Magang Kampus Merdeka Angkatan 3: Syarat, Jadwal, dan Periode Magang

Program Magang Kampus Merdeka Angkatan 3 sudah dibuka! Ada banyak posisi di lebih dari 150 perusahaan yang bisa kamu pilih. Jangan ketinggalan informasinya, cek di sini yuk!

Ditulis Oleh Nurul Febi

On Juli 23, 2022
"

Baca

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Magang Kampus Merdeka – Kemendikbudristek membuka kembali program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) sebagai salah satu program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Program MSIB kampus merdeka menjadi salah satu program unggulan yang ramai diminati mahasiswa.

Saat ini, Program MSIB Kampus Merdeka Angkatan 3 sudah membuka pendaftaran mahasiswa mulai tanggal 20 Juni-17 Juli 2022. Program MSIB Angkatan 3 akan dibuka pada lebih dari 2.700 posisi di lebih dari 150 mitra di berbagai industri. Mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk menjadi trainee di mitra perusahaan dan memiliki peluang menjadi karyawan full time berdasarkan performanya selama mengikuti program magang.

Menarik banget, ya! Buat kamu yang berminat mendaftar di program Magang Kampus Merdeka, simak info berikut yuk!

Keuntungan Mengikuti Program Magang

  • Keberlanjutan karir
  • Keterlibatan secara langsung dan mendalam saat bekerja
  • Mendapatkan gambaran nyata dalam dunia kerja
  • Memperluas koneksi
  • Mendapatkan gaji/tunjangan selama program
  • Mendapat 20 SKS yang sama nilainya dengan kuliah satu semester penuh
  • Sertifikat program

Syarat Pendaftaran

  1. Mahasiswa aktif pada program studi S1 dan Vokasi minimal semester 3 untuk program Diploma II, minimal semester 4 untuk program Diploma III dan minimal semester 5 untuk mahasiswa program Sarjana atau Sarjana Terapan. Semester ini adalah semester pada saat mahasiswa nanti menjalani program MSIB.
  2. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek.
  3. Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia, dengan catatan kampus berada di bawah Kemendikbudristek.
  4. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program MSIB dimulai:
  • D2: minimal semester 3
  • D3: minimal semester 4
  • D4 dan S1: minimal semester 5

5. Mahasiswa berstatus aktif atau belum yudisium selama program MSIB berjalan.

6. Mahasiswa memiliki sisa SKS.

7. Data mahasiswa terdaftar di PDDIKTI dan sudah sesuai. Pastikan nama pada PDDIKTI sama dengan nama di KTP.

8. Mahasiswa wajib mengunggah dokumen Curriculum Vitae (CV), Transkrip Nilai, Surat Rekomendasi dari universitas dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

9. Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (full time) dan fokus karena sudah diakui 20 SKS. Mahasiswa boleh sambil mengambil kuliah sebanyak sisa jumlah SKS yang boleh diambil pada semester tersebut (setelah dikurangkan dengan 20 SKS) hanya jika diperbolehkan oleh organisasi mitra dan menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

10. Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/KIP-K boleh mengikuti program magang dengan ketentuan bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari uang yang diterima dari Bidik Misi.

11. Mahasiswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.

Baca juga Mengenal Apa Itu Semester Pendek dalam Perkuliahan

Jadwal Kegiatan

  • Pendaftaran Mahasiswa: 6 Juni-17 Juli 2022
  • Pengumuman Seleksi Mahasiswa: 20 Juni-24 Juli 2022
  • Kelengkapan Administrasi: 18-29 Juli 2022
  • Pelaksanaan Program: 1 Agustus 2022-selesai

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

  • Curriculum vitae (CV).
  • Transkrip Nilai.
  • Surat rekomendasi universitas.
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang divalidasi oleh kampus masing-masing.
  • Foto atau scan KTP.
  • Sertifikat pengalaman organisasi atau kegiatan pendukung (opsional).

Periode Magang

Program Magang Kampus Merdeka dilaksanakan selama 1 hingga 3 semester di mana 1 semester disetarakan dengan 20 SKS. Mahasiswa yang diterima juga masih bisa mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus selama tidak mengganggu tanggung jawab pekerjaan (di luar jam dan hari kerja).

Itulah Magang Kampus Merdeka Angkatan 3: Syarat, Jadwal, dan Periode Magang. Semoga bermanfaat untuk kamu yang berminat mendaftar, ya!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *