Berbagai Pilihan Jurusan di Polstat STIS

Politeknik Statistika atau Polstat STIS menyelenggarakan perkuliahan di berbagai jurusan yang berhubungan dengan statistika. Yuk, cek di sini!

Ditulis Oleh Safina Rahma

On Oktober 1, 2021
"

Baca

Jurusan di STIS – Politeknik Statistika atau biasa disingkat sebagai Polstat STIS merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. Politeknik ini berada dalam naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Sesuai namanya, mahasiswa yang belajar di sini akan dididik untuk menjadi ahli statistik untuk negara.

Di Polstat STIS, pendidikan diselenggarakan untuk jenjang diploma. Hal ini membuat mahasiswa banyak melakukan praktik sehingga bisa langsung siap untuk memasuki dunia kerja. Terdapat dua jurusan di Polstat STIS yaitu Statistika dan Komputasi Statistik. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Jurusan Statistika

Jurusan di Polstat STIS yang pertama yaitu Statistika. Jurusan ini kemudian dibagi menjadi dua program studi yaitu untuk jenjang D-III dan D-IV.

D-III Statistika

Program studi Diploma 3 Statistika menyelenggarakan pendidikan tingkat ahli madya selama 3 tahun atau 6 semester. Di Polstat STIS sendiri, beban studi untuk program ini yaitu sebanyak 111 SKS yang terdiri dari 54 SKS kurikulum inti dan 57 SKS kurikulum institusional. Di sini, mahasiswa akan belajar teori, praktikum, praktik kerja, ujian, dan tugas akhir.

Setelah mengikuti perkuliahan di Polstat STIS, mahasiswa lulusan D-III Statistika akan memiliki kompetensi yaitu:

  • Menguasai literasi data
  • Menguasai teknik melakukan survei
  • Menguasai teknik pengolahan data
  • Menguasai metode statistik (dasar)
  • Menguasai teori dan prakrik official statistics
  • Menguasai cara menyajikan data dengan baik
  • Menguasai teknologi informasi dan komunikasi dengan baik
  • Menguasai dasar-dasar akuntansi dan manajemen perkantoran

Baca juga Syarat Tinggi Badan untuk Masuk Sekolah Kedinasan.

D-IV Statistika

Selain jenjang Diploma 3, jurusan Statistika di Polstat STIS juga membuka perkuliahan untuk jenjang Diploma 4. Pada jenjang ini, tentu perkuliahan akan berbeda dengan Diploma 3. Mahasiswa Diploma 4 akan mengikuti perkuliahan selama 4 tahun dan menerima gelar Sarjana Terapan.

Karena perkuliahan di Diploma 4 lebih lama 1 tahun, maka beban kuliahnya juga lebih banyak. Mahasiswa perlu mengikuti perkuliahan sebanyak 145 SKS yang dibagi menjadi 40% teori dan 60% praktikum.

Selain itu, mahasiswa di D-IV Statistika juga memiliki mata kuliah yang lebih beragam. Terdapat 3 jenis mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa yaitu Mata Kuliah Wajib, Mata Kuliah Peminatan Statistika Ekonomi, dan Mata Kulaih Peminatan Statistika Sosial dan Kependudukan.

Jurusan D-IV Komputasi Statistik

jurusan di stis

Jurusan lainnya di Polstat STIS yaitu Diploma 4 Komputasi Statistik. Jurusan ini berfokus untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam ilmu statistik dan komputasi statistik. Kurikulum di program ini disusun berdasarkan Association for Computing Machinery (ACM) Curricula Recommendations dan juga program Teknik Informatika di perguruan tinggi lainnya.

Perkuliahan di jurusan ini dilakukan selama 4 tahun dengan beban studi 144 SKS. Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari pengetahuan jaringan dan pemrograman komputer. Selain itu, mahasiswa juga akan mendalami pengolahan data dengan metode statistik dan algoritma data mining.

Di masa seperti sekarang ini, jurusan Komputasi Statistik sangatlah dibutuhkan. Lulusannya akan mengelola sistem informasi serta big data untuk berbagai keperluan. Oleh karenanya, di program ini, terdapat dua konsentrasi yang bisa dipilih oleh mahasiswa yaitu Sistem Informasi dan Sains Data.

Tertarik jadi ahli statistik? Kamu dapat mendaftar di berbagai pilihan jurusan di Polstat STIS. Kamu bisa memilih program yang paling sesuai dengan minatmu. Jika sudah memantapkan diri, jangan lupa untuk bersiap-siap mengikuti seleksi Polstat STIS yang dibuka setiap tahunnya. Yuk, mulai mempersiapkan diri dari sekarang!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *