlaku bagi perguruan tinggi yang memiliki status negeri atau PTN. Kebijakan ini […]

Ditulis Oleh Safina Rahma

On Agustus 23, 2021
"

Baca

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

UKT Adalah – Mahasiswa tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah UKT. UKT adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal yang merupakan besaran biaya kuliah yang harus dibayar mahasiswa setiap semesternya.

Sistem pembiayaan pendidikan dengan menggunakan UKT telah diberlakukan sejak tahun 2013. Hal ini berlaku bagi perguruan tinggi yang memiliki status negeri atau PTN. Kebijakan ini diambil untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran biaya kuliah.

Sebenarnya apa pengertian UKT? Yuk, cari tahu penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu UKT?

UKT Adalah

Uang Kuliah Tunggal atau UKT adalah biaya kuliah yang perlu dibayarkan oleh mahasiswa setiap semesternya. Pembayarannya dilakukan setiap kali mahasiswa memasuki semester baru selama masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

UKT merupakan skema pembayaran yang telah ditentukan oleh pemerintah. Melalui sistem ini, mahasiswa akan mendapat keringanan pembayaran biaya kuliah. Hal ini bisa terjadi karena adanya sistem subsidi silang. Mahasiswa dengan yang mampu secara ekonomi akan mendapat kelompok biaya lebih tinggi. Sedangkan mahasiswa yang kurang mampu kelompok pembiayaannya lebih rendah.

Selain itu, adanya sistem UKT juga memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran biaya kuliah tiap semesternya. Besaran UKT telah ditentukan saat mahasiswa melakukan registrasi ulang saat diterima di perguruan tinggi. UKT tersebut kemudian jumlahnya akan terus sama setiap semester sehingga mahasiswa dan orang tua bisa lebih siap ketika perlu membayar UKT.

Biaya kuliah dengan menggunakan UKT akan lebih simpel karena tidak perlu lagi menghitung komponen pembiayaan secara terpisah. Sebelum diberlakukan sistem UKT, biaya kuliah akan meliputi biaya semester, uang gedung, biaya praktikum, dan lain-lain. Perhitungan ini lebih rumit dan besaran biaya kuliah per semester juga bisa berbeda-beda.

Sistem Penentuan UKT

Penentuan UKT Adalah

Uang Kuliah Tunggal atau UKT ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa. Ketika melakukan pendaftaran, mahasiswa diharuskan untuk mengisi form terkait kondisi ekonominya. Beberapa komponen yang digunakan untuk mengetahui kondisi ekonomi mahasiswa yaitu gaji orang tua, aset, pajak bumi dan bangunan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penilaian tersebut, pihak kampus akan membagi besaran UKT sesuai kemampuan mahasiswa. Besaran UKT sendiri akan dibagi menjadi beberapa golongan tergantung masing-masing kampus. Semakin tinggi golongan, maka biaya kuliahnya juga semakin tinggi.

Perlu diketahui juga, bahwa UKT juga akan dipengaruhi oleh program studi yang diambil mahasiswa. Program studi dengan banyak praktikum seperti Kedokteran atau Teknik akan memiliki UKT yang lebih tinggi dibanding prodi ilmu sosial. Meskipun mahasiswa kedua program mendapat golongan UKT yang sama, jumlahnya bisa berbeda karena pengaruh prodi tersebut.

Baca juga Biaya Kuliah Kedokteran PTN, Yuk, Cari Tahu!

Pembiayaan Selain UKT

Selain Uang Kuliah Tunggal, ada biaya lain yang perlu dibayarkan oleh mahasiswa. Biaya di luar UKT ini akan berbeda-beda tergantung setiap perguruan tinggi. Selain itu, tidak semua kampus memberlakukan pembiayaan ini.

Biaya kuliah selain UKT yang dimaksud di sini yaitu uang pangkal. Beberapa kampus mungkin memiliki penyebutan yang berbeda seperti iuran institusi, iuran pembangunan, dan lain-lain. Biaya ini tentunya berbeda dengan UKT karena dibayarkan hanya satu kali saat baru diterima menjadi mahasiswa baru.

Uang pangkal perlu dibayarkan oleh mahasiswa baru yang telah diterima di suatu kampus. Biasanya, biaya ini dikenakan kepadan mahasiswa yang diterima melalui jalur ujian mandiri. Besarannya sendiri berbeda tergantung setiap kampus. Ada perguruan tinggi yang memukul rata uang pangkal ini. Di samping itu, terdapat kampus yang membebaskan mahasiswanya untuk memilih saat melakukan pendaftaran.

Pembayaran uang pangkal dilakukan hanya satu kali selama menjadi mahasiswa. Uang pangkal perlu dibayarkan bersamaan dengan pembayaran UKT semester 1. Selain itu, jika uang pangkal dirasa terlalu memberatkan, terdapat pihak kampus yang memberikan opsi cicilan.

Itulah penjelasan tentang UKT Adalah: Pengertian, Penentuan, dan Biaya Lainnya. Setiap mahasiswa yang dinilai mampu secara ekonomi akan dikenai UKT selama menempuh pendidikan. Jika kamu baru mau masuk ke dunia perkuliahan, pastikan kamu mengecek besaran biaya kuliah ini supaya tidak kaget saat nanti melakukan pembayaran.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *