Yuk, Mengenal Program-Program yang ada di Kampus Merdeka

Ingin magang hingga ikut pertukaran mahasiswa? Sekarang, semua program di luar kampus semacam ini sudah diakomodir oleh Kemendikbudristek melalui Program Kampus Merdeka, lho! Ada program apa saja? Cek di sini, yuk!

Ditulis Oleh Nurul Febi

On Agustus 4, 2022
"

Baca

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Mengenal Program Kampus Merdeka – Kuliah saat ini tidak cuma disibukkan dengan belajar di kelas, lho. Pengalaman dan pengetahuan di luar kelas dan kampus bisa dengan mudah kamu ikuti melalui program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Program ini merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan.

Melalui MBKM, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1-2 semester atau setara dengan 20 SKS/semester untuk menempuh pembelajaran di luar program studi. Mahasiswa juga dapat mengikuti seleksi magang dan pertukaran mahasiswa yang dapat menambah pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan agar mahasiswa lebih siap dan kompeten sebelum masuk ke dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat.

Lalu, apa saja program yang ada di Kampus Merdeka? Yuk, kita lihat satu per satu!

Magang Bersertifikat

Kampus Merdeka membuka kegiatan Magang Bersertifikat yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk terjun langsung mencicipi dunia kerja. Program magang dapat dilakukan selama 1-2 semester di lebih dari 100 mitra industri dengan ribuan posisi yang bisa diikuti. Mitra Magang Bersertifikat mulai dari perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah hingga perusahaan rintisan (startup).

Studi Independen Bersertifikat

Studi Independen merupakan program yang dilakukan untuk menjadi pelengkap atau pengganti mata kuliah yang mendukung kompetensi spesifik dan praktis di berbagai bidang dan industri. Program ini dapat dilakukan dalam bentuk kerja kelompok lintas disiplin keilmuan dan dapat dikonversi hingga 20 SKS selama 1 hingga 2 semester. Mitra dari program Studi Independen Bersertifikat juga berasal dari berbagai institusi dan industri.

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

IISMA adalah skema beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk memfasilitasi mahasiswa Indonesia pada program mobilitas di berbagai universitas dan industri terbaik di seluruh dunia. IISMA dibuka bagi mahasiswa sarjana maupun vokasi yang dapat mengikuti kegiatan di institusi mitra selama 1 semester. Program ini akan memberikan eksposur terhadap pembelajaran dan budaya internasional yang beragam.

Kampus Mengajar

Kampus Mengajar adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 semester untuk membantu para guru dan Kepala Sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Mahasiswa akan dilibatkan secara langsung dalam pelaksanaan pembelajaran literasi, numerasi, serta adaptasi teknologi di jenjang SD dan SMP.

Baca juga Magang Kampus Merdeka Angkatan 3: Syarat, Jadwal, dan Periode Magang

Membangun Desa (KKN Tematik)

Program Membangun Desa (KKN Tematik) merupakan bentuk kegiatan pembelajaran untuk mengasah softskill kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan. Program ini dilaksanakan selama 6-12 bulan dan dapat dikonversi menjadi maksimal 20-40 SKS.

Kementerian ESDM – GERILYA

GERILYA atau Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya merupakan Studi Independen yang disiapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program ini ditujukan bagi mahasiswa eksakta minimal semester 6 yang setara dengan 10-20 SKS selama 1 semester. Kegiatan dari GERILYA meliputi 2 bulan courses dan 4 bulan team-based project.

Pejuang Muda Kampus Merdeka

Pejuang Muda merupakan sarana laboratorium sosial bagi para mahasiswa untuk dapat belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, pemuka masyarakat, tokoh agama setempat, serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah. Program ini dilaksanakan dengan pendampingan langsung dari Kementerian Sosial RI dan setara dengan 20 SKS perkuliahan. Lokasi dari program Pejuang Muda dapat berada di area pasca bencana dan area terkategori miskin di seluruh Indonesia.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar hingga mengeksplorasi beragam budaya nusantara di kampus lain di Indonesia. Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dapat dipilih oleh mahasiswa di berbagai pulau di Indonesia.

Wirausaha Merdeka

Minat berwirausaha di kalangan milenial yang tinggi dapat disalurkan dan dikelola dengan baik melalui program Wirausaha Merdeka. Program ini memberikan bimbingan langsung oleh dosen pembimbing hingga mentor dari pakar wirausaha/pengusaha yang telah berhasil. Program Wirausaha Merdeka ini dapat diakui menjadi 20-40 SKS dan dapat dilaksanakan selama 1-2 semester.

Proyek Kemanusiaan

Proyek Kemanusiaan adalah sarana yang diberikan oleh Kampus Merdeka untuk dapat membuat program mengenai masalah sosial atau bencana alam bersama organisasi resmi baik di dalam maupun luar negeri. Mahasiswa dapat menyusun proposal program proyek kemanusiaan atau langsung terjun untuk program tanggap darurat akibat bencana alam. Program ini dapat dikonversi pada mata kuliah yang relevan dan diberikan penilaian SKS pada mahasiswa.

Riset atau Penelitian

Program Kampus Merdeka juga memberikan kesempatan untuk mahasiswa yang berminat menjadi peneliti melalui program riset atau penelitian. Program ini dapat dijalankan di lembaga riset ataupun pusat studi. Mahasiswa dapat menjadi asisten peneliti untuk mendukung proyek riset yang berjangka pendek (1 semester-1 tahun).

Demikian informasi mengenai Yuk, Mengenal Program-Program yang ada di Kampus Merdeka. Yuk, cari pengalaman sebanyak-banyaknya di luar kampus lewat program-program menarik ini!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan KRS dan SKS yang Wajib Kamu Ketahui

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *