blog | UGM | UI

Informasi Mengenai UTUL UGM dan SIMAK UI

Mari bersama mengenal segala persyiapan baik dari biaya dan berkas pendaftaran UTUL UGM dan SIMAK UI

Ditulis Oleh AYP

On Maret 4, 2020
"

Baca

UTUL UGM merupakan sebuah nama dari Ujian Mandiri yang di selenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jalur tes/seleksi ini merupakan saah satu seleksi yang dapat anda tempuh untuk masuk Universitas Gadjah Mada (UGM). Jalur seleksi yang satu ini menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau biasa kita kenal dengan UTBK dengan nilai UTUL. Untuk kelompok UTUL sendiri akan di bagi menjadi 3 jenis beriku ini :

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi ( Saintek )
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora ( Soshum )
  • Kelompok ujian campuran ( Saintek dan Soshum )

Setiap peserta yang terdaftar bisa mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum ataupun campuran yang nantinya akan disesuaikan dengan Program Studi yang anda ambil

Persyaratan Jalur UTUL UGM 2020

Persyaratan Umum

  1. Para pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Para pendaftar lulusan dari SMA/SK/MA atau sederajat dan bisa paket C tahun 2019,2018, dan 2017
  3. Memiliki sertifikat hasil UTBK
  4. Para pendaftar mempunyai kondisi keshatan yang memadai sehingga kedepanya tidak akan mengganggu kelancara proses belajar di program studi yang pendaftar pilih

Persyaratan Khusus

  1. Para pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan bisa juga peket C tahun 2017 dan 2018 dengan catatan mempunyai ijazah
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. Ijazah/SKHUN/SKL wajib dibawa pada saat mengikuti ujian tulis.

Proserdur Pendaftaran UTUL UGM 2020

  1. Melakukan pendaftaran akun melalui http://um.ugm.ac.id/admisi 
  2. Setelah melakukan pendaftaran login dan mengisi formulir pendaftaran online, untuk para peserta yang mendaftar Ujian Tulis (UTUL) berhak untuk memilih 3 program studi pada program sarjanan dan Diploma.
  3. Mengupload berkas yang di perlukan/ persyaratan, kebumudian mengisi biodata dan mengunci data untuk dapat memperoleh kode pembayaran
  4. Pembayaran dapat di lakukan melalui Sistem Multi-Payment Bank Mandiri, BNI,BRI,BTN, BPD DIY, CIMB Niaga dan Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk melihat petunjuk pembayaran anda dapat melihat disini
  5. Soshum : Rp 300.000 untuk wilayah Yogyakarta dan Rp 525.000 untuk luar Yogyakarta
  6. Saintek : Rp 300.000 untuk wilayah Yogyakarta dan  Rp 525.000 untuk luar Yogyakarta
  7. Setelah melakukan pembayaran dan pendaftaran secara onlne, anda harus menyimpan data – data pendaftaran dan pembayaran.
  8. Melakukan cetak Kartu Peserta Ujian yang nantinya akan memberikan informasi lokasi dan jadwal ujian yang sesuai dengan waktu yang sudah di tentukan.

“ Note : sebagai pendaftar anda harus mengisi biodata dengan teliti, karena perubahan biodata tidak akan bisa diganti setelah melakukan pendaftaran dan mengunci data “

Tabel Kelengkapan Dokumen UTUL UGM

Dokumen Yang di perlukan Format Dokumen
Scan Ijazah (untuk lulusan 2018 dan 2017) atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus/SKL (untuk lulusan 2019) Format (.PDF)
Sertifikat hasil UTBK Format (.PDF)
Scan KTP/Kartu Keluarga Format (.PDF)

Apa Itu SIMAK UI

Bersamaan dengan SBMPTN, Universitas Indonesia atau biasa kita kenal dengan UI membuka juga pendaftaran Seleksi Masuk UI ( SIMAK) UI yang emrupakan salah satu program seleksi masuk Universitas Indonesia. Jalur SIMAK UI biasanya di selenggarkan UI untuk semua program pendidikan baik dari jenjang Vokasi (Diploma 3 ), Sarjana (S1) kelas reguler, kelas paralel, kelas internasional, kelas ekstensi, jenjang S2 dan juga tak lupa Doktoral (S3). Pendaftaran dapat anda lakukan dengan masuk ke situs ui.ac.id.

Berapa Banyak Kuota dan Jadwal Pelaksanaan SIMAK UI

Untuk jalur SBMPTN Universitas Indonesia menerima sebesar 40% dari kuota penerimaan mahasiswa baru, kurang lebih sebanyak 2.291 kursi. Sedangkan untuk kuota penerimaan S1 reguler yang masuk melalui jalur SIMAK UI sebesar 30% atau kurang lebih sebanyak 1.677 kursi. Untuk pertimbangan program studi dan daya tampung UI di tahun 2020 dan sebelumnya dapat di lihat di ( simak.ui.ac.id/reguler )

Tahapan Pendaftaran SIMAK UI Yang Harus Kalian Ketahui

Selanjutnya teman – teman IC juga harus mengetahui tahapan pendaftaran untuk mengikuti SIMAK UI. Berikut informasinya :

  1. Membuat akun terlebih dahulu di situs penerimaan UI, anda bisa mencari di google dengan kata kunci ( penerimaan UI ). Setelah masuk kedalam situs nya anda mencari menu “Buat Account” yang terletak di pojok kanan atas.
  2. Menyiapkan file foto berwarna terbaru dengan ukuran 4x6cm, ini wajib jadi jika tidak mengunggah foto anda tidak dapat mendaftar. Jadi teman – teman IC jangan lupa menyiapkan foto kalian ya.
  3. Melakukan pendaftaran peserta, karena di langkah pertama tadi teman – teman sudah mendaftar maka selanjutnya anda harus masuk kedalam akun anda terlebih dahulu dengan memasukan Username dan Password yang sudah di buat.
  4. Melakukan verifikasi pendaftaran, verifikasi ini di lakukan dengan tujuan untuk memastikan isian formulir yang telah anda isi dan pilihan program studi yang telah anda isi. Di sini teman – teman IC harus teliti jangan sampai ada yang salah karena kedepanya tidak dapat di rubah atau di ganti.
  5. Menyiapkan berkas persyaratan untuk di upload, khusus untuk para pendaftar di Program Pascasarjana (S2,S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan juga yang memillih S1 Kelas Internasional. Jangan sampai salah setiap program biasanya mempunyai ketentuan yang berbeda – beda.
  6. Membayar biaya pendaftaran, dengan ketentuan sebagai berikut :
  7. Sarjana ( S1 Reguler ) Rp 400.000 untuk 2 pilihan prodi dan Rp 500.000 untuk 3 pilihan prodi dan Rp 60.000 untuk setiap tambahan prodi berikutnya.
  8. Melakukan pengunduhan kartu ujian, kartu ujian yang sudah anda undu harus anda print secepat mungkin teman – teman, karena nantinya kartu ujian tersebut harus anda bawa ketika seleksi masuk Universitas Indonesia
  9. Mengikuti segala selksi pada waktu yang sudah di tentukan pada kartu ujian, setelah proses seleksi selesai para peserta dapat melihat hasil pengumumanya ( akan di informasikan ketika pada masa seleksi )

Nah itu dia teman – teman artikel pada kali ini, baik anda ingin masuk UGM dengan jalur UTUL atau masuk UI dengan jalur SIMAK anda harus menyiapkan segala persiapanya dengan matang. Jangan sampai usaha anda lebih sedikit di bandingkan dengan usaha para peserta yang lainya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *