Mau Masuk Kuliah? Ini Dia 5 Jalur Masuk PTN yang Bisa Kamu Coba!

Seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu dibuka setiap tahunnya. Yuk, cari tahu berbagai jalur masuk PTN yang bisa kamu coba!

Ditulis Oleh Safina Rahma

On September 22, 2021
"

Baca

Jalur Masuk PTN – Bisa masuk ke perguruan tinggi impian merupakan keinginan banyak orang. Supaya dapat meraih impian tersebut, tentunya seseorang harus mengikuti seleksi mahasiswa baru terlebih dahulu. Seleksi ini diadakan untuk menyaring calon peserta didik terbaik untuk masuk ke perguruan tinggi.

Seleksi masuk perguruan tinggi ini diselenggarakan oleh berbagai jenis lembaga pendidikan termasuk Perguruan Tinggi Negeri atau PTN. Seleksi mahasiswa baru untuk PTN selalu dibuka setiap tahunnya. Pelaksanaannya sendiri sendiri ada yang dilakukan secara nasional maupun mandiri.

Ada berbagai jalur masuk PTN yang bisa dipilih untuk bisa menjadi mahasiswa di kampus negeri tersebut. Jika kamu ingin menjadi mahasiswa di salah satu PTN di Indonesia, simak penjelasan jalur masuknya di bawah ini, yuk!

SNMPTN

Jalur pertama yang dibuka oleh PTN untuk menerima mahasiswa baru yaitu SNMPTN. SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini merupakan jalur paling awal yang dibuka oleh PTN. Penyelenggaraannya juga dilakukan secara nasional.

SNMPTN diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau LTMPT. Seleksi jalur ini dilakukan dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi yang diperoleh oleh siswa. Artinya, peserta seleksi jalur SNMPTN tidak perlu mengikuti tes secara terpisah.

Meskipun seleksi jalur SNMPTN dilaksanakan secara nasional dan terbuka, tidak semua siswa SMA bisa mengikutinya. Ada ketentuan khusus dan kriteria siswa yang bisa mengikuti SNMPTN. Setiap sekolah memiliki kuota siswa eligible yang ditentukan berdasarkan akreditasinya.

SBMPTN

Selain SNMPTN, ada jalur masuk PTN lain yang dilaksanakan secara nasional yaitu SBMPTN. Sama seperti jalur sebelumnya, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga diselenggarakan oleh LTMPT. SBMPTN sendiri biasanya dilaksanakan setelah SNMPTN.

Seleksi jalur SBMPTN terbuka bagi siapa pun yang memenuhi persyaratan tanpa kuota per sekolah. SBMPTN bisa didaftarkan oleh peserta lulusan 3 tahun sebelumnya dan belum berusia 25 tahun. Hal ini tentunya memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin masuk PTN.

Seleksi di jalur ini dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Setiap peserta harus mengikuti UTBK untuk bisa mengikuti SBMPTN. Nilai dari UTBK tersebutlah yang akan digunakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Baca juga SNMPTN Adalah Seleksi PTN Tanpa Tes, Cari Tahu, Yuk!

Seleksi Mandiri

Jalur masuk PTN lainnya yaitu melalui seleksi mandiri. Seleksi mandiri adalah jalur masuk mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh setiap perguruan tinggi. Tentunya, setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait seleksi ini.

Seleksi mandiri dilaksanakan sesuai ketentuan dari setiap perguruan tinggi. Ada kampus yang membuka seleksi dengan tes masuk namun ada juga yang tanpa tes. Secara umum, terdapat beberapa jenis seleksi mandiri yang mungkin diselenggarakan oleh PTN yaitu:

  • Seleksi mandiri jalur prestasi
  • Seleksi mandiri jalur kerja sama
  • Seleksi mandiri dengan nilai UTBK
  • Seleksi mandiri dengan tes
  • Seleksi mandiri khusus disabilitas

SMM PTN Barat

Bagi kamu yang ingin masuk PTN di daerah barat Indonesia, ada salah satu jalur masuk yang bisa dipilih yaitu SMM PTN Barat. Seleksi Mandiri Masuk PTN Barat ini diselenggarakan atas kerja sama berbagai perguruan tinggi di wilayah tersebut. Di tahun 2021 sendiri, terdapat total 17 PTN yang tergabung dalam SMM PTN Barat.

Seleksi jalur SMM PTN Barat diselenggarakan untuk memberi kesempatan lebih kepada calon mahasiswa. Seleksi jalur ini memungkinkan seseorang untuk bisa memilih program studi di lebih dari satu perguruan tinggi. Seleksinya sendiri dilakukan melalui tes yang diselenggarakan di berbagai perguruan tinggi anggota SMM PTN Barat.

Seleksi PTKIN

Jalur masuk PTN yang berikutnya dibuka khusus untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau PTKIN. Perguruan tinggi yang membuka seleksi jalur ini yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islan Negeri (STAIN).

Pada seleksi ini, terdapat dua jalur yang dibuka yaitu:

  • SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN merupakan seleksi yang dilakukan dengan menggunakan prestasi dan tanpa tes. Seleksi jalur ini memiliki sistem yang mirip dengan SNMPTN.
  • UM PTKIN atau Ujian Masuk PTKIN adalah seleksi mahasiswa baru yang dilakukan dengan menggunakan ujian. Peserta akan mengikuti ujian dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) untuk bisa masuk ke PTKIN pilihannya.

Mau Masuk Kuliah? Ini Dia 5 Jalur Masuk PTN yang Bisa Kamu Coba! Kamu bisa mengikuti seleksi-seleksi di atas untuk bisa masuk ke perguruan tinggi sesuai minatmu. Seleksi di atas selalu dibuka setiap tahunnya pada saat penerimaan mahasiswa baru. Jadi, jangan lupa siapkan diri sebaik mungkin supaya bisa lolos seleksi, ya!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *