Yuk, Cari Tahu Jurusan Kuliah di Universitas Pertamina!

Universitas Pertamina membuka pendidikan tingkat lanjut melalui berbagai jurusan kuliah. Yuk, cari tahu daftarnya di sini!

Ditulis Oleh Safina Rahma

On September 29, 2021
"

Baca

Universitas Pertamina Jurusan Kuliah – Sudah kenal dengan Universitas Pertamina atau UP? Kampus ini merupkaan perguruan tinggi swasta (PTS) non-kedinasan yang berada dalam naungan yayasan Pertamina, salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Universitas Pertamina merupakan kampus yang masih cukup baru di Indonesia. Kampus ini baru berdiri pada tahun 2016. Meskipun begitu, Universitas Pertamina telah membuka berbagai jurusan kuliah untuk jenjang S1. Tidak hanya itu, kampus ini juga memiliki visi untuk menjadi Top World University!

Apakah kamu tertarik untuk berkuliah di Universitas Pertamina? Yuk, cari tahu dulu apa saja jurusan kuliah yang tersedia di kampus ini serta akreditasinya!

Sejarah Pendirian Universitas Pertamina

Universitas Pertamina resmi didirikan pada tanggal 1 Februari 2016. Pendirian ini dilakukan berdasarkan SK Menristekdikti No. 60/KPT/I/2016. Kampus ini kemudian diresmikan pada tanggal 11 Februari 2016 oleh Menristekdikti dan Direktur Utama PT Pertamina Persero serta didukung Menteri BUMN.

Perguruan tinggi ini didirikan oleh PT Pertamina sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat. Kontribusi ini diwujudkan dalam bidang pendidikan tinggi. Meskipun didirikan oleh PT Pertamina, kampus ini tidak hanya menyelenggarakan perkuliahan di bidang sains dan teknologi, namun juga di bidang sosial dan humaniora.

Visi dan Misi

universitas pertamina jurusan kuliah

Visi

Menjadi Universitas Kelas Dunia (World Class University) di bidang energi pada tahun 2035.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, berwawasan global, serta inklusif di bidang bisnis dan teknologi energi.
  • Berperan aktif dalam menjawab tantangan nasional dan global di bidang bisnis serta teknologi energi.
  • Berkontribusi terhadap peradaban dunia melalui pengembangan keilmuan serta penelitian di bidang bisnis dan teknologi energi.
  • Berpartisipasi dalam membangun karakter unggul bangsa lewat budaya akademik yang berbudi luhur, inovatif, dan profesional.

Baca juga Biaya Kuliah BINUS University Tahun Ajaran 2021/2022.

Universitas Pertamina, Jurusan Kuliah dan Fakultasnya

universitas pertamina jurusan kuliah

Saat ini, Universitas Pertamina telah membuka 15 jurusan kuliah yang terbagi ke dalam 6 fakultas. Berikut ini daftar jurusan kuliah S1 yang ada di Universitas Pertamina serta akreditasinya.

Fakultas Program Studi Akreditasi
Teknologi Eksplorasi dan Produksi Teknik Geologi C
  Teknik Geofisika B
  Teknik Perminyakan C
Teknologi Industri Teknik Elektro C
  Teknik Mesin B
  Teknik Kimia B
  Teknik Logistik C
Ekonomi dan Bisnis Manajemen B
  Ekonomi B
Perencanaan Infrastruktur Teknik Sipil C
  Teknik Lingkungan C
Sains dan Ilmu Komputer Kimia B
  Ilmu Komputer C
Komunikasi dan Diplomasi Hubungan Internasional C
  Komunikasi B

Keunggulan Universitas Pertamina

Universitas Pertamina menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan terbaik. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kampus ini dalam mendidik mahasiswa yaitu sebagai berikut.

  • Menanamkan kemampuan berpikir secara kritis melalui kurikulum dan proses pembelajaran.
  • Tugas serta proyek terkait teknologi dan bisnis energi untuk mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks.
  • Adanya lingkungan pembelajaran yang menanamkan karakter kepada mahasiswa lewat tugas dan proyek di bidang teknologi dan bisnis energi.
  • Menanamkan enam nilai moral karakter yaitu Spirituality, Integrity, Excellence, Profesionalism, Global Mindset, dan Social Responsibility.
  • Menyelenggarakan pembelajaran dengan sistem bilingual (Indonesia dan Inggris) guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MES). Pembelajaran di tahun kedua akan dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris.
  • Didukung oleh pengajar lulusan berbagai perguruan tinggi terkemuka baik di dalam maupun luar negeri.
  • Tersedia sarana dan prasarana terbaik untuk mendukung pembelajaran mahasiswa.

Yuk, cari tahu jurusan kuliah di Universitas Pertamina! Kamu bisa menggunakan informasi di atas sebagai referensi ketika ingin mendaftar ke kampus ini. Ada berbagai program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *